-->

Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer Atau Laptop Kita Dengan Mudah

Kadang kita sering bertanya kenapa komputer kita melambat? ada beberapa alasan yang membuat komputer kita melambat, seperti banyaknya virus, hardware yang sudah terlalu tua atau mungkin terlalu banyak aplikasi. Hal yang penulis sebutkan terakhir menjadi masalah yang paling sering terjadi. Pengguna sering kali menginstal aplikasi-aplikasi tanpa mengukur kemampuan dari komputer.
Agar tidak mengalami hal yang demikian, sebaiknya teman-teman melihat terlebih dahulu Spesifikasi Komputer yang dipakai, dan membandingkanya dengan spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi yang akan diistal. Untuk komputer yang dibeli baru, biasanya spesifikasi tertera pada kardus komputer. Tapi bagaimana jika kardusnya sudah hilang atau tidak tertera di kardus?
Tenang, penulis akan memberikan Cara mengetahui spesifikasi komputer secara lengkap. Ikuti langkah-langkah dibawah ini :

Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer Atau Laptop Secara Lengkap

1. Buka Menu Run dengan cara menekan tombol Windows + R
Menu Run
Menu Run
2. Pada Jendela Run ketikan "dxdiag" tanpa menggunakan tanda petik, kemudian klik OK. Jika muncul jendela konfirmasi Klik  Yes saja.
3. Maka akan munjul jendela DirectX Diagnostic Tool, disitu teman-teman dapat melihat spesifikasi komputer. Beberapa informasi penting yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut
DirectX Diagnostic Tool
DirectX Diagnostic Tool

Pada tab System



  • Operating System yaitu sistem operasi yang digunakan pada komputer tersebut
  • System Manufacturer adalah produsen komputer tersebut
  • BIOS merangkum jenis BIOS yang digunakan serta versinya
  • Processor yaitu tentang spesifikasi processor yang digunakan serta kecepatan dari processor tersebut. Bagi teman-teman yang akan membeli komputer baru, usahakan yang sudah memiliki kecepatan processor diatas 2.0 GHz.
  • Memory adalah ukuran dari RAM yang digunakan, nah usahakan juga untuk membeli komputer yang sudah memiliki ukuran RAM diatas 2 Giga Byte.

Pada tab Display

Menampilkan jenis VGA yang digunakan, serta akumulasi ukuran VGA.

Pada tab Sound

Tertera jenis perangkat Sound yang digunakan.

Pada tab Input

Tertera Input Device atau perangkat masukan yang digunakan. Biasanya akan tertera mouse dan keyboard.


Itulah tadi Cara Mudah Melihat Spesifikasi Komputer. Dengan mengetahui spesifikasi komputer, penulis berharap teman-teman tidak lagi menginstal aplikasi yang memiliki Recommended System Requirements diatas spesifikasi komputer teman-teman. Ada baiknya juga, sebelum menginstal aplikasi terlebih dahulu mencari system requirements nya agar dapat berjalan dengan baik di komputer kita, serta tidak membuat komputer melakukan beban kerja yang berlebihan. Semoga bermanfaat.


Baca Juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel