Kisi-Kisi Mapel Bahasa Indonesia SMP (pretest) UKG Tahun 2017 (Deskripsi Guru Mapel/Keahlian)
Thursday, 24 August 2017
Edit
- Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. (pedagogik)
- Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu. (pedagogik)
- Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu. (pedagogik)
- Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu. (pedagogik)
- Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran. (pedagogik)
- Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. (pedagogik)
- Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar. (pedagogik)
- Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. (pedagogik)
- Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan yang mendidik (pedagogik)
- Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal. (pedagogik)
- Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal. (pedagogik)
- Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu. (pedagogik)
- Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. (pedagogik)
- Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar. (pedagogik)
- Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar
- Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan. (pedagogik)
- Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. (pedagogik)
- Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu. (pedagogik)
- Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. (profesional)
- Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. (profesional)
- Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. (profesional)
- Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. (profesional)
- Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia. (profesional)
- Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia. (profesional)
- Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia. (profesional)
- Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) (profesional)
- Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) (profesional)
- Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) (profesional)
- Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) (profesional)
- Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) (profesional)
- Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) (profesional)
- Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) (profesional)
- Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) (profesional)
- Menguasai kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. (profesional)
- Menguasai kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. (profesional)
- Memahami teori dan genre sastra Indonesia. (profesional)
- Memahami teori dan genre sastra Indonesia. (profesional)
- Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. (profesional)
- Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. (profesional)
- Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. (profesional)
- Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. (profesional)
- Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. (profesional)
- Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. (profesional)
- Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif. (profesional)
- Memahami tujuan pembelajaran yang diampu. (profesional)
- Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. (profesional)
- Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan. (profesional)
- Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri. (profesional)