Soal PTS/UTS Seni Budaya Kelas 7 (VII) Semester 1 (Gasal) SMP/MTs Kurikulum 2013
Wednesday, 25 July 2018
Edit
Berikut ini adalah contoh soal Penilaian Tengah Semester (PTS/ UTS) mata pelajaran Seni Budaya kelas 7 (VII) semester 1 (Ganjil/Gasal) SMP/ MTs berdasarkan Kurikulum 2013.
Soal Seni Budaya untuk Kelas 7 (VII) SMP/MTs dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Seni Budaya bukan aktivitas dan materi pembelajaran yang dirancang hanya untuk mengasah kompetensi keterampilan siswa mencakup aktivitas dan materi pembelajaran yang memberikan kompetensi pengetahuan tentang karya seni budaya dan kompetensi sikap yang berkaitan dengan seni budaya.
Seni Budaya melalui aktivitas berkarya seni musik, seni rupa, seni tari, dan teater menjadi satu kesatuan yang utuh dari ketiga kompetensi di atas. Dalam praktiknya, kegiatan pembelajaran seni budaya tidak hanya dilaksanakan dalam kelas tetapi dapat dilaksanakan di luar.Soal Seni Budaya untuk Kelas 7 (VII) SMP/MTs dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Seni Budaya bukan aktivitas dan materi pembelajaran yang dirancang hanya untuk mengasah kompetensi keterampilan siswa mencakup aktivitas dan materi pembelajaran yang memberikan kompetensi pengetahuan tentang karya seni budaya dan kompetensi sikap yang berkaitan dengan seni budaya.
Soal PTS/UTS Seni Budaya Kelas 7 (VII) Semester 1 (Gasal) SMP/MTs Kurikulum 2013
Pada mata pelajaran Seni Budaya, materi muatan lokal bisa ditambahkan yang digali dari kearifan lokal. Keterpaduan dan keutuhan pada materi seni budaya mengandung arti bahwa dalam kompetensi dasar mengandung suatu keahlian tertentu sehingga dalam pelaksanaannya haruslah utuh diajarkan. Dengan demikian siswa dapat menguasai pengetahuan, keterampilan, serta sikap dalam karya seni musik, seni rupa, seni tari, atau teater.
Pembelajaran seni budaya menekankan pada pendekatan belajar siswa aktif. Siswa diajak dan berani untuk mencari sumber belajar yang tersedia di lingkungan sekolah, rumah atau tempat tinggal serta masyarakat. Guru diharapkan dapat memperkaya kreasi dalam bentuk aktivitas lain. Namun tetap sesuai, relevan dan bersumber dari lingkungan sosial dana alam sekitar.
I. Pilihlah jawaban yang paling tepat diantara huruf A, B, C atau D, dengan cara menghitamkan lingkaran pada lembar jawab yang tersedia!
1. Segala hal yang diciptakan oleh manusia dan bersifat indah atau memiliki nilai estetika disebut dengan …
A. Seni
B. Seni Musik
C. Seni Rupa
D. Seni Budaya
2. Bahasa Universal yang sudah dikenal jauh sebelum manusia mengenal tulisan adalah ....
A. Tulisan
B. Gambar
C. Sketsa
D. Ornament
3. Yang termasuk karya seni di bawah ini adalah …
A. Pemandangan alam, lukisan flora fauna, dan pemandangan pantai
B. Lukisan alam benda, gambar pemandangan alam, pemandangan alam waduk sermo
C. Ragam hias ukir Yogyakarta, gambar bentuk alam benda, lukisan flora fauna
D. Lukisan flora fauna, pemandangan landscape Prambanan, pemandangan pantai
4. Seni yang menggunakan indera penglihatan (visual art) dengan memadukan unsur titik, garis, bidang, warna dan sebagainya disebut dengan …
A. Seni tari
B. Seni rupa
C. Seni teater
D. Seni musik
5. Unsur terkecil dalam sebuah gambar adalah …
A. Bentuk
B. Bidang
C. Garis
D. Titik
6. Perhatikan unsur rupa berikut !
Unsur garis di atas, berturut – turut dari a, b, c disebut garis …
A. Vertikal, Horizontal, Diagonal
B. Horizontal, Diagonal, Vertikal
C. Vertikal, Diagonal, Horizontal
D. Horizontal, Vertikal, Diagonal
7. Seni rupa yang hanya bisa dilihat dari satu arah pandang mata dan hanya memiliki ukuran panjang dan lebar saja adalah …
A. Seni rupa 2 dimensi
B. Seni rupa 3 dimensi
C. Seni rupa 4 dimensi
D. Seni rupa 5 dimensi
8. Seni rupa yang bisa dilihat dari berbagai arah dan memiliki ukuran keruangan / volume disebut dengan …
A. Seni rupa 2dimensi
B. Seni rupa 3 dimensi
C. Seni rupa 4 dimensi
D. Seni rupa 5 dimensi
9. Contoh karya seni rupa 2 dimensi berikut yakni …
A. Vas bunga, patung Roro Jonggrang, meja dan kursi
B. Lukisan kaligrafi, vas bunga, bangunan rumah
C. Gambar ilustrasi sampul buku, patung Roro Jonggrang, lukisan bunga
D. Lukisan bunga di kertas, gambar ilustrasi sampul buku, lukis kaligrafi di kanvas
10. Contoh karya seni rupa 3 dimensi berikut adalah …
A. Vas bunga, patung Roro Jonggrang, meja dan kursi
B. Lukisan kaligrafi, vas bunga, bangunan rumah
C. Gambar ilustrasi sampul buku, patung Roro Jonggrang, lukisan bunga
D. Lukisan bunga di kertas, gambar ilustrasi sampul buku, lukis kaligrafi di kanvas
11. Menggambar tidak hanya melibatkan aktivitas fisik semata, tetapi juga mental. Mental di sini berhubungan dengan …
A. Rasa
B. Daya cipta
C. Karsa
D. Rasa, Daya cipta, Karsa
12. Burung, ayam dan ikan termasuk ke dalam obyek gambar …
A. Flora
B. Fauna
C. Alam benda
D. Alam bentuk
13. Bunga, daun dan pohon termasuk ke dalam obyek gambar …
A. Flora
B. Fauna
C. Alam benda
D. Alam bentuk
14. Teko, gelas dan guci termasuk ke dalam obyek gambar …
A. Flora
B. Fauna
C. Alam benda
D. Alam bentuk
15. Yang bisa dijadikan obyek menggambar di bawah ini adalah kecuali …
A. Obyek flora
B. Obyek fauna
C. Obyek alam benda
D. Obyek alam semu/maya
16. Komposisi dalam menggambar dapat dibedakan dalam dua jenis, yaitu …
A.Dua dimensi dan tiga dimensi
B. Simetris dan asimetris
C. Murni dan terapan
D. Alam benda dan alam bentuk
17. Yang dimaksud komposisi simetris adalah …
A. Obyek kanan dan kiri sama serta seimbang
B. Obyek kanan dan kiri tidak sama tapi seimbang
C. Obyeknya memiliki karakter
D. Obyeknya memiliki perbedaan
18. Yang dimaksud komposisi asimetris ialah …
A. Obyek kanan dan kiri sama serta seimbang
B. Obyek kanan dan kiri tidak sama tapi seimbang
C. Obyeknya memiliki karakter
D. Obyeknya memiliki perbedaan
19. Menggambar bentuk lingkaran untuk pola bunga, gambar kelopak bunga sesuai bentuk aslinya dan memberi warna pada hasil gambar bunga termasuk ke dalam …
A. Teknik gambar alam benda
B. Teknik menggambar flora
C. Teknik menggambar fauna
D. Teknik gambar structural
20. Membuat gambar bentuk oval untuk badan, menambahkan bentuk kerucut untuk leher, kepala dan ekor, serta mmeberi arsiran atau warna pada itik termasuk ke dalam …
A. Teknik gambar alam benda
B. Teknik menggambar flora
C. Teknik menggambar fauna
D. Teknik gambar structural
21. Gambarlah bentuk oval dan silinder, buatlah setiap bagian menjadi bentuk cangkir dan piring serta sempurnakan gambar dengan arsiran atau warna termasuk ke dalam …
A. Teknik gambar alam benda
B. Teknik menggambar flora
C. Teknik menggambar fauna
D. Teknik gambar structural
22. Teknik yang digunakan dalam menggambar memiliki … tahapan
A. 3 tahapan
B. 5 tahapan
C. 4 tahapan
D. 6 tahapan
23. Perhatikan tahapan menggambar berikut !
A. Memberi kesan latar belakang
B. Member dimensi gelap terang baik hitam putih atau berwarna
C. Menyusun bagian per bagian menjadi gambar utuh
D. Mengetahui bagian obyek gambar
E. Mengetahui bentuk dasar dari obyek yang akan digambar
Urutan yang benar dalam proses menggambar yaitu …
A. A, B, C, D, E
B. A, C, B, D, E
C. E, C, D, B, A
D. E, D, C, B, A
24. Yang termasuk ke dalam alat menggambar, kecuali …
A. Kertas gambar
B. Spidol warna
C. Pensil warna
D. Krayon dan pastel
25. Pensil dibedakan menjadi 2, yaitu pensil dengan kode “H” yang bersifat … dan “B” yang bersifat …
A. Keras, Lunak
B. Keras, Keras
C. Lunak, Keras
D.Lunak, Lunak
II. Jawablah soal essay berikut dengan singkat dan jelas !
1. Sebutkan 3 obyek yang bisa digunakan untuk menggambar !
2. Komposisi dalam menggambar ada 2, sebutkan dan jelaskan !
3. Sebutkan 5 tahapan yang harus dilakukan pada saat menggambar !
4. Sebutkan alat dan media gambar !
5. Apa perbedaan antara pensil kode “H” dengan pensil yang berkode “B” ? Jelaskan !