-->

Jenis-Jenis File System Serta Kelebihan Dan Kekuranganya

File System adalah sebuah metode yang mengatur akses data yang ada pada harddisk. Saat ini ada banyak jenis file system yang dapat digunakan, seperti FAT, NTFS, EXT dan sebagainya. Pada artikel kali ini, penulis akan membahas jenis-jenis file system yang sering digunakan.

Jenis-Jenis File System Serta Kelebihan Dan Kekuranganya

1. FAT 16

FAT (File Allocation Table), file system ini awalnya dikenalkan pada tahun 1981 oleh MS-DOS. Pada awalnya, file system ini digunakan untuk digunakan pada floppy disk, akan tetapi setelah mengalami beberapa perubahan, file system ini dapat juga digunakan pada harddisk. FAT 16 memiliki alokasi sampai 16 bit.

Kelebihan :

Dapat digunakan dengan baik pada semua sistem operasi seperti Window, Unix hingga Linux

Kekurangan :

Tidak mengukung kompresi, enkripsi dan kontrol akses pada partisi.

2. FAT 32

FAT 32 merupakan pengembangan dari FAT 16. FAT 32 memiliki alokasi yang lebih banyak yaitu sekitar 32 bit. File system ini pertama kali diperkenalkan pada Windows 95

Kelebihan :

Dapat menampung jumlah clutser yang lebih besar dalam partisi, selain itu juga ada beberapa perbaikan dari versi file system sebelumnya.

Kekurangan :

Tidak mendukung untuk digunakan pada semua sistem operasi, hanya beberapa sistem operasi yang dapat menggunakan file system ini. Selain itu, file system ini juga tidak dapat menampung single file yang memiliki ukuran hingga 4 gb.

3. NTFS

NTFS atau New Technology File System adalah sebuah file system yang digunakan pada Windows NT. Saat ini NTFS merupakan file system yang paling banyak digunakan karena memiliki banyak kelebihan, terutama dalam hal kecepatan dalam pengiriman file.

Kelebihan :

Memiliki security yang cukup baik, mendukung kompresi bahkan enkripsi data. NTFS merupakan file system yang direkomendasikan untuk sistem operasi Windows.

Kekurangan :

Kekuranganya dari file system ini adalah kompabilitasnya. Hanya sistem operasi Microsoft yang dapat melakukan akses read-write pada file system ini.

4. EXT 2

EXT 2 atau 2nd Extended File System adalah file system utama yang digunakan pada sistem operasi linux. File system ini juga adalah file system linux yang tertua yang menjadi dasar dari semua distro linux.

Kelebihan :

Mendukung File System Linux, dan juga mendukung kompresi file

Kekurangan :

Ketika komputer dimatikan mendadak, perlu waktu yang cukup lama untuk melakukan recovery

5. EXT 3

Adalah Pengembangan dari file sysem sebelumnya

Kelebihan :

Mudah melakukan migrasi dari EXT 2 ke EXT 3 tanpa melakukan format.

Kekurangan :

Karena dibuat untuk kompatible dengan EXT 2 maka kekurangan yang ada pada EXT 3 tidak jauh berbeda dengan file system sebelumnya.

6. EXT 4

EXT 4 adalah pengembangan terakhir dari file system EXT. File system ini adalah yang paling banyak digunakan terutama pada sistem operasi linux. 

Kelebihan :

File system ini memiliki kecepatan dalam membaca dan menulis file dengan ukuran besar.

Kekurangan :

Potensi kehilangan data cukup besar, karena adanya penundaan alokasi.

Itulah 6 Jenis File System yang biasa digunakan. Semoga bermanfaat.


Baca Juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel