-->

Jawaban Uji Kompetensi Bab 6 PKN Kelas X

Jawaban Uji Kompetensi Bab 6 PKN Kelas X  - Hallo sahabat dunia pendidik Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Jawaban Uji Kompetensi Bab 6 PKN Kelas X , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi dan jawaban didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel PPKn, Artikel tugas, yang kami tulis ini dapat anda pahami, dan dimengerti. baiklah, selamat membaca.

Uji Kompetensi Bab 6
1.      Apa yang dimaksud dengan warga negara Indonesia? Jelaskan perbedaannya dengan penduduk.
Ø  Warga Negara Indonesia (WNI) adalah orang-orang Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan UU sebagai warga negara Indonesia
Ø  Penduduk adalah orang-orang yang menempati tempat atau wilayah tersebut.

2.      Apa yang dimaksud dengan hak dan kewajiban? Jelaskan keterkaitan antara keduanya.
Ø  Hak adalah kekuasaan untuk berbuat sesuatu yang dimiliki manusia sejak lahir.
Ø  Kewajiban adalah sesuatu yang harus dipenuhi dengan penuh rasa tanggung jawab.
            Keterkaitan antara keduanya yaitu jika kita melakukan kewajiban dengan baik, maka kita
            akan mendapatkan hak kita.
3.      Mengapa sebagai warga negara kita harus mendahulukan kewajiban daripada hak? Jelaskan jawaban kalian.
Kita harus mendahulukan kewajiban, karena kewajiban adalah suatu hal yang harus dipenuhi dan jika kita bisa melaksanakan kewajiban dengan baik, maka kita pasti akan mendapatkan hak kita.

4.      Bagaimana hubungan antara hak dan kewajiban warga negara dengan proses demokrasi?

Pemerintah seharusnya bisa membuka ruang yang seluas-luasnya bagi setiap warga negara untuk bisa menggunakan hak pilihnya dalam pemilu. Dengan menggunakan hak pilihnya dalam pemilu itu, berarti warga negara tersebut sudah ikut serta dalam demokrasi. Pembatasan hak pilih bagi warga negara merupakan pelanggaran hak asasi. Kewajiban kita sesuai dengan apa yang diatur dalam UU.

5.      Bagaimana pendapat kalian dengan masyarakat kita yang masih kurang memiliki rasa tanggung jawab dalam proses demokrasi di Indonesia?

Seharusnya masyarakat bisa lebih menyadari akan pentingnya tanggung jawab dalam demokrasi, karena jika masyarakat bisa melaksanakan demokrasi dengan baik, maka dampaknya bisa dirasakan oleh masyarakat itu sendiri dan juga bisa dirasakan oleh negara. Sesuai dengan arti demokrasi itu sendiri yaitu pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

sekianlah artikel Jawaban Uji Kompetensi Bab 6 PKN Kelas X  kali ini, mudah-mudahan sahabatdunia pendidik bisa membantu anda dan memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel