-->

3 Jenis Kabel Jaringan Komputer Yang Sering Digunakan

Kabel merupakan salah satu elemen penting dalam jaringan komputer. Kabel berfungsi untuk menghubungkan antara satu perangkat dan perangkat lainya. Saat ini kabel masih menjadi media transmisi data yang paling cepat dan paling efektif, teknologi wireless pun belum mampu menandingi kecepatan transfer data kabel.
Dalam pembuatan sebuah jaringan komputer ada banyak kabel yang dipakai, kabel yang biasa digunakan dalam jaringan ada 3 jenis. Dalam artikel kali ini penulis akan membahas tentang 3 jenis kabel yang digunakan dalam jaringan komputer dan juga fungsinya.

3 Jenis Kabel Yang Digunakan Dalam Jaringan Serta Fungsinya

1. Kabel Coaxial

Kabel Coaxial
Kabel Coaxial
Kabel Coax / Coaxial adalah kabel yang berfungsi untuk menghubungkan setiap perangkat komputer dalam sebuah jaringan. Kabel coax sama dengan kabel yang digunakan untuk kabel pada antena televisi. Kabel coax terdiri dari sebuah kawat tembaga yang dilindungi oleh isolator dan konduktor, kemudian pada sisi luarnya dibungkus oleh bahan seperti PVC. Saat ini kabel coax sendiri sudah jarang digunakan karena memiliki beberapa kelemahan. Kabel coax memiliki kecepatan transfer data yang cukup rendah dan tekstur kabel yang tidak fleksibel, sehingga banyak orang mulai meninggalkan kabel jenis ini untuk berganti ke kabel yang lebih cepat dan lebih fleksibel.

2. Kabel TP (Twisted Pair)

Kabel UTP dan Kabel STP
Sesuai dengan namanya Twisted Pair adalah kabel yang diulir / dipilin. Kabel TP memiliki 8 kabel kecil didalamnya, yang masing masing dari kabel tersebut memiliki warna yang berbeda-beda sebagai tanda untuk penyusunan kabel. Saat ini, jenis kabel ini adalah yang paling banyak digunakan karena fleksibel dan memiliki kecepatan transfer data yang cukup tinggi. Ada 2 jenis kabel TP yaitu

- STP (Shielded Twisted Pair)

Shielded twisted pair adalah jenis kabel utp yang memiliki pelindung atau pembungkus dari 8 kabel yang ada didalamnya. Kabel STP dilindungi bahan sejenis foil, sehingga untuk urusan ketahanan kabel ini cukup baik karena tidak akan terganggu dan memiliki ketahanan yang cukup tinggi.

- UTP (Unshielded Twisted Pair)

Berbeda dengan STP, kabel UTP tidak memiliki pelindung untuk kabel yang ada didalam, sehingga kabel tersebut dibungkus langsung oleh kulit kabel. Akan tetapi jenis kabel ini adalah yang paling sering dipakai, terutama untuk jaringan dengan ruang lingkup kecil seperti jaringan LAN, maupun digunakan untuk koneksi Host-to-Host untuk pengiriman data antar komputer.

3. Kabel Fiber Optic

Kabel Fiber Optic
Kabel Fiber Optic
Kabel Fiber Optic adalah kabel yang memiliki bahan utama sebuah kaca fiber dalam ukuran yang kecil. Kabel fiber terdiri dari serat fiber yang sangat kecil, yang dibungkus oleh pembungkus yang kuat sehingga sulit untuk terputus. Kabel fiber optic memiliki kecepatan transfer data yang luar biasa tinggi. Kabel jenis ini biasa digunakan untuk jaringan lintas antar benua. Kabel fiber optic juga mampu bertahan didalam air maupun dipendam didalam tanah dalam waktu bertahun-tahun. Sehingga kabel ini sangat diandalkan untuk membentuk jaringan yang luas maupun jaringan untuk perusahaan besar yang membutuhkan kabel dengan transmisi data tinggi.

Itulah tadi 3 Jenis Kabel Jaringan Komputer yang biasa digunakan, sekian pembahasan dari penulis, kurang dan lebihnya mohon dimaafkan. Sekian dan terima kasih, semoga membantu.


Baca Juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel