-->

Perlu Diketahui 5 Hal Ini Menjadi Penyebab Laptop Lemot

Penyebab Komputer Lambat
Penyebab Komputer Lambat
Siapa sih yang tidak mendambakan kinerja laptop yang cepat dan mudah digunakan, lancar untuk menjalankan aplikasi apapun, semua orang pasti menginginkan hal yang demikian. Normalnya laptop yang baru dibeli akan memiliki kinerja yang memuaskan, cepat, dapat menjalankan aplikasi apapun dengan lancar. Tetapi lama kelamaan kinerja laptop kian menurun, bahkan terasa makin lambat / lemot. Sebenarnya, lambatnya kinerja laptop itu juga karena cara kita menggunakanya. Untuk itu, penulis akan memberikan 5 hal yang dapat menjadi penyebab laptop lemot, sehingga teman-teman dapat menghindarinya. Baiklah tidak perlu panjang lebar, langsung saja ke permasalahanya.

Penyebab Laptop Lemot

1. Terjadinya Kerusakan Pada Komponen Laptop

Terjadinya kerusakan pada komponen laptop dapat membuatnya menjadi lambat. Laptop disusun oleh banyak perangkat yang saling terhubung satu sama lain. Ada beberapa perangkat penting yang sangat berpengaruh ke laptop jika perangkat tersebut rusak.
Hal yang paling sering terjadi adalah kerusakan pada harddisk. Kerusakan yang terjadi pada harddisk yaitu Bad Sector. Bad Sector adalah kerusakan yang terjadi pada beberapa byte penyimpanan pada harddisk. Jadi ketika mengakses file yang ada pada sektor tersebut proses akan menjadi lambat, bahkan jika Bad Sectornya  sudah terlalu parah komputer dapat mengalami Blue Screen.

2. Adanya Virus

Virus menjadi musuh utama dalam dunia komputer. Sekalipun sudah menggunakan anti virus, tidak ada jaminan komputer dapat benar-benar akan terhindar dari virus. Karena kadang ada virus yang tidak terdeteksi atau tidak dikenali oleh anti virus sehingga virus itu dibiarkan menjalar dan mengacak-acak sistem komputer. Ada banyak jenis virus, tapi yang paling sering membuat komputer melambat adalah Worm.

3. Spesifikasi Komputer Tidak Memadai Untuk Menjalankan Aplikasi

Setiap aplikasi memiliki Recommended System Requirement untuk dapat menjalankan aplikasi tersebut dengan baik. Atau ada juga Minimum System Requirement, yaitu batas minimal agar dapat menjalankan aplikasi tersebut. Jika spesifikasi laptop kita tidak memadai atau masih dibawah Minimum System Requirement, tentu aplikasi tersebut akan berjalan lambat. Tidak hanya pada aplikasi itu, laptop kita juga akan melambat, karena semua sumber daya dialihkan untuk menjalankan aplikasi itu, sehingga aplikasi lain tidak mendapat jatah / alokasi. Agar tidak demikian ada baiknya jika teman-teman memeriksa terlebih dahulu Spesifikasi Laptop lalu bandingkan dengan Minimum System Requirement dari aplikasi yang akan dijalankan.

4. Terlalu Banyaknya File Temporary

Ketika kita mengakses internet atau melakukan perubahan data pada komputer, akan ada file temporary yang disimpan didalam komputer. Lama kelamaan file temporary ini akan semakin banyak dan bertambah besar, sehingga mengakibatkan kinerja laptop makin melambat. Untuk itu, ada baiknya jika teman-teman rajin membersihkan file temporary. Saat ini ada banyak tersedia aplikasi di internet untuk membersihkan file temporary. Saran dari penulis, gunakan saja CCleaner.

5. Terlalu Banyak Menginstal Aplikasi

Terlalu banyak menginstal aplikasi juga dapat membuat kinerja laptop melambat. Bagiamana tidak, dengan banyaknya aplikasi yang diinstal, secara tidak langsung juga akan bertambah aplikasi yang akan dijalankan oleh laptop. Beberapa aplikasi juga secara default menjadi aplikasi Start Up yang otomatis berjalan ketika laptop dinyalakan. Sebenarnya hal ini dapat diatasi dengan mengatur apa saja program yang boleh berjalan otomatis saat komputer dihidupkan.

Itulah tadi 5 Hal Dapat Menjadi Penyebab Laptop Lemot. Semoga bermanfaat.


Baca Juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel