-->

Wisata Pulau Sabang ,Surganya Untuk Berlibur, Snorkeling Dan diving Di Aceh



   Sabang Adalah salah satu pulau di aceh yang sangat terkenal dengan Keindahannya,Banyak wisatawan dalam dan luar negeri yang datang untuk menikmati keindahan lautannya yang sangat Terpesona,bukan hanya itu,Sabang juga merupakan Titik  Nol Kilometer Indonesia,Dari segi geografis , wilayah Kota Sabang berada pada 95°13'02"-95°22'36" BT, dan 05°46'28"-05°54'-28" LU, merupakan wilayah administratif paling utara, dan berbatasan langsung dengan negara tetangga yaitu Malaysia, Thailand, dan India. Wilayah Kota Sabang dikelilingi oleh Selat Malaka di Utara, Samudera Hindia di Selatan, Selat Malaka di Timur dan Samudera Hindia di Barat.

   Sabang juga memiliki Pulau dan pantai yang keindahan Pesona alam lautnya tidak diragukan lagi  ,Banyak dari para wisatawan dalam negeri maupun mancanegara yang khusus berlibur ke pulau Sabang untuk Sorkling dan diving dan menikmati keindahan lautannya.

   Di Sabang juga terdapat tempat yang cocok untuk Bermalam dan bersantai menikmati ketenangan ,dan lautan yang sangat indah  untuk Para Snorkling Dan Diving,Pantai Iboih salah satu dari beberapa pantai yang menjadi Primadona Pulau Sabang. Pantai ini menjadi salah satu tujuan para Wisatawan dari berbagai belahan dunia. Banyak wisatawan mancanegara yang menetap dan bermalam di pantai ini,Pantai Iboih juga sangat dikenal dengan keindahan Lautnya,Banyak dari kalangan Wisatawan  yang menghabisakan waktunya untuk Snorkeling dan Diving Di Lautan Pantai Iboih untuk menikmati Ketenangan Dan keindahan Lautnya dengan dihiasi dengan ikan-ikan kecil dan terumpu karang yang sangat indah untuk dipandangi,Bahkan tampa meyelam, Keindahan Lautannya juga bisa dilihat dengan mata telanjang,karna air lautnya yang Sangat bening.

   Di semberang pantai Iboih juga terdapat Salah satu pulau yang disebut Dengan Pulau Rubiah,yang keindahan bawah lautnya  tidak bisa ditemukan di tempat lain, Pulau ini Juga termasuk surganya Bawah Laut,cocok sekali untuk para Snorkeling Dan Diving,,anda bisa melihat Puluhan jenis ikan yang warnya beragam,Bukan hanya ikan,anda  juga bisa melihat  Bintang Laut (patrick Star).


Daftar tempat yang wajib dikunjungi saat Anda Berlibr ke Pulau Sabang

1. Tugu Nol Kilometer Di Sabang

Tugu Nol Kilometer RI atau biasa disebut Monumen Kilometer Nol merupakan sebuah penanda geografis yang unik di Indonesia. Hal ini berkaitan perannya sebagai simbol perekat Nusantara dari Sabang di Aceh sampai Merauke di Papua. Tugu ini bukan saja menjadi penanda ujung terjauh bagian barat di Indonesia tetapi juga menjadi objek wisata sejarah bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.
Lokasi tugu ini terletak di areal Hutan Wisata Sabang tepatnya di Desa Iboih Ujong Ba’u, Kecamatan Sukakarya, sekitar 5 km dari Pantai Iboih. Letaknya di sebelah barat kota Sabang sekitar 29 kilometer atau memakan waktu sekitar 40 menit berkendara. Datanglah ke ujung barat Indonesia ini untuk menapakkan kaki Anda di atas titik kilometer nol yang terbuat dari semen berbentuk lingkaran berdiameter 50 centimeter. Berdirilah di atasnya lalu abadikan fakta historis yang sifatnya pribadi itu. Dengan menyambangi tempat ini juga Anda nantinya akan mendapat sertifikat dari agen penjalanan resmi mana pun di Sabang sebagai bukti pernah berdiri di titik nol kilometer Indonesia. Sebuah lagu nasional karya R. Surarjo awalnya bersyair "Dari Barat sampai ke Timur, berjajar pulau-pulau’", tetapi bait tersebut kemudian diubah atas masukan Presiden Soekarno tahun 1960-an saat mempersatukan Irian Barat ke NKRI. Perubahannya menjadi ‘Dari Sabang sampai Merauke, berjajar pulau-pulau’. Kebanggaan itu terus berakar, menanamkan kesan kuat bahwa batas barat negara Indonesia ialah Kota Sabang dan di sisi timurnya ialah Kota Merauke. Tugu adalah simbol pengenang dimana arti pentingnya justru sering kali terlupakan dan bahkan diremehkan dengan cara tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, selayaknya warga negara yang baik turut menjaga keberadaannya dengan tidak melakukan aksi vandalisme seperti mencorat-coret fasilitas atau pun merusak fasilitasnya.
Tugu kilometer Nol adalah sebuah bangunan setinggi 22,5 meter dengan bentuk lingkaran berjeruji. Bagian tugu dicat putih dan bagian atas lingkaran menyempit seperti mata bor. Puncak tugu ini terdapat patung burung Garuda menggenggam angka nol dilengkapi prasasti marmer hitam yang menunjukkan posisi geografisnya.
Di lantai pertama monumen terdapat sebuah pilar bulat dan terdapat prasasti peresmian tugu yang ditandatangani Wakil Presiden Try Sutrisno, pada 9 September 1997. Di lantai kedua terdapat sebuah beton bersegi empat dimana tertempel dua prasasti yaitu prasasti pertama ditandatangani Menteri Riset dan Teknologi/Ketua BPP Teknologi BJ. Habibie, pada 24 September 1997. Dalam prasasti itu bertuliskan penetapan posisi geografis KM-0 Indonesia tersebut diukur pakar BPP Teknologi dengan menggunakan teknologi Global Positioning System (GPS). Prasati kedua menjelaskan posisi geografis tempat ini yaitu 05 54" 21,99 Lintang Utara - 95 12" 59,02" Bujur Timur. Data teknis berdirinya tugu ini tertoreh di atas lempeng batu granit yang menyebutkan “Posisi Geografis Kilometer 0 Indonesia, Sabang. Lintang: 05o 54’ 21.42” LU. Bujur: 95o 13’ 00.50” BT. Tinggi: 43.6 Meter (MSL). Posisi Geografis dalam Ellipsoid WGS 84”.
Jika anda datamg ke Sabang,Tugu Nol Kilometer Sabang Adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi.
(sumber : http://www.auliaoktavella.it.student.pens.ac.id )

2. Pantai Iboih
Iboih adalah sebuah Pantai yang terdapat di kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Aceh, Indonesia.

Pantai Iboih merupakan daerah favorit untuk berekreasi dan melepaskan Penat. Perairan di sekeliling pulau Sabang merupakan perairan laut lepas yang diapit oleh Selat Malaka dan Samudra Hindia. Di sekitar pantai Iboih juga terdapat resort-resort dan restoran untuk para wisatawan yang bermalam,Pantai Iboih Adalah salah satu Pantai yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan karena keindahan pantai dan pesona bawah lautnya ,di pantai ini anda bisa snorkling dan diving,karena pantai ini memiliki pesona bawah laut yang dihiasi dengan  ikan-ikan kecil yang berbagai macam jenis dan warna,gurita dan terumbu karang yang sangat indah,Pantai Iboih panta yang wajib anda datangi saat berlibur ke Sabang.


3. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah adalah pulau yang terletak di Indonesia. Pulau Rubiah merupakan bagian dari wilayah kota Sabang, provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Pulau ini berada di sebelah barat-laut dari pulau Weh.     
Pulau ini sangat cocok bagi para wisatawan yang memiliki hobi snorkeling, diving atau berkeliling dengan perahu kaca (glass bottom boat) karena di pulau ini terdapat berbagai jenis terumbu karang yang sangat berwarna-warni dan berbagai macam bentuknya. Tentunya karang-karang yang membentuk sebuah gugusan yang sangat menarik tersebut akan sangat memanjakan mata para pecinta wisata bahari. Tak hanya terumbu karang yang menghiasi taman laut ini, berbagai jenis ikan tropis seperti gigantic clams, angel fish, school of parrot fish, lion fish dan banyak lagi yang lainnya menambah keeksotikan dari taman bawah laut di sini.




4.Pantai Sumur Tiga


Pastikan kunjungan Anda saat ke Sabang menyambangi keindahan yang alami dan damai dari Pantai Sumur Tiga. Lokasinya nan menawan hati di pantai timur Pulau Weh, sekira 15 menit dari Kota Sabang, tepatnya di Kecamatan Ie Meule, Sukajaya, Sabang, Pulau Weh, Provinsi Aceh. Pantai ini akan memukau siapa pun yang menyambanginya.

Pantai ini diberi nama Sumur Tiga karena memiliki tiga sumur air tawar yang terdapat di sepanjang pantainya. Pantai Sumur Tiga memiliki karakteristik yang berbeda dengan Pantai Iboih atau pun Pantai Gapang. Pasir di Pantai Sumur Tiga lebih putih berkilau bak kristal dan lembut meskipun airnya sedikit berombak. Panorama pantainya membentangkan laut biru dipadu angin sepoi yang menggerakkan nyiur di pinggir pantai.

Pantai jernih dengan air laut berwarna biru kehijauan adalah pemandangan yang sangat menenangkan jiwa. Pohon kelapa yang dihembuskan oleh angin laut pastinya akan membuai Anda saat rebahan di pasir pantai atau duduk di rerumputan dan bawah pohon kelapa. Jangan lupakan juga di sini berdiam begitu banyak benteng sisa Pendudukan Jepang untuk dijelajahi meski sayang kurang terawat.


Apa yang tersaji di sini adalah perpaduan keindahan dan kedamian yang sesungguhnya menghadap langsung ke samudera luas. Akan Anda dapati wisatawan di sini menikmati liburan mereka dengan santainya. Tiduran di pasir putihnya, bercengrama dengan orang yang mereka sayangi, berenang di laut jernih, atau berbincang dengan warga setempat, akan menjadi kegiatan pengisi waktu di pantai ini.

Makanan dan minuman di Sumur Tiga cukup lezat dengan menu makanan Eropa dan Indonesia. Harganya pun tidaklah terlalu mahal.

Kuliner Sabang akan menyajikan untuk Anda beragam makanan olahan laut. Termasuk di sini adalah mie aceh dengan kepiting. Mie aceh dikenali dengan ukuran mienya yang lebih besar dibandingkan mie umumnya. Olahan mie biasanya digoreng atau menggunakan kuah. Melengkapi kelezatannya adalah taburan bawang goreng dan emping. Anda juga akan merasakan bumbu khas Aceh yang cukup pedas berselera. Untuk melegakannya, nikmati saja segelas es jeruk atau sebuah es kelapa yang nikmat. Bagaimana, tertarik mencicipi?


5. Air Terjun Pria Laot

Air Terjun Pria Laot berhulu dari Gunung Sarung Keris dan berada di tengah-tengah hutan dengan aliran air yang betingkat.  Di bawah air terjun terdapat kolam penampungan yang dapat digunakan untuk berenang.
Ada yang tersembunyi di balik air terjun ini. Tanpa sengaja kami menemukannya. Di balik keindahan pesona alamnya, tersimpan sisi lain yang siap jadi potensi lain yakni spa alam.


Ekplorasi darat kami di pulau Sabang hari itu berujung di air terjun Pria Laot. Sebuah air terjun yang berlokasi di desa Pria Laot, 12 kilometer dari usat kota Sabang. Untuk menuju lokasi air terjun, Anda harus berhenti di ujung jembatan desa yang berada persis di depan menara pompa air minum kota Sabang. Dari sini perjalanan harus dilanjutkan dengan jalan kaki sejauh 1 km.


Sepanjang jalur ke air terjun, Anda akan diajak ber cross country melewati bebatuan terjal sembari sesekali menyeberangi sungai. Lokasi Air terjun yang berada dalam hutan memberikan kesempatan Anda untuk menyaksikan beragam fauna liar. Kami beruntung bisa melihat biawak laut yang merupakan endemik pulau Sabang. Binatang ini tampak berjemur di pinggir sebuah kolam ikan milik penduduk sekitar. Kami sempat juga menjumpai jejak kaki hewan liar. Melihat bekasnya, mirip jejak babi hutan. Hal ini terlihat dari jumlah kukunya yang mencapai 3 buah. Kadal kayu yang berwarna coklat sempat pula kami lihat di beberapa lokasi. Sayangnya kami datang tidak di bulan Juni hingga Agustus. Pada masa itu, sepanjang jalur air terjun akan didominasi dengan kupu-kupu yang baru keluar dari kepompong. ( https://sites.google.com/site/wisataairterjun/nanggaro-aceh-darussalam/air-terjun-pria-laot)


  Itu Hanya sebagian Kecil  Yang saya Paparkan disini,Masih banyak sekali objek wisata di Sabang yang tidak cukup bahasa untuk saya tulis,tentunya Objek wisata Yang Membuat Anda terpesona Saat Melihatnya Langsung,Anda juga bisa mencari informasi mengenai objek wisata Sabang di Search angine google,dan situs lainnya,Pasti Banyak Sekali Artikel Yang Memapaparkan tentang Objek Wisata Sabang.........

Ayooooo !!!!!!
Ke Pulau Sabang !!!!!

To Have a great  experience

   Di Sabang bukan hanya tempat Untuk menikmati Alam Bawah Lautnya, Tetapi Di Sabang juga tersedia kuliner-kuliner Khas Ala Sabang Yang Rasanya sangat Lezatttt .
BERLIBURLAH KE SABANG !!!!!!

Untuk Informasi Tentang Wisata di Aceh Kunjungi di   http://disbudpar.acehprov.go.id/


Pariwisata Aceh

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel