-->

Pengertian Database Serta Hierarki Database

Database

Sering kali kita mendengar kata database, mungkin bagi sebagian orang yang sudah bergelut didunia komputer, kata itu sudah tidak asing lagi. Tetapi untuk orang yang baru mengenal dunia komputer kata tersebut masih asing ditelinga. Pada artikel ini, penulis akan memberikan pengertian dari database, serta hierarki yang menyusunya sehingga database tersebut dapat terbentuk.

Apa Itu Database?

Database merupakan Basis Data atau Gudang Data yang berisi sekumpulan informasi yang disimpan didalam komputer secara sistematik, sehingga memungkinkan untuk diakses oleh suatu aplikasi.
Sederhananya database merupakan media penyimpanan data. Ada beberapa jenis database, seperti Microsoft Access dan MySQL.

Hierarki Data

Database terdiri dari banyak komponen, diantaranya

1. Bit

Bit merupakan bagian terkecil dari data. Bit adalah sekumpulan bilangan Biner yang hanya berisi nilai 0 dan 1. Biner hanya mengenal on dan off.

2. Byte

Byte adalah bagian terkecil yang dapat dialamatkan kepada memory. Byte merupakan sekumpulan bit, Satu Byte terdiri dari 8 bit.

3. Field

Field atau kolom merupakan komponen terkecil dari data. Field adalah kumpulan data yang sejenis yang memiliki makna.

4. Record

Record adalah sekumpulan field yang saling berhubungan, sehingga membentuk suatu data. Setiap record dapat dikenali dari field kunci / Primary Key. Primary key adalah sebuah field kunci yang membedakan setiap record.

5. File / Table

File / Table berisi dari sekumpulan record dan secara logis berhubungan.

6. Database

Database merupakan basis data / tempat penyimpanan seluruh file yang sudah dibuat

Demikianlah artikel tentang Database, semoga membantu.

Baca Juga :
Pengertian Domain, Hosting, URL, HTTP, WWW Dan FTP Serta Contohnya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel