-->

Macam Macam Perangkat Keras Yang Wajib Ada Di Komputer Beserta Fungsinya

Perangkat Komputer

Perangkat keras atau Hardware adalah salah satu komponen utama sebuah komputer. Hardware berfungsi sebagai alat untuk menjalankan proses yang dilakukan. Ada banyak jenis hardware yang barfungsi sebagai komponen utama komputer maupun komponen tambahan atau perangkat periferal komputer. Pada artikel kali ini penulis tidak akan membahas tentang perangkat keras periferal komputer. Penulis akan membahas tentang perangkat keras yang wajib ada di komputer agar komputer dapat bekerja dengan baik. Baiklah mari kita simak apa saja hardware yang wajib ada didalam komputer beserta fungsinya.

Main Board / Mother Board

Mother Board
Mother Board atau dapat disebut juga sebagai papan induk adalah sebuah perangkat yang berfungsi sebagai wadah sekaligus menghubungkan komponen-komponen utama komputer seperti processor, harddisk, RAM dan sebagainya. Mother Board sebagai induk menghubungkan kesemua perangkat tersebut sehingga dapat bekerja dengan baik.

Processor

Processor
Processor adalah otak dari komputer. Processor adalah perangkat yang bertugas memproses setiap data yang telah dimasukan untuk diproses menjadi keluaran. Processor merupakan inti dari komputer, setiap proses yang dilakukan melalui processor. Oleh karenanya processor menjadi salah satu perangkat yang sangat mudah panas. Untuk mendinginkanya diperlukan fan (kipas). Jika tidak dipasang kipas komputer tidak akan berjalan karena processor mengalami overheat.

RAM (Random Access Memory)

RAM
Random Access Memory berfungsi sebagai penyimpanan data sementara. Data yang telah diproses oleh Processor kemudian disimpan didalam RAM untuk dapat diakses kembali apabila dibutuhkan. Akan tetapi penyimpanan yang ada didalam RAM ini hanya bersifat sementara, karena data tersebut akan hilang saat komputer dimatikan.

Hard Disk

Hard Disk
Hard Disk adalah media penyimpanan data pada komputer. Berbeda dengan RAM yang hanya menyimpan data secara sementara, Harddisk menyimpan data secara permanen. Data tersebut tidak akan hilang jika tidak dihapus. Saat ini Harddisk memilikki ukuran yang sangat besar bahkan ada yang mencapai 1 Tera Byte atau 1.000 Giga Byte. Ada 2 tipe Harddisk yang paling banyak dipakai yaitu ATA dan SATA. Masing-masing memiliki port yang berbeda-beda.

Power Supply

Power Supply
Sesuai dengan namanya, power supply adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi memasok daya ke komputer, mengubah arus dari AC menjadi DC sehingga lebih stabil. Power Supply terhubung langsung dengan arus listrik.

VGA (Video Graphics Adapter)

VGA
VGA adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital di komputer dan mengubahnya dalam tampilan grafis. VGA merupakan sebuah perangkat penting untuk menampilkan gambar ke monitor. Biasanya komputer memiliki VGA On Board bawaan yang sudah langsung menempel pada komputer, namun kita dapat menambahkan VGA Card untuk memperbaiki grafis dari komputer. Untuk saat ini jenis VGA yang bagus adalah NVIDIA dan juga ATI Radeon.

Monitor

Monitor
Monitor adalah perangkat yang berfungsi untuk menampilkan hasil pemrosesan. Data pemrosesan dikirim melalui VGA untuk ditampilkan di monitor.

Keyboard

Keyboard
Keyboard adalah sebuah perangkat masukan (input device) yang berfungsi memasukan karakter ataupun data ke dalam komuter untuk diproses oleh processor dan kemudian ditampilkan di komputer.

Mouse

Mouse
Mouse adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk mengarahkan kursor pada layar. Mouse hanya bekerja pada komputer yang menggunakan sistem operasi yang mendukung tampilan grafis.

Pada artikel selanjutnya kita akan membahas tentang perangkat keras periferal. Sekian artikel ini penulis cukupkan, semoga membantu.


Baca Juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel