-->

5 Hal Ini Menjadi Penyebab Harddisk Rusak

Hard Disk
Hard Disk
Hardisk adalah salah satu komponen penting komputer. Harddisk berfungsi sebagai media penyimpanan data untuk komputer. Harddisk menyimpan data didalam sebuah piringan, piringan itulah yang terus berputar agar data dapat dibaca. Karena komponen harddisk sangat kompleks, perangkat yang satu ini sangat rentan kerusakan. Untuk mengantisipasi kerusakan pada harddisk ini, kali ini penulis akan memberikan hal-hal yang menjadi pemicu rusaknya harddisk.

Penyebab Hardisk Rusak

1. Over Heat

Over Heat atau panas berlebih merupakan salah satu penyebab rusaknya harddisk. Harddisk merupakan salah satu perangkat yang mudah panas. Ditambah lagi harddisk tidak memiliki pendingin seperti pada processor. Jadi overheat pada harddisk sangat mungkin terjadi karena, semakin lama pemakaian maka harddisk akan semakin panas. Untuk mengatasi masalah tersebut, teman-teman dapat menambahkan kipas tambahan untuk mendinginkan harddisk.

2. Penggunaan Yang Berlebihan

Tidak ada sesuatu yang baik jika berlebihan. Begitu juga dengan penggunaan harddisk. Penggunaan harddisk seperti untuk menonton Film atau bermain Game dalam waktu yang lama juga dapat menyebabkan kerusakan pada harddisk. Dengan melakukan aktifitas yang berlebihan, piringan harddisk akan terus berputar untuk membaca serta mengolah data, sehingga menyebabkan panasnya harddisk.

3. Terlalu Sering Melakukan Instalasi

Instalasi aplikasi pada komputer juga berpengaruh pada harddisk. Saat melakukan instalasi komputer akan menulis data di harddisk, sedangkan saat melakukan uninstall komputer akan menghapus data di harddisk. Jika dilakukan secukupnya hal itu tidak akan bermasalah, tetapi jika terlalu sering dilakukan akan membuat sector atau wilayah tertentu pada harddisk mengalami kerusakan atau biasa disebut Bad Sector.

4. Benturan

Harddisk juga sangat rentan, harddisk tidak tahan benturan. Saat terjadi benturan akan ada perangkat yang mengalami kerusakan atau bisa juga menjadi bad sector. Benturan yang penulis maksud seperti gesekan, guncangan dalam tas dan terjatuh.

5. Faktor Usia

Tidak dapat dipungkiri, perangkat komputer memiliki masa / waktu untuk dapat digunakan dengan baik. Faktor usia pada harddisk juga dapat menjadi penyebab harddisk rusak, karena penggunaan harddisk yang sudah terlalu sering, entah itu untuk read / write data.

Itulah 5 hal yang menjadi Penyebab Kerusakan Harddisk. Semoga bermanfaat.


Baca Juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel