-->

Linux Vs Windows, Mana Yang Menurutmu Lebih Baik?

Mayoritas pengguna komputer saat ini menggunakan sistem operasi Windows, tetapi ada juga sebagian yang menggunakan Linux. Kadang sebagian pengguna sering bertanya manakah sistem operasi yang lebih baik diantara keduanya? Simak artikel berikut ini

Linux VS Windows

Linux

Linux seringkali dikatakan sebagai sistem operasi para master komputer. Bagaimana tidak, mayoritas pengguna linux adalah mereka yang sudah paham betul seluk beluk dari komputer. Mulai dari programer hingga System Administrator, semua kebanyakan menggunakan sistem operasi linux. Linux sendiri sering kali dipilih karena beberapa alasan diantaranya :

1. Stabil

Salah satu alasan terkuat banyak orang memilih menggunakan linux adalah systemnya yang stabil. Linux didesain untuk mengutamakan performa ketimbang tampilan, jadi dengan menggunakan linux jarang terjadi system crash ataupun blue screen. Penulis sendiri pernah menggunakan linux sebagai sistem operasi untuk server jaringan, dan hasilnya sangat memuaskan.

2. Aman Dari Ancaman Virus

Linux tidak menjalankan file dengan ekstensi *.exe, jadi tidak mungkin virus dapat masuk ke sistem operasi linux. Bahkan tanpa anti virus pun linux akan tetap aman. Ini menjadi salah satu solusi bagi teman-teman yang sudah bosan menghadapi virus di sistem operasi windows

3. Gratis

Linux merupakan sistem operasi open source, jadi linux dapat digunakan dengan gratis tanpa membayar. Bagi teman-teman yang menginginkan sistem operasi gratis dan tidak bajakan pastinya, sistem operasi linux adalah jawabanya.

4. Bebas Dikembangkan

Dengan lisensi open source linux bebas dikembangkan oleh siapapun. Ini juga menjadi alasan bagi para pengguna yang penasaran dengan seluk beluk sistem operasi. Dengan lisensi open source kita dapat mengetahui isi dari sebuah sistem operasi.

Windows

Bukan karena linux menjadi pilihan pengguna yang sudah mahir, yang menggunakan windows adalah pemula. Anggapan itu salah, memang sering kita lihat banyak pemula yang menggunakan windows, jarang pemula yang langsung menggunakan linux. Ini karena cara pengoperasian linux yang cukup rumit dan kurang user friendly dengan pemula. Ada beberapa alasan yang membuat seseorang memilih untuk menggunaakan windows, diantaranya :

1. User Friendly

Alasan terkuat windows banyak digunakan adalah tampilanya yang User Friendly. Windows memang sengaja didesain dengan tampilan sedemikian rupa agar pengguna dapat dengan mudah untuk menggunakanya. Windows memang ditujukan untuk semua kalangan, mulai dari yang masih belajar hingga yang sudah mahir.

2. Mudah Digunakan

Selain tampilanya yang User Frienly, windows juga mudah digunakan. Perintah-perintah yang ada dapat dipahami oleh pengguna, bahkan untuk pengguna yang masih dalam tahap belajar.

3. Dukungan Software Yang Banyak

Windows adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan, jadi secara otomatis akan banyak pula developer yang membuat aplikasi yang dapat berjalan di sistem operasi windows. Bahkan dari pihak Microsoft sendiri juga sudah menyediakan beragam aplikasi yang lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.

4. Mudah Melakukan Perawatan

Ketika mengalami kerusakan, sistem operasi windows mudah diperbaiki. Pesan error yang muncul dapat dipahami. Jika sudah cukup parah pun, ketika dibawa ke teknisi, sudah pasti teknisi itu dapat memperbaikinya.

Itulah tadi sedikit gambaran tentang Linux dan Windows, untuk menjawab mana yang lebih baik itu tergantung selera dari teman-teman. Pagi penggemar Windows sudah pasti mengatakan Windows yang nomor satu. Tapi untuk para penggila Linux sudah pasti mengatakan linux yang paling sempurna. Nah menurut teman-teman mana yang lebih baik?


Baca Juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel