-->

Apa Itu Desain Grafis? Apa Saja Aplikasi Yang Dibutuhkan Untuk Mempelajarinya?

Dalam dunia yang sudah sangat maju ini, seni tidak hanya dituangkan dalam coretan kertas menggunakan pena atau alat lukis lainya. Seni juga dapat diterapkan di komputer, ada satu bidang yang mendalami tentang pembuatan seni didalam komputer yaitu desain grafis.Penulis sendiri sebenarnya bukan orang yang handal didunia desain, tapi cukup tertarik untuk mempelajari tentang desain grafis. Sebenarnya apa itu Desain Grafis?

Apa Itu Desain Grafis

Desain grafis berasal dari dua kata yaitu "Desain" dan "Grafis". Desain dapat diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai macam pencapaian kreatif lainya. Sedangkan Grafis adalah segala bentuk pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf dan gambar untuk disampaikan ke khalayak. Dari dua penjabaran diatas, Desain Grafis dapat diartikan sebagai bentuk komunikasi visual yang menggunakan huruf dan gambar untuk menyampaikan informasi ke masyarakat seefektif mungkin.

Aplikasi Untuk Desain Grafis

Sebenarnya ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk desain grafis, dari yang paling sederhana seperti Paint, hingga yang professional seperti Photoshop dan Corel Draw. Nah, penulis akan memberikan beberapa aplikasi yang biasa digunakan untuk belajar desain grafis. Berikut aplikasinya

1. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop adalah aplikasi yang sangat populer didunia Desain Grafis. Sesuai dengan namanya, Photoshop sangat Powerfull untuk mengedit foto atau gambar. Tidak hanya untuk mengedit, photoshop juga sangat mendukung untuk membuat desain dari nol, dari yang mulanya kertas kosong hingga menjadi sebuah karya yang menarik. Penulis sendiri sangat suka menggunakan aplikasi ini, karena penggunaanya yang mudah.

2. Corel Draw

Corel Draw lebih dikhususkan untuk membuat desain dengan resolusi tinggi. Corel draw banyak digunakan untuk membuat gambar-gambar dengan ukuran besar, seperti Spanduk. Berbeda dengan Photoshop, aplikasi ini banyak digunakan untuk membuat desain dari kertas kosong. Penulis sendiri sering menggunakan aplikasi ini untuk membuat Desain undangan.

3. Inkscape

Inkscape adalah aplikasi desain grafis open source. Inkscape banyak digunakan di aplikasi linux, sebagai pengganti Adobe Photoshop dan Corel Draw. Meskipun open source, Inkscape memiliki fitur yang tidak kalah menarik dibandingkan Photoshop dan Corel Draw.

Itulah tadi sedikit pembahasan tentang desain grafis. Semoga bermanfaat.


Baca Juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel