-->

Daratan : Pengertian, Relief, Klasifikasi, Jenis

A. PENGERTIAN DARATAN
Ketika membahas daratan, maka kita harus terlebih dahulu mengenal istilah Relief Permukaan Bumi. Relief ialah perbedaan tinggi rendahnya permukaan bumi. Secara umum terdapat 2 macam relief, yaitu relief daratan dan relief lautan. Pada artikel kali ini kami hanya akan membahas perihal Relief Daratan.

Daratan ialah bab permukaan bumi yang secara tetap (permanen) tidak tertutupi oleh air laut. Daratan merupakan tempat hidup (habitat) bagi sebagian besar makhluk hidup. Istilah darat lebih sering digunakan dalam kalangan awam, sedangkan istilah daratan biasanya digunakan dengan batasan geografis.
 maka kita harus terlebih dahulu mengenal istilah Relief Permukaan Bumi Daratan : Pengertian, Relief, Klasifikasi, Jenis
DARATAN
Bumi mempunyai bentuk bundar dengan permukaan yang tidak rata. Perbedaan ketinggian dari permukaan bumi terjadi alasannya ialah adanya imbas tenaga endogen (tenaga yang berasal dari dalam bumi) dan tenaga eksogen (Tenaga yang berasal dari luar bumi). Pengaruh dari kedua tenaga ini akan menciptakan terciptanya beberapa jenis daratan yang akan kami jelaskan pada poin berikutnya.

B. KLASIFIKASI MACAM MACAM JENIS DARATAN
Berdasarkan reliefnya (tinggi rendah permukaannya) maka daratan sanggup dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu :
 maka kita harus terlebih dahulu mengenal istilah Relief Permukaan Bumi Daratan : Pengertian, Relief, Klasifikasi, Jenis
DARATAN BERDASARKAN RELIEFNYA
1. Dataran Tinggi (Plato)
Dataran tinggi ialah jenis daratan pada permukaan bumi yang tingginya lebih dari 500 m di atas permukaan laut. Dataran tinggi terbentuk jawaban adanya proses abrasi dan sedimentasi. Erosi ialah kejadian pengikisan padatan jawaban transportasi angin, air, es, hujan, imbas gravitasi atau jawaban makhluk hidup. Sedangkan sedimentasi ialah proses pengendapan material yang ditransportasikan oleh media angin, air, es, atau gletser di suatu cekungan. Dataran tinggi biasanya mempunyai suhu yang sejuk dan tanahnya subur.

Daerah dataran tinggi dengan luas area yang cukup luas pada daerah puncak dataran tinggi disebut dengan plato (plateau). Plato sanggup terbentuk alasannya ialah erosi, sedimentasi, naiknya gunung berapi, atau alasannya ialah ekstrusi lava. Contoh dataran tinggi di Indonesia antara lain ialah Dataran Tinggi Dekkan, Dataran Tinggi Gayo, Dataran Tinggi Dieng, Dataran Tinggi Malang.

2. Dataran Rendah
Dataran Rendah ialah jenis daratan pada permukaan bumi yang berupa hamparan luas tanah dengan tinggi kurang dari 200 m di atas permukaan laut. Istilah ini diterapkan pada daerah manapun yang tidak termasuk ke dalam dataran tinggi. Suhu udara pada dataran rendah biasanya berkisar antara 23 derajat celcius hingga dengan 28 derajat celcius. Suhu pada daerah dataran rendah tidak terlalu hirau taacuh mirip pada dataran tinggi, tetapi juga tidak terlalu panas. Kondisi ekonomi masyarakat yang tinggi di dataran rendah umumnya lebih makmur dibandingkan yang hidup di dataran tinggi. Dari segi cuaca, dataran rendah mempunyai curah hujan yang cukup tinggi. Contoh dataran rendah di Indonesia ialah dataran rendah Surakarta, dataran rendah Semarang, dataran rendah madiun, dan dataran rendah Palembang.

3. Gunung dan Pegunungan
Gunung ialah jenis daratan yang berupa bentuk tanah menojol diatas wilayah sekitarnya. Suatu daerah menjulang tinggi gres sanggup dikatakan gunung apabila ketinggiannya melebihi 610 meter. Ketika mencapai ketinggian tertentu, gunung sanggup mempunyai lebih dari satu jenis iklim. Sebenarnya tidak ada definisi umum untuk gunung, ketinggian, volume, kecuraman, jarak dan kontinuitas merupakan kriteria utama yang biasanya dijadikan pola dalam mendefinisikan gunung. Menurut kurikulum usang sekolah dasar, istilah gunung sering merujuk pada gunung berapi, oleh alasannya ialah itu hanya terdapat 2 jenis gunung secara umum, yaitu gunung aktif dan gunung pasif.

Pegunungan ialah barisan yang terbentuk dari gunung-gunung yang terkait secara geologis. Pegunungan biasanya terbentuk alasannya ialah gerakan lempeng tektonik melalui proses yang kompleks. Selain di bumi, ternyata gunung juga telah ditemukan pada banyak planet lain dalam sistem tata surya kita.

4. Bukit dan Perbukitan               
Bukit ialah jenis daratan yang mempunyai permukaan tanah lebih tinggi dari permukaan tanah di sekitarnya. Namun ketinggian bukit lebih rendah daripada gunung (kurang dari 600 meter). Namun alasannya ialah tidak ada definisi umum untuk bukit dan gunung, beberapa bukit ada yang dianggap sebagai gunung, dan demikian pula sebaliknya. Sedangkan perbukitan ialah rangkaian bukit yang berjajar pada suatu daerah yang bukit-bukit tersebut terhubung secara geologis.

5. Lembah
Lembah merupakan jenis daratan yang lebih rendah daripada permukaan di sekitarnyanya. Biasanya lembah merupakan daerah di sekitar pegunungan dengan struktur memanjang dan dialiri oleh sebuah sungai. Lembah sanggup mempunyai luas hingga ribuan kilometer persegi. Dalam perkembanganya yang dipengaruhi oleh banyak sekali fenomena geografi, lembah sanggup bermetamorfosis ngarai dengan tebing yang curam.

6. Jurang (Tebing)
Jurang ialah deretan bebatuan yang menjulang secara vertikal. Tebing biasanya terbentuk jawaban erosi. Erosi ialah kejadian pengikisan padatan jawaban transportasi angin, air, es, hujan, imbas gravitasi atau jawaban makhluk hidup.Tebing sanggup ditemukan pada daerah pantai, pegunungan, dan sepanjang sungai. Seringkai tebing terbentuk oleh bebatuan yang tahan terhadap perubahan cuaca.

7. Ngarai
Ngarai adalahjenis daratan berupa bentang alam mirip lembah tetapi mempunyai sisi yang hampir tegak lurus dengan permukaan tanah. Keadaan tebing ngarai sangatlah curam. Ngarai terbentuk dari lembah yang terus menerus terkikis jawaban banyak sekali fenomena geografi.

8. Sungai, Rawa, Danau
Sungai, rawa dan danau merupakan bab daratan yang sanggup ditutupi oleh air. Biasanya saat kita menyinggung perihal “darat” dalam artian umum, maka sungai, rawa dan danau tidak termasuk ke dalamnya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel