-->

Jawaban PKN BAB 6 Kelas 11 Semester 2



1. Tugas Mandiri 6,1
2. Tugas Mandiri 6,2
3. Tugas Kelompok 6,1
4. Tugas Kelompok 6,2
5. Refleksi
6. Penilaian Diri
7. Praktik Belajar Kewarganegaraan
8. Uji Kompetensi Bab 6

Contoh soal :


































JAWABAN :

1. Tugas Mandiri 6,1

1. Agama
- Hak memeluk agama sesuai dengan kepercayaan dan keyakinan
Pasal 29 (1)
- Setiap orang berhak memeluk agama dan beribadah sesuai agamanya
Pasal 28B (1)
- Setiap orang berhak untuk kebebasan meyakini kepercayaan
Pasal 28G (2)

2. Politik, Hukum, dan Pemerintah
- Warga negara berhak atas kesempatan yang sama dalam pemerintahan
Pasal 28D (3)
- Setiap orang berhak atas status kewarganegaraan
Pasal 28D (4)
- Perlidungan, Pemajuan, Penegakan dan Pemenuhan hak asasi manusia adalah tanggung jawab negara / Pemerintah
Pasal 28I(4)
- Warga negara bersama kedudukannya didalam hukum dan pemerintahan
Pasal 27(1)

3. Ekonomi
- Setiap orang berhak mempunyai hak milik pribadi
Pasal 28H (4)
- Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan
Pasal 33 (1)
- Fakir Miskin dan anak anak terlantar di pelihara oleh negara
Pasal 34
- Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan
Pasal 31 (1)

4. Seni Budaya
- Menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan diri nilai nilai bidayanya
Pasal 32 (1)
- Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintahan wajib membiayai
Pasal 31 (2)

5. Pertahanan dan keamanan
- Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara
Pasal 30 (1)
- Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam pembelaan negara
Pasal 27 (3)
- Warga negara merupakan pendukung dalam sistem pertahanan dan keamanan negara
Pasal 30 (2)

2. Tugas Mandiri 6,2

1. Menjunjung Tinggi hukum dan pemerintahan - Pasal 27 (1)
2. Ikut serta dalam pembelaan negara - Pasal 27 (3)
3. Menghormati hak asasi manusia lain - Pasal 28 J (1)
4. Mengikuti pendidikan dasar - Pasal 31 (2)
5. Membantu negara dalam pembangunan - Pasal 23 A
6. Tuntuk kepada pembatasan yang di tetapkan UU - Pasal 28 J (2)
7. Ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara - Pasal 30 (1)
8. Ikut menggung biaya pendidikan - Pasal 31 (2)
9. Memiliki kemampuan ber-organisasi dan melaksanakan aturan aturan lainnya - Pasal 28
10. Bekerja keras dan terarah untuk menggali berbagai sumber daya alam - Pasal 33 (3)

3. Tugas Kelompok 6,1

A. Mengapa faktor ekonomi dianggap sebagai faktor utama meningkatnya angka putus sekolah?
Jawaban :
Pada kenyataannya faktor ekonomi dianggap faktor yang paling dominan, dapat dilihat dari tingginya angka rakyat miskin di indonesia yang anaknya tidak bersekolah atau putus sekolah. hail ini disebabkan oleh tidak adanya dana untuk membiayai sekolah karena penghasilan yang tidak tetap atau tidak adanya pekerjaan

B. Adakah faktor lain selain faktor ekonomi yang menjadi penyebab meningkatnya angka putus sekolah? apabila ada, faktor apa sajakah itu?
Jawaban :
Ada,
- Faktor Internal :
a. Tidak bisa / kurang bersosialiasi dilingkungan sekolah
b. Sifat malas
c. Pola pikir yang sempit
d. Mudah dipengaruhi hal negative
- Faktor Eksternal :
a. Kurangnya perhatian dari orang tua
b. pemaksaan hak oleh orang tua
c. kurangnya sarana / prasarana yang menunjang pendidikan
d. Pola fikir masyarakat / lingkungan yang kurang atau tidak mendukung
e. Kelainan fisik maupun mental
f. Hubungan keluarga kurang harmonis

C. Apakah upaya pemerintah sudah optimal untuk mengatasi masalah ini? kemukakan undikator optimal dan tidak optimal
Jawaban :
Menurut saya, upaya pemerintahan sebelum optimal. dibukatikan dengan belum terjangkaunya pendidikan keseluruh anak anak Indonesia. selain itu, kurangnya bantuan sarana maupun prasarana di sekolah sekolah serta pembebasan biaya sekolah yang tidak merata

D. Selain pemerintah, siapa lagi yang bertanggung jawab untuk mengatasi masalah ini? apa saja peran yang bisa ditampilkannya?
Jawaban :
Orang tua, guru dan siswa itu sendiri. karena tanpa adanya motivasi dan pengawasan kepada peserta didik dan anak anaknya, semua tidak akan memberikan pengaruh yang berarti

E. Apa solusi yang kalian ajukan untuk mengatasi masalah ini? bagaimana strateginya supaya solusi itu berhasil?
Jawaban :
1. Faktor motivasi
- Memiliki cara atau metode sesuai dengan kemampuan peserta didik
- Menambahkan nilai atau pandangan hidup yang positif
- Menghargai setiap hasil kerja peserta didik
- Mengontrol perkembangan dan pergaulan anak
- Menambahkan pemahaman agama
- Memberikan Motivasi belajar
2. Faktor lingkungan
- Memperbaiki kualitas pendidikan
- Mengentaskan kemiskinan
- Pembebasan biaya sekolah
- Pemeraan sarana dan prasarana
3. Faktor Tradisi
- Berfikir kritis, bagaimana masa depan kita nantinya dan tidak terlalu ter kekang terhadap tradisi yang menyulitkan untuk mengembangkan diri
4. Dan lain lain.

F. Kemukakan bentuk pelanggaran hak warga negara yang pernah terjadi di daerahmu. serta bagaimana silusi untuk menyelesaikannya?

4. Tugas Kelompok 6,2

A. Apa saja yang menyebabkan rendahnya kesadaran membayar pajak
Jawaban :
- Kurangnya sosialisasi dari pemerintah atau lembaga lainnya
- Tidak adanya kemauan membayar pajak

B. Jelaskan akibat yang akan diterima negara ketika pendapatan dari pajak terus mengalami penurunan?
Jawaban :
Pendapatan negara dari pajak sebagian akan digunakan untuk anggaran pembangunan negara dan daerah. jika pendapatan dari pajak terus menurun maka akan berdampak pada kamjuan pembangunan dinegara kita yang bermafaat bagi kesejahteraan rakyat

C. Apa saja solusi yang sudah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kesadaran warga negara dalam membayar pajak? Bagaimana tingkat keberhasilan dari solusi tersebut?
Jawaban :
Tentunya pemerintah telah mencari solusi yang dianggap efektif. misalnya saja dengan iklan di sosial media atau stasiun televisi. penyuluhan bimbingan ( pembelajaran sejak dini ) namun nyatanya hal tersebut masih di anggap kurang efektif

D. Kemukakan hasil solusi yang kalian tawarkan untuk meningkatkan keasadaran warga negara dalam membayar pajak dan kesadaran melaksanakan kewajiban lainnya sebagai warga negara?
Jawaban:
Menurut saya, hal seperti diatas disebabkan pula oleh kurangnya pengetahuan masyarkat tentang kewajibannya sebagai warga negara. dan menurut saya solusinya adalah dengan mensosialisasikan apa apa saja yang menjadi kewajibngannya. sebagai warga negara dan betapa pentingnya jika kita melaksanakan kewajiban tersebut. selain itu, seharusnya ada pemberian saran atau prasarana bagi publik, seperti pelayanan pembayaran pajak, sehingga memudahkan masyarakat dalam membayar pajak

E. Kemukakan kasus lain yang berkaitan dengan pengingkaran kewajiban warga negara yang pernah terjadi di daerahmu serta bagaimana proses penyelesaiannya?
Jawaban :
Warga yang tidak ikut dalam kerja bakti pada hari yang telah ditentukan. biasanya diberi sanksinya adalah denda yang akan di masukan dalam uang kas RT

5. Refleksi

1. Bila kalian berbuat sewenang wenang, siapakah yang dirugikan? jika demikian. bagaimana?
Jawaban : Diri sendiri dan orang, harusnnya kita tidak memtingkan ego atau keinginan pribadi dan lebih menghargai orang lain
2. Pelanggaran hak cipta dalam bentuk penjualan DVD atau VCD bajakan sangat merugikan pemegang hak ciptannya. atas kejadian tersebut, bagaimana sikap kalian ketika menemukan barang barang bajakan yang diperjual belikan?
Jawaban : Menegur penjual atau pembeli barang bajakan tersebut. jika terguran saya tidak di gubris ada baiknya saya langsung melaporkan kapada pihak yang berwajib
3. Coba kemukakan hak dan kewajiban yang ada dipundakmu sehubungan dengan kedudukanmu sebagai seorang anak, pelajar, kakak atau adik, warga kota , desa dimana kalian bertempat tinggal
Jawaban :
Hak ->
a. Anak : diberi keasih sayang dan disekolahkan
b. Pelajar : mendapat pelajaran dan mendapatkan pendidkan yang bermutu serta sarana dan prasarana yang baik
c. Kakak/Adik : mendapatkan kasih sayang dan mendapat kehormatan ( saling menghormati )
d. Warga kota/desa : mendapati keadilan, mendapat pelayanan publik. menggunankan layanan publik dll.

Kewajiban->
a. Anak : menyayangi orang tua, menghormati orang tua membagakan orang tua, mendoakan orang tua
b. Pelajar : belajar, menghormati guru merawat sarana dan sarana disekolah dll.
c. Kakak/adik : menyanyangi dan menghormati
d. Warga kota/desa : merawat layanan publik, mematuhi peraturan, membela negara dll

4. Apa yang akan kalian lakukan apabila melanggar hak orang lain dan mengabaikan kewajiban?
Jawaban : Segera meminta maaf dan bertekad tidak akan mengulanginya

6. Penilaian Diri

1. Siapa yang memiliki tanggung jawab pada situasi yang terjadi dalam dua cerita diatas? (Pemuda/Pemudi)
2. Apa tanggung jawab itu? (Kesadaran manusia akan tingkah laku/perbuatan yang disengaja maupun yang tidak disengaja)
3. Apa sumber dari setiap tanggung jawab? (Niat. jika tanpa adanya niat dari hati maka tanggung jawab tersebut berpotensi besar tidak akan terjadi dengan baik)
4. Mengapa melaksanakan setiap tanggung itu penting?(menurut saya,tanggung jawab sangat penting agar terbentuk pribadi yang berani menghadapi resiko resiko serta mengurangi/menghilangkan hal hal yang tidak baik dan tidak merugikan diri sendiri dan orang lain)
5. Apa saja akibat dari pelalaian tanggung jawab? (terbentuknya pribadi yang penakut/kurang rasa empati, tidak mendapat kepercayaan lagi, dijauhi orang sekitar, merugikan orang lain,dll)
6. Pernahkan kalian melalaikan tanggung jawab? jika pernah mengapa kalian kalian melalaikan tanggung jawab? apa saja damapak/akibat yang ditimbulkan dari perbuatan tersbut? (pernah, karena lupa/merasa lelah setelah melakukan kegiatan lainnya, kena marah)

7. Praktik Belajar Kewarganegaraan

Silahkan di Zoom!








8. Uji Kompetensi Bab 6


1. Jelaskan perbeda antara hak asasi manusia dengan hak warga negara?
Jawaban:
Hak asasi manusia adalah hak yang melekat pada diri setiap pribadi manusia dan universal sedangkan, hak warga negara adalah seperangkat hak yang melekat pada diri manusia dalam kedudukannya sebagai anggota dari sebuah negara

2. Jelaskan perbedaan antara kewajiban asasi dan kewajiban warga negara
Jawaban :
Kewajiban asasi adalah kewajiban dasar setiap orang sedangkan kewajiban warga negara adalah kwajiban yang dibatasi oleh status kewarganegaraan seseorang

3. Kemukakan hak dan kewajiban warga negara yang terdapat dalam uud negara RI 1945
Jawaban :
Hak ->
- Hak dalam menyatakan pendapat
- Hak mendapat perlindungan dan diskriminasi
- Hak mengembangkan diri
- Hak memeluk agama atau kepercayaan sesuai hati nurani
- Hak berpendapat, berserikat dan berkumpul
- Hak hidup, membentuk keluarga dan tumbuh dll.

Kewajiban ->
- Membela dan mempertahankan negara
- Menghormati hara
- Mematuhi peraturan yang berlaku
- Menjunjung tinggi hukum

4. Mengapa terjadi pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara?
Jawaban :
Karena rendahnya kesadaran masyarakat mengenal kewajibannya sebagai warga negara serta pentingnya hak orang lain selain itu masyarakat hanya mau menuntut haknya tanpa peduli haak orang lain dan melalaikan kewajibannya

5. Bagaimanakah cara kalian untuk menghidari melakukan pelanggaran terhadap orang lain dan pengingkaran terhadap kewajiban?
Jawaban :
Kita harus bisa memilah mana hak dan mana yang kewajiban sebaiknya kita menyelesaikan apa kewajiban kita baru meminta apa yang menjadi hak kita bukan malah sebaliknya

6. Menurut kalian, apa yang harus dilakukan pemerintah dalam memecahkan persoalan pelanggaran hak dan pengingkaian kewajiban sebagai warga negara?
Jawaban :
Memberikan sosialisasi kepada masyarakat serta sanksi yang dapat membuat jera.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel