Pertanyaan yang Sering Diajukan dan Penjelasannya (FAQ Bagian 2)
Tuesday, 31 May 2016
Edit
Yth. Bapak/Ibu Operator Dapodik SMA-SMK
di Seluruh Nusantara
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Menindaklanjuti
banyaknya permasalahan yang berkembang yang ditanyakan diberbagai forum
dan Aplikasi Helpdesk, maka untuk sekaligus menjawab dan memberikan
penjelasan akan kami sampaikan melalui informasi di berita ini.
Penjelasan akan kami sampaikan secara bertahap dan berseri sesuai dengan
urgensi dan trending topik dari permasalahannya.
Berikut bebepara permasalahan dan penjelasan yang kami sampaikan:
Proses Periodikal
1. A:
Kelas XII Tahun Ajaran 2015/2016 sudah lulus pada saat ini, apakah
proseskelulusan juga sudah dapat dilakukan di Aplikasi Dapodik sma smk ?
Q:
Lakukan proses kelulusan kelas XII Tahun Ajaran 2015/2016 nanti di
tahun ajaranbaru, yaitu di luluskan pada semester Ganjil Tahun Ajaran
2016/2017 sebagaimanatelah dijelaskan pada Buku Panduan Sukses
Implementasi Dapodik SMA-SMK pada BAB X Proses Lanjutkan Semester, Kenaikan Kelas dan Kelulusan.
Pembelajaran
2. A:
Pada saat mengisi menu pembelajaran untuk SMK pada mapel yang ada
tandapetik dua (teknik fusion) tidak dapat di simpan, apa yg harus
dilakukan?
Q:
Lakukan sinkronisasi pada Aplikasi Dapodik SMA-SMK kemudian lakukan
refresh(ctrl + F5), maka selanjutnya dapat memperbaiki data pada menu
pembelajaran pada mapel dimaksud.
3. A:
Pada saat mengisi menu pembelajaran untuk SMK jurusan tertentu, mapel
Fisikadan Kimia belum ada (di referensi belum tampil), apa yg harus
dilakukan?
Q: Lakukan sinkronisasi pada Aplikasi Dapodik SMA-SMK kemudian lakukan refresh(ctrl + F5), maka selanjutnya dapat memperbaiki data pada menu pembelajaran pada mapel dimaksud. Untuk diperhatikan pengisian data Rombongan Belajar harus diisi dengan lengkap dan benar, utamanya data program keahlian/paket keahian. Berikut ketentuan pengisian data program keahlian/paket keahian untuk SMK:
a) SMK KTSP
- Kelas X, XI dan XII = Paket Keahlian
b) SMK Kurikulum 2013
- Kelas X = Program Keahlian
- Kelas XI dan XII = Paket Keahlian
PTK
4. A:
Data NUPTK yang diisikan pada Aplikasi Dapodik SMA-SMK yang berawalan
angka 0 (nol) misalnya: 0745735637200002 dan disinkronisasi, angka 0
(nol) pada awalan data NUPTK jadi menghilang, apa yang harus dilakukan?
Q: Melaporkan melalui Aplikasi Helpdesk (http://helpdesk.dikmen.kemdikbud.go.id/)pada klasifikasi "NUPTK" dengan menyertakan:
1. NPSN
2. Nama
3. NUPTK (yang benar)
4. screenshoot dari Aplikasi Dapodik SMA-SMK menu PTK yang data NUPTK hilang awalan angka 0 (nol) nya
Demikian informasi dari kami dan terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.
PERHATIAN:
Dalam
pengisian data di Aplikasi Dapodik SMA-SMK 8.4.0** utamanya pada menu
Rombongan Belajar dan Pembelajaran, HARUS memperhatikan dan mengikuti
rambu-rambu yang telah dijelaskan di Buku Panduan Sukses Implementasi
Dapodik SMA-SMK 8.4.0
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Salam Satu Data,
Admin Dapodik SMA-SMK