-->

Jawaban Uji Kompetensi Bab 7 PKN Kelas X

Jawaban Uji Kompetensi Bab 7 PKN Kelas X  - Hallo sahabat dunia pendidik Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Jawaban Uji Kompetensi Bab 7 PKN Kelas X , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi dan jawaban didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel PPKn, Artikel tugas, yang kami tulis ini dapat anda pahami, dan dimengerti. baiklah, selamat membaca.

Uji Kompetensi Bab 7
1.      Jelaskan hakikat pembelaan terhadap negara?
Hakikat bela negara adalah sikap dan tindakan warga negara yang dilandasi oleh kecintaan pada negara dan diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari.

2.      Jelaskan dan berikan contoh bentuk usaha pembelaan negara oleh warga negara?
a.       Menjaga wilayah negara Indonesia agar tidak direbut oleh warga negara asing dengan cara merawatnya
b.      Ikut serta dalam membela negara

3.      Sebagai warga negara Indonesia, kita mendapat perlindungan dan jaminan hukum dari negara. Sebutkan isi undang-undang yang memuat pernyataan tersebut.
UUD Tahun 1945 Pasal 28D ayat 1 yang berbunyi: “Setiap orang berhak atas pengakuan jaminan perlindungan dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di hadapan hukum.”

4.      Berilah contoh ancaman berdimensi sosial budaya dalam kesatuan berbangsa dan bernegara yang terjadi di lingkungan sekitar kalian?
a.       Saling bentrok dalam permusuhan kebudayaan dalam suatu daerah
b.      Keterbelakangan
c.       Kebodohan
d.      Ketidakadilan
e.       Kemiskinan
f.       Sara

5.      Carilah satu kasus terkait dengan pertahanan keamanan, kemudian kalian analisis kasus tersebut berdasarkan jenis, klasifikasi, dan dimensinya, sebelum diakhiri dengan solusi penyelesaian!

Kasus OPM (Operasi Papua Merdeka)
Ø  Jenis ancaman: ancaman dalam negeri, yaitu terpisahnya Papua dari bagian kesatuan NKRI
Ø  Klasifikasi ancaman: ancaman di bidang militer dan non militer

Ø  Dimensi yang terjadi:
a.       Dimensi Sosial, banyak warga Papua yang terprovokasi untuk memisahkan diri dari NKRI
b.      Dimensi Ekonomi, banyak kegiatan usaha di Papua menjadi tidak kondusif, karena adanya ancaman, keributan, dan kekacauan.
c.       Dimensi Keamanan, banyak warga Papua yang merasa tidak nyaman dan tidak tenteram.

Ø  Solusi Penyelesainnya: mengajak perwakilan OPM untuk berdiskusi bersama dengan pikiran terbuka. Memang saat ini Papua dieksploitasi oleh Amerika Serikat seperti tambang emas Grassberg yang dioperasikan oleh Freeport tidak banyak memberikan kesejahteraan bagi warga asli Papua. Oleh karena itu, pemerintah juga harus introspeksi diri dan bertindak tegas kepada Freeport untuk menyatakan Papua merupakan kedaulatan Indonesia dan pemerintah berhak untuk memutus kontrak kepada Freeport apabila memang bagi hasil yang ada tidak adil baik bagi pemerintah maupun penduduk asli Papua. Di sisi lain pemerintah juga perlu membangun infrastruktur dan menjadikan Papua tidak lagi menjadi wilayah tertinggal.

  sekianlah artikel Jawaban Uji Kompetensi Bab 7 PKN Kelas X  kali ini, mudah-mudahan sahabatdunia pendidik bisa membantu anda dan memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel