-->

Soal UAS Mulok PLH Kelas X

Selamat datang di Pembahasansoal.web.id 
Kami informasikan, Berikut ini adalah soal Ujian Akhir Semester (UAS) Mata Pelajaran Mulok Pendidikan Lingkungan Hidup. Bagi Sekolah, Guru atau Murid yang sedang mencari soal UAS PLH kelas X,  Semoga dengan adanya ini dapat membantu. Semakin Banyak berlatih soal - semakin banyak pengetahuan dan ilmu yang didapat. baik, lansung ke TKP.





Soal Pendidikan Lingkungan Hidup SMA

A. Kerjakanlah dengan cermat dan teliti!


1.      Limbah yang berasal dari makhluk hidup disebut....
a.       Limbah organik                                                     d.  Limbah padat
b.       Limbah anorganik                                                 e.  Limbah gas
c.        Limbah cair
2.     Limbah rumah tangga seperti air deterjen dan air tinja merupakan contoh limbah....
a.       Limbah cair industri                                             d.  Limbah hujan
b.       Limbah cair domestik                                          e.  Limbah berbahaya
c.        Limbah rembesan dan luapan
3.     Limbah domestik, limbah industri, limbah pertanian, dan limbah pertambangan merupakan pengelompokkan limbah berdasarkan.....
a.       Jenis senyawa                                                        d.  Sifat
b.       Wujud                                                                     e.  Tingkat berbahaya
c.        Sumber
4.     Berikut yang merupakan contoh limbah anorganik adalah....
a.       Kotoran hewan                                                      d.  Kaleng bekas
b.       Minyak bekas pakai                                            e.  Nasi basi
c.        Kulit buah
5.     Limbah B3 adalah limbah yang mengandung zat-zat berikut, kecuali....
a.       Mudah meledak                                                    d.  Sangat mudah menyala
b.       Pengoksidasi                                                          e.  Sangat mudah berubah
c.        Amat sangat mudah menyala
6.     Logam berat merupakan contoh limbah yang banyak dihasilkan oleh aktivitas....
a.       Rumah tangga                                                       d.  Industri
b.       Pertanian                                                                e.  Restoran
c.        Perkebunan
7.     Makhluk hidup yang dapat membantu proses pembuatan komppos adalah....
a.       Lumut                                                                     d.  Ganggang
b.       Cacing tanah                                                         e.  Ulat
c.        siput
8.     Proses pengurangan timbunan sampah dengan cara mengolah bahan buangan menjadi bahan yang dapat digunakan kembali disebut....
a.       Insinerasi                                                                d.  Daur ulang
b.       Pengomposan                                                        e.  Fermentasi
c.        Penimbunan
9.     Berikut ini yang bukan merupakan gas berbahaya bagi manusia adalah...
a.       NH3                                                                          d.  NO3
b.       CO                                                                            e.  O2
c.        CO3
10.  Yang termasuk limbah bersifat korosif berikut ini adalah....
a.       Alkohol                                                                   d.  Karbon dioksida
b.       Amonia                                                                   e.  Asam asetat pekat
c.        Karbon monoksida
B.    Jawablah pertanyaan berikut
1.       Jelaskan yang dimaksud dengan limbah organik dan limbah anorganik!
2.       Jelaskan cara daur ulang kertas!
3.       Sebutkan 3 contoh limbah pertanian?
4.       Jelaskan cara pembuatan pupuk kompos!
5.       Apakah yang dimaksud dengan limbah B3?

Sekian Soal tentang UAS Mulok Pendidikan Lingkungan Hidup.  Tks.


Kurikulum Mulok PLH / Pendidikan Lingkungan Hidup
Fungsi pendidikan adalah mengembangkan kemampuan dan membantu watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, sedangkan tujuan pendidikan adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlaq mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab.

Berdasarkan data empirik dan hasil analisis potensi unggulan serta ciri khas masing-masing kabupaten / kota di Provinsi Jawa Barat untuk mencapai Visi, dan Misinya maka diperlukan KurĂ­kulum Muatan Lokal Pendidikan Lingkungan Hidup.

KurĂ­kulum Muatan Lokal Pendidikan Lingkungan Hidup bertujuan membentuk pribadi peserta didik yang harmonis dengan memperhatikan kebutuhan perkembangan anak dalam mencapai kecerdasan intrapersonal, interpersonal, visual spasial, musikal, kecerdasan adpertensi, kecerdasan kreativitas, kecerdasan spiritual dan moral, dan kecerdasan emosional dalam mengelola keseimbangan lingkungan.
Dalam pelaksanaannya, kurikulum di setiap satuan pendidikan menggunakan prinsip-prinsip sebagai berikut :

Pelaksanaan kurikulum didasarkan pada potensi, perkembangan dan kondisi peserta didik untuk menguasai kompetensi yang berguna bagi dirinya. Dalam hal ini peserta didik harus mendapatkan pelayanan pendidikan yang bermutu, serta memperoleh kesempatan untuk mengekspresikan dirinya secara bebas, dinamis dan menyenangkan.

Kurikulum dilaksanakan dengan menegakkan kelima pilar belajar, yaitu: (a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (b) belajar untuk memahami dan menghayati, (c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, (d) belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain, dan (e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri, melalui proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.

Pelaksanaan kurikulum memungkinkan peserta didik mendapat pelayanan yang bersifat perbaikan, pengayaan, dan/atau percepatan sesuai dengan potensi, tahap perkembangan, dan kondisi peserta didik dengan tetap memperhatikan keterpaduan pengembangan pribadi peserta didik yang berdimensi ke-Tuhanan, keindividuan, kesosialan, dan moral.

Kurikulum dilaksanakan dalam suasana hubungan peserta didik dan pendidik yang saling menerima dan menghargai, akrab, terbuka, dan hangat, dengan prinsip tut wuri handayani, ing madia mangun karsa, ing ngarsa sung tulada (di belakang memberikan daya dan kekuatan, di tengah membangun semangat dan prakarsa, di depan memberikan contoh dan teladan)

Kurikulum dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan multistrategi dan multimedia, sumber belajar dan teknologi yang memadai, dan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, dengan prinsip alam takambang jadi guru (semua yang terjadi, tergelar dan berkembang di masyarakat dan lingkungan sekitar serta lingkungan alam semesta dijadikan sumber belajar, contoh dan teladan) Kurikulum dilaksanakan dengan mendayagunakan kondisi alam, sosial dan budaya serta kekayaan daerah untuk keberhasilan pendidikan dengan muatan seluruh bahan kajian secara optimal.

Kurikulum yang mencakup seluruh komponen kompetensi mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri diselenggarakan dalam keseimbangan, keterkaitan, dan kesinambungan yang cocok dan memadai antarkelas dan jenis serta jenjang pendidikan.

B. Tujuan
Muatan Lokal Pendidikan Lingkungan Hidup bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
  1. Memahami konsep dan pentingnya lingkungan hidup dalam kehidupan di Provinsi Jawa Barat sebagai provinsi dengan segala karakteristiknya.
  2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap pengelolaan lingkungan hidup di daerah masing-masing khususnya dan Provinsi Jawa Barat pada umumnya.
  3. Menampilkan kreativitas melalui kegiatan nyata dalam rangka meningkatkan daya dukung lingkungan dan upaya pelestarian keseimbangan lingkungan hidup.
  4. Menampilkan peran serta secara nyata dalam setiap upaya pemanfaatan daya dukung lingkungan dan upaya pelestarian lingkungan untuk menyukseskan Visi Jawa Barat.
  5. Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman peserta didik tentang; Konsep Dasar Lingkungan Hidup, Pelestarian dan Pemanfaatan Sumberdaya Alam, Pencemaran dan kerusakan lingkungan, Pengelolaan Lingkungan, Pemanfaatan teknologi ramah lingkungan dalam kehidupan, Bencana alam & Penanggulannya, Pengelolaan Lingkungan Sosial Budaya dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Manajemen pengelolaan lingkungan hidup.
  6. Membiasakan peserta didik untuk melakukan kegiatan pelestarian dan pemanfaatan sumber daya alam serta gerakan Pemanfaatan, Penataan, Pengembangan, Pemeliharaan dan Pemulihan Lingkungan Hidup di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat.
  7. Meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat tentang ketertiban, kebersihan, dan keindahan untuk menuju suatu kondisi daerah yang aman, nyaman, dan bersih.
Lihat juga Materi Soal dan Pembahasan lainnya pada Related Posts di bawah:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel