-->

Kunci Jawaban Pkn Uji kompetensi Bab 6 kelas 10 semester 2

Kunci Jawaban Pkn Uji kompetensi Bab 6 kelas 10 semester 2 - Hallo sahabat dunia pendidik Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Kunci Jawaban Pkn Uji kompetensi Bab 6 kelas 10 semester 2 , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi dan jawaban didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel PPKn, Artikel tugas, yang kami tulis ini dapat anda pahami, dan dimengerti. baiklah, selamat membaca.

Uji Kompetensi Bab 6 Jawablah soal-soal berikut. 

1. Apa yang dimaksud dengan warga negara Indonesia?Jelaskan perbedaannya dengan penduduk.
 Jawab
Seorang Warga Negara adalah orang yang diakui oleh UU sebagai warga negara Republik Indonesia. Penduduk adalah orang-orang yang berada di dalam suatu wilayah yang terikat oleh aturan-aturan yang berlaku dan salingberinteraksi satu sama lain secara terus menerus / kontinu. Dalamsosiologi, penduduk adalah kumpulan manusia yang menempatiwilayah geografi dan ruang tertentu.maka, perbedaan nya adalah seorang warga negara secara resmi sudah menjadi warga negara indonesia sedangkan penduduk belum tentu ia menjadi warga negara indonesia .

2. Apa yang dimaksud dengan hak dan kewajiban? Jelaskan keterkaitan keduannya.
Jawab : 
→Hak adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik kita dan penggunaannya tergantung kepada kita sendiri.Contoh dari hak adalah: 
a.Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum; 
b.Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak;
c.Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan; 
→Kewajiban adalah sesuatu yg dilakukan dengan tanggung jawab.
Contoh dari kewajiban adalah: 
a.Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membela, mempertahankan kedaulatan negara indonesia dari serangan musuh; 
b. Setiap warga negara wajib membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda); 
c. Setiap warga negara wajib mentaati serta menjunjung tinggi dasar negara, hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali, serta dijalankan dengan sebaik-baiknya; Hak dan kewajiban selalu ada timbal balik antara kedua nya

 3. Mengapa sebagai warga negara kita harus mendahulukan kewajiban daripada hak? Jelaskan jawaban kalian. 
Jawab :
karena kewajiban itu lebih penting daripada hak. Jadi setelah kita melakukan kewajiban baru datanglah hak sebagai timbal balik antar kedua nya tanpa merugikan hak orang lain. 

4. Bagaimana hubungan antara hak dan kewajiban warga negara dengan proses demokrasi? 
Jawab : 
hubungan antara hak dan kewajiban warga negara dengan proses demokrasi itu sangat berelasi. Hak - boleh mengikuti demokrasi - setiap WNI berhak untuk mengajukan diri sebagai calon presiden - setiap orang berhak menyampaikan pendapat di muka umum Kewajiban - ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan demokrasi - ikut dalam pengawasan demokrasi 

5. Bagaimana pendapat kalian dengan masyarakat kita yang masih kurang memiliki rasa tanggung jawab dalam proses demokrasi di Indonesia? 
Jawab : 
karena, masyarakat kita cenderung lari dari masalah tanggung jawab nya. Faktor utama nya sebenarnya adalah kejujuran. jadi sebaiknya, kita harus memperbaiki pola pikir masyarakat kita. Sehingga,nantinya negara kita bisa menjadi negara maju seperti tetangga negara kita.


Sekianlah artikel Kunci Jawaban Pkn Uji kompetensi Bab 6 kelas 10 semester 2 kali ini, mudah-mudahan sahabat dunia pendidik bisa membantu anda dan memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel