-->

4 Alasan Kenapa Kamu Harus Migrasi Ke Linux

Linux Mint
Linux Mint
Kebanyakan dari kita hanya mengenal dan menggunakan sistem operasi Windows, tanpa pernah mencoba sistem operasi lainya seperti Linux. Ketika mendengar kata linux tidak jarang dari kita yang belum mengenal Linux, bahkan tidak jarang yang belum pernah mendengarnya. Meskipun masih belum banyak yang menggunakan, kita tidak boleh meremehkan linux, penulis memiliki beberapa alasan kenapa teman-teman harus mencoba menggunakan linux.

4 Alasan Kenapa Harus Migrasi Ke Linux


1. Gratis

Alasan yang pertama tentu saja gratis. Linux adalah sistem operasi yang gratis dan bebas untuk digunakan maupun untuk dikembangkan. Daripada menggunakan sistem operasi Windows yang harus membayar, sistem operasi linux lebih ramah di kantong. Walaupun Windows dapat digunakan gratis dengan menggunakan crack, tapi tetap saja hal itu tidak legal, dan pastinya tidak dibenarkan karena melanggar hak cipta orang lain. Berbeda dengan linux yang bebas digunakan, bahkan dimodifikasi sistemnya pun diperbolehkan, tidak jarang distro linux yang justru dibuat agar dimodifikasi sendiri oleh penggunanya sesuai keperluan.

2. 100 % Halal

Seperti yang penulis jelaskan diatas, meskipun dapat menggunakan Windows tanpa membayar, tapi tetap saja hal itu tidak benar, karena pada dasarnya Windows adalah sistem operasi yang berbayar. Untuk menggunakan Windows kita harus membeli lisensi dari perusahaan Microsoft, agar sistem operasi itu dapat digunakan secara legal. Berbeda dengan linux yang memang sudah gratis, dan pastinya halal digunakan. Karena pengembangnya pun sengaja menyediakan untuk digunakan dan dikembangkan oleh semua orang.

3. Memiliki Tingkat Keamanan Yang Terjamin

Ini salah satu hal yang harus dipertimbangkan. Linux adalah sistem operasi dengan sistem pertahanan terbaik. Sangat jarang bahkan mungkin tidak ada jenis virus yang mampu menyerang linux. Linux tidak bisa diserang virus bahkan tanpa menggunakan aplikasi anti virus. Untuk teman-teman yang sudah bosan dengan serangan virus yang kadang sampai menghilangkan data-data penting, sistem operasi linux patut dipertimbangkan sebagai opsi agar tidak diserang virus.

4. Dukungan Aplikasi Yang Sangat Banyak

Linux dikembangkan oleh banyak orang, jadi dengan banyaknya pengembang tersebut, dapat dipastikan jika dukungan aplikasi sangat banyak. Dilinux kita dapat menemui beragam aplikasi yang tidak dapat ditemui di windows, bahkan di beberapa distro ada tools yang dibuat khusus untuk keperluan tertentu, seperti hacking dan juga programming. Jadi untuk teman-teman yang ingin migrasi ke linux, jangan khawatir tidak bisa mengerjakan perkerjaan karena aplikasi yang dibutuhkan tidak ada. Hampir semua aplikasi yang ada di windows ada juga penggantinya di linux.

Keempat hal diatas kiranya sudah cukup untuk menjadi pertimbangan teman-teman untuk migrasi ke linux. Bagi teman-teman yang masih takut untuk langsung menggunakan linux, bisa mencoba dual-boot linux dan windows. Untuk yang ingin mencoba linux bisa mencoba melihat-lihat dulu Distro Linux yang kiranya cocok untuk digunakan. Sekian dan terima kasih. 


Baca Juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel