-->

Pertanyaan yang Sering Diajukan dan Penjelasannya (FAQ Bagian 1)




Yth. Bapak/Ibu Operator Dapodik SMA-SMK
di Seluruh Nusantara
 
  
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Menindaklanjuti banyaknya permasalahan yang berkembang yang ditanyakan diberbagai forum dan Aplikasi Helpdesk, maka untuk sekaligus menjawab dan memberikan penjelasan akan kami sampaikan melalui informasi di berita ini. Penjelasan akan kami sampaikan secara bertahap dan berseri sesuai dengan urgensi dan trending topik dari permasalahannya. 
Untuk Tahap awal, berikut bebepara permasalahan dan penjelasan yang kami sampaikan:

Manajemen
1. A: Operator tidak dapat login ke web dapo.dikmen.kemdikbud.go.id di fitur “loginoperator sekolah”?
Q: Sudah dilakukan pembenahan dan sudah dapat diakses kembali.

Peserta didik
2. A: Beberapa siswa yang datanya tidak tampil di vervalpd dan dapo.dikmen.kemdikbud.go.id?
Q: Lakukan update data wali kelas, caranya sebagai berikut:
1) Lakukan penelurusan rombel dari siswa yang datanya tidak tampil melalui login operator di dapo.dikmen.kemdikbud.go.id
2) Setelah diketahui rombel yang siswanya tidak tampil, silakan masuk ke aplikasi dapodik di menu rombongan belajar.
3) Lakukan edit data wali kelas pada rombel yang dimaksud, pilih ulang wali kelasnya (dengan wali kelas yang sama), lalu simpan.
4) Lakukan validasi dan sinkronisasi.
5) Data akan terupdate di dapo.dikmen.kemdikbud.go.id dalam waktu 1x24 jam.

Pembelajaran
3. A: Maksimal jam pada menu pembelajaran di semua mata pelajaran terisi 0?
Q: lakukan pengecekan pada menu rombongan belajar di kolom program pembelajaran dilayani (SMA)/Paket Keahlian (SMK).
a) SMA KTSP 2006
- Kelas X = Umum
- Kelas XI dan XII = IPA/IPS/BAHASA
b) SMA Kurikulum 2013
- Kelas X = Bahasa, MIPA, Ilmu Pengetahuan Sosial
- Kelas XI dan XII = Bahasa, MIPA, Ilmu Pengetahuan Sosial
c) SMK KTSP
- Kelas X, XI dan XII = Paket Keahlian
d) SMK Kurikulum 2013
- Kelas X = Program Keahlian
- Kelas XI dan XII = Paket Keahlian
Selengkapnya dijelaskan di buku panduan terbaru (Bab XVIII dan Bab XIX)
Buku Panduan dapat diunduh disini.

4. A: Saat mengubah kelompok mapel lintas minat tidak dapat disimpan/gagal pindah Lintas Minat?
Q: Install ulang updater 8.4.0**

PTK
5. A: Kolom NUPTK di aplikasi tidak dapat diedit/belum terbuka walaupun sudah melakukan sinkronisasi.
Q: Cek versi aplikasi, pastikan sudah menggunakan versi 8.4.0** dan lakukan install ulang updater 8.4.0**. Lalu lakukan sinkronisasi.


Demikian informasi dari kami dan terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
 
Salam Satu Data,
Admin Dapodik SMA-SMK

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel