-->

Macam Macam Perangkat Peripheral Komputer Beserta Fungsinya

Perangkat Periferal Komputer
Perangkat Periferal Komputer
Untuk dapat berjalan dengan baik, komputer membutuhkan perangkat utama yang berfungsi menjalankan komputer. Namun kesemua perangkat itu hanya berguna untuk membuat komputer dapat dioperasikan. Untuk dapat membantu pekerjaan manusia, kita membutuhkan perangkat tambahan atau perangkat peripheral yang menunjang dalam melakukan pekerjaan tertentu. Ada banyak jenis perangkat periferal komputer, mari kita simak apa saja perangkat peripheral komputer tersebut

1. Printer

Printer Cannon
Printer Cannon
Printer adalah sebuah perangkat komputer yang berfungsi untuk mencetak hasil kerja dari yang sudah diolah didalam komputer. Dilihat dari cara kerjanya ada beberapa jenis printer, yaitu Dot Matrix, Ink Jet, dan Laserjet. Semua printer tersebut memiliki kelebihan dan kekuranganya masing masing, jadi agar dapat memilih printer sesuai dengan kebutuhan kita harus memahami terlebih dahulu fungsi dari jenis printer tersebut.

2. Scanner

Scanner
Scanner adalah sebuah perangkat eksternal yang digunakan untuk mengambil citra cetakan seperti tulisan dan gambar. Kemudian hasil dari scan tersebut dimasukan kedalam komputer untuk diolah, Seiring dengan perkembangan zaman, bahkan saat ini sudah ada printer yang bersatu dengan scanner sehingga dapat digunakan sebagai mesin fotocopy mini.

3. Microphone

Microphone
Microphone adalah perangkat yang digunakan untuk menangkap suara kita kemudian dikirimkan ke dalam komputer untuk diproses oleh processor. Suara yang telah dikirimkan akan disimpan didalam komputer kemudian dapat dikeluarkan kembali melalui speaker.

4. Speaker

Speaker
Speaker adalah perangkat tambahan komputer yang berguna untuk mengeluarkan suara yang telah diproses didalam komputer. Sebagian komputer saat ini sudah ada speaker bawaan yang sudah langsung terpasang pada komputer. Akan tetapi untuk lebih memperkeras suara dari komputer kita tetap memerlukan speaker.

5. Earphone

Earphone
Earphone adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mengeluarkan output dari komputer. Output yang dikeluarkan adalah dalam bentuk suara. Earphone biasa digunakan untuk mendengarkan musik, atau saat menonton video. Earphone juga bisa menjadi solusi untuk mendengarkan musik dalam kebisingan.

6. Joystick

Joystick
Adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menjalankan dan mengontrol saat menjalankan video game. Joystick digunakan untuk memudahkan kita dalam menjalankan video game yang ada didalam komputer. Meskipun game tersebut dapat dijalankan tanpa joystick, akan lebih asik jika kita memainkanya menggunakan joystick.

7. Joy Pad / Game Pad

Joypad
Hampir sama dengan joystick, Joypad juga merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk memudahkan kita saat main game. Perbedaan antara Joypad dan Joystick adalah terletak pada bentuknya yang berbeda.

8. Kamera Digital

Kamera Digital
Kamera Digital merupakan sebuah perangkat input device yang berfungsi untuk mengambil gambar untuk dijadikan sebuah file yang dapat diproses didalam komputer.

Itulah tadi beberapa perangkat peripheral ataupun perangkat tambahan yang biasanya dipakai dikomputer. Semoga bermanfaat.


Baca Juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel