-->

Pengertian Sistem Operasi Komputer Dan Macam-Macam Sistem Operasi Komputer

Sistem Operasi Komputer
Sistem operasi adalah komponen penting dari komputer. Sistem operasi menjadi wadah dari software aplikasi yang ada didalamnya. Kita sudah sering menggunakan sistem operasi pada komputer, tapi apakah teman-teman tau apa itu sistem operasi?

Pengertian Sistem Operasi

Sistem operasi adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi sebagai kendali utama hardware dan juga software aplikasi yang ada didalamnya, seperti aplikasi pengolah kata, aplikasi musik dan aplikasi pemutar video. Sistem operasi dapat diibaratkan sebagai rumah dari aplikasi. Jika sistem operasi adalah rumah, maka aplikasi adalah barang barang pelengkap yang membuat rumah tersebut semakin berguna.
Sistem operasi berfungsi untuk menjalankan tugas-tugas penting dalam komputer serta membagi penggunaan sumber daya hardware untuk aplikasi yang sedang berjalan seperti mengatur penggunaan ram dan processor dari aplikasi yang sedang berjalan.

Saat ini ada begitu banyak sistem operasi yang dapat digunakan. Akan tetapi secara garis besar dapat dibagi menjadi beberapa macam. Berikut macam macam sistem operasi komputer

Macam-Macam Sistem Operasi Komputer

1. Unix

Unix merupakan salah satu sistem operasi tertua. Unix adalah sistem operasi yang berbasis text, setiap perintah dilakukan dan dikerjakan dengan mengetikan perintah pada computer. Tidak ada tampilan grafis pada unix sehingga mouse tidak diperlukan ketika menggunakan sistem operasi ini.

2. MS-DOS

MS-DOS adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Bill Gates dan Paul Allen, hampir sama dengan unix, sistem operasi ini juga berbasis teks. Jadi untuk melakukan pekerjaan kita harus menggunakan perintah berupa tulisan.

3. Windows

Windows adalah sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interfaces) atau sistem operasi berbasis grafis. Windows adalah sistem operasi terpopuler didunia. Windows banyak digunakan karena kemudahanya, baik oleh pemula maupun untuk pengguna tingkat lanjut. Selain memiliki tampilan grafis paling menarik dari sistem operasi lainya, windows juga memiliki performa yang sangat stabil. Sistem operasi ini sengaja dibuat sedemikian rupa untuk memberikan kemudahan kepada penggunanya.

4. Mac OS

Mac OS atau Machintos Operating System adalah sistem operasi buatan Apple Computer. Saat awal kemunculanya, sistem operasi ini dianggap sebagai yang terbaik, akan tetapi seiring dengan berjalanya waktu sistem operasi ini kalah bersaing dengan Windows. Saat ini sistem operasi Mac OS identik dengan kaum elite karena harga perangkatnya yang cukup mahal dan memang memiliki kualitas yang cukup baik. Mac OS juga merupakan sistem operasi berbasis GUI.

5. Linux

Linux adalah sistem operasi Open Source, linux adalah sistem operasi gratis yang bebas dikembangkan oleh siapapun. Karena semua orang diperbolehkan mengembangkan linux, saat ini sudah tidak terhitung berapa banyak jumlah sistem operasi linux didunia ini. Akan tetapi dari semua sistem operasi linux yang ada semuanya dapat digolongkan dalam beberapa Distro. Linux banyak digunakan oleh pengguna tingkat lanjut / mahir yang menginginkan sistem operasi dengan pertahanan yang kuat dan dukungan aplikasi yang sesui dengan kebutuhan.

Itulah pembahasan penulis tentang Sistem Operasi Komputer. Semoga bermanfaat.


Baca Juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel