Kisi-Kisi Mapel Bahasa Indonesia SMP (Pretest) UKG Tahun 2017 (Deskripsi Indikator)
Thursday, 24 August 2017
Edit
- Mengidentifikasikan karakteristik perkembangan sosial-emosional peserta didik. (pedagogik)
- Menganalisis kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik. (pedagogik)
- Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yag mendidik dalam pembelajaran bahasa. (pedagogik)
- Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran (0) (pedagogik)
- menentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan KI-KD. (pedagogik)
- Merancang pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. (pedagogik)
- Mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan. (pedagogik)
- Memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. (pedagogik)
- Memanfaatkan TIK dalam pembelajaran. (pedagogik)
- Menentukan model pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi optimal. (pedagogik)
- Melakukan komunikasi secara efektif. (pedagogik)
- Mengidentifikasi aspek penilaian keterampilan. (pedagogik)
- Menyusun instrumen pengetahuan. (pedagogik)
- Menentukan pencapaian kompetensi. (pedagogik)
- Menganalisis ketercapaian KKM. (pedagogik)
- Merancang program remedial berdasarkan hasil penilaian. (pedagogik)
- Menjelaskan tujuan dan sasaran pembelajaran reflektif. (pedagogik)
- membuat desain penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan. (profesional)
- Menjelaskan konsep, teori, dan materi aliran struktural yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. (profesional)
- Pengembangan metode pembelajaran bahasa berdasarkan aliran fungsional. (profesional)
- Menjelaskan konsep hakikat bahasa. (profesional)
- Mengidentifikasi jenis-jenis pemerolehan bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, dan pragmatik). (profesional)
- Menjelaskan kedudukan bahasa Indonesia. (profesional)
- Menjelaskan fungsi Bahasa Indonesia. (profesional)
- Mengidentifikasi ragam Bahasa Indonesia. (profesional)
- Mengaplikasi prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan (berbicara dan menyimak) dan tertulis (membaca dan menulis). (profesional)
- Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara deskrit: menyimak, berbicara, membaca, menulis. (profesional)
- Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis. (profesional)
- Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa berdasarkan konteks (akademis, formal, vokasional). (profesional)
- Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan produktif. (profesional)
- Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan reseptif. (profesional)
- Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis produktif. (profesional)
- Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis reseptif. (profesional)
- Mengidentifikasi kaidah bahasa Indonesia. (profesional)
- Menerapkan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. (profesional)
- Menjelaskan teori dan genre puisi Indonesia. (profesional)
- Menjelaskan teori dan genre prosa Indonesia. (profesional)
- Mengapresiasi puisi Indonesia. (profesional)
- Menulis puisi Indonesia. (profesional)
- Mengapresiasi prosa Indonesia. (profesional)
- Menulis prosa Indonesia. (profesional)
- Mengapresiasi teks drama Indonesia. (profesional)
- Mementaskan naskah drama sederhana Indonesia. (profesional)
- Membuat kritik sastra Indonesia. (profesional)
- Merumuskan indikator dan atau tujuan mata pembelajaran bahasa. (profesional)
- Menentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan KI-KD. (profesional)
- Merumuskan masalah dalam pembelajaran bahasa. (profesional)
- Memanfaatkan jaringan komunikasi on-line untuk mendukung komunitas profesi sebagai penunjang PKB. (profesional)