-->

Apa Perbedaan Antara Internet, Intranet Dan Ekstranet?

Jaringan Internet
Jaringan Internet
Bicara soal komputer akan sangat sulit jika tidak membicarakan tentang internet. Internet merupakan salah satu teknologi yang sangat penting dalam perkembangan dunia komputer. Tidak hanya itu bahkan saat ini internet sudah merambah ke banyak sektor termasuk sektor ekonomi. Dalam penerapanya untuk terhubung dengan internet dibuatlah sebuah jaringan yang mampu menangani koneksi untuk seluruh  perusahaan tersebut. Dalam hal ini munculah istilah intranet dan ekstranet. Mungkin teman-teman bertanya apa itu intranet dan ekstranet? apakah keduanya adalah bagian dari internet atau mungkin jenis lain dari internet?
Baiklah, pada artikel ini penulis akan mencoba menjawab pertanyaan diatas melalui artikel ini.

Apa Itu Internet?

Internet adalah singkatan dari Interconnection Networking. Internet adalah sebuah jaringan yang menghubungkan seluruh perangkat komputer yang ada didunia dengan menggunakan sebuah protokol atau aturan yang bernama TCP / IP (Transfer Control Protocol / Internet Protocol). Agar komputer dapat terhubung dengan internet, komputer harus terhubung terlebih dahulu dengan penyedia layanan internet atau ISP (Internet Service Provider). ISP itulah yang akan menjembatani kita untuk terhubung dengan jaringan internet. Di Indonesia sendiri ada banyak ISP seperti Telkom, Nusanet dan masih banyak lagi.

Apa Itu Intranet?

Intranet adalah singkatan dari Internal Network. Sesuai dengan namanya, jaringan intranet merupakan sebuah jaringan yang dibuat khusus untuk lingkungan tertentu. Hampir sama dengan internet, intranet juga menghubungkan perangkat-perangkat yang ada didalamnya, bahkan juga menyediakan layanan yang sama dengan internet. Hanya saja jangkauan intranet jauh lebih kecil dibandingkan dengan internet. Jika internet menghubungkan seluruh dunia, intranet hanya menghubungkan dalam sebuah lingkungan perusahaan. Biasanya jaringan intranet ini tidak bisa diakses dari luar jaringan tersebut.

Apa Itu Ekstranet?

Ekstranet adalah sebuah jaringan intranet yang diperluas ke area internet, sehingga jaringan tersebut dapat diakses oleh umum. Akan tetapi, sekalipun dapat diakses oleh masyarakat umum, perusahaan juga membatasi akses data-data yang ada di intranet, sehingga data yang ada di intranet tetap tidak dapat diakses oleh masyarakat umum.

Dari pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa internet merupakan jaringan global yang dapat diakses seluruh dunia, sedangkan intranet adalah jaringan khusus yang hanya dapat diakses dari lingkungan tertentu, dan ekstranet merupakan jaringan intranet yang dapat diperluas agar bisa diakses oleh umum.

Demikianlah pembahasan tentang Perbedaan Internet, Intranet dan Ekstranet. Semoga Bermanfaat.


Baca Juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel