-->

Macam Macam Perangkat Keras Jaringan Komputer Yang Wajib Diketahui

Perangkat Keras Jaringan Komputer
Perangkat Keras Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah sekumpulan perangkat yang saling terhubung satu sama lain untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Disamping diperlukan sebuah konfigurasi, untuk membentuk sebuah jaringan diperlukan perangkat keras yang yang saling terhubung sehingga membentuk suatu sistem jaringan yang dapat menghubungkan semua perangkat tersebut. Nah apa sajakah perangkat keras yang digunakan untuk membentuk sebuah jaringan komputer? Penulis akan menjelasakan tentang 7 jenis Perangkat Keras Jaringan Komputer yang wajib diketahui

6 Perangkat Keras Jaringan Komputer Beserta Fungsinya

1. Router

Router
Router
Router adalah perangkat jaringan komputer yang berguna sebagai penghubung dalam jaringan komputer. Sesuai dengan namanya, router juga berfungsi sebagai penunjuk jalan dari aliran data dalam jaringan. Router berguna untuk menghubungkan perangkat yang berbeda didalam jaringan, misalnya menghubungkan antara switch dan komputer server.

2. Switch

Switch
Switch
Switch hampir sama dengan router yaitu perangkat yang digunakan sebagai penghubung dalam jaringan. Akan tetapi switch lebih dikhususkan untuk menghubungkan perangkat yang sama, misalnya sebagai konsentrator dari beberapa komputer. Switch juga memiliki jumlah port yang jauh lebih banyak ketimbang router. Biasanya switch inilah yang sering digunakan sebagai Konsentrator dalam pembuatan jaringan yang menggunakan Topologi Star ataupun Tree.

3. Repeater

Repeater
Repeater
Repeater adalah sebuah perangkat jaringan komputer yang berguna untuk memperkuat sinyal. Cara kerjanya adalah repeater menerima sinyal dari suatu segmen jaringan, kemudian memancarkanya kembali dengan kekuatan sinyal yang sama dengan yang aslinya. Repeater sangat berguna untuk membuat jaringan yang memiliki cakupan wilayah yang luas.

4. NIC (Network Interface Card)

Network Interface Card
NIC atau Network Interface Card adalah sebuah perangkat jaringan berbentuk kartu yang dipasang di komputer. NIC berguna untuk menghubungkan komputer dengan perangkat lainya melalui kabel UTP. NIC juga merupakan port yang digunakan untuk kabel UTP.

5. Kabel Jaringan

Kabel UTP
Kabel UTP
Kabel Jaringan adalah kabel yang digunakan untuk menghubungkan setiap perangkat didalam jaringan. Kabel merupakan salah satu komponen penting dalam jaringan, karena hampir semua perangkat terhubung menggunakan kabel, terkecuali dalam jaringan nirkabel atau jaringan wireless. Ada 3 jenis kabel jaringan yang sering dipakai yaitu :
  • Kabel Coaxial
  • Kabel Twisted Pair
  • Kabel Fiber Optic


6. Modem

Modem
Modem
Modem adalah singkatan dari Modulator Demodulator, yaitu sebuah perangkat jaringan komputer yang digunakan untuk menejemahkan sinyal yang diterima agar dapat dimengerti oleh komputer. Komputer hanya dapat membaca sinyal digital, akan tetapi sinyal yang dapat dikirimkan melalui gelombang ataupun media lain adalah dalam bentuk sinyal analog. Nah disinilah modem berfungsi, modem mengubah sinyal analog yang dikirimkan menjadi sinyal digital agar dapat dibaca oleh komputer. Begitu juga sebaliknya modem mengubah sinyal digital dari komputer menjadi sinyal analog agar dapat dikirimkan melalui media gelombang.

Itulah 6 Perangkat Keras Jaringan Komputer yang biasa digunakan, semoga bermanfaat.


Baca Juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel