-->

3 Situs Belajar Pemrograman Web Gratis Yang Bakal Membuatmu Handal

Perkembangan internet membawa dampak positif dan negatif bagi kehidupan manusia. Untuk saat ini kita tidak akan membahas tentang dampak negatif yang ditimbulkan oleh internet. Kita akan membahas tentang salah satu dampak positif dari internet, yaitu mempermudah kita dalam belajar. Diinternet ada banyak situs yang menyediakan informasi tentang pembelajaran, khususnya tentang komputer dan pemrograman seperti tutorialkomputerlengkap.com. Bagi yang suka pemrograman ada situs-situs yang dapat menjadi media pembelajaran untuk belajar pemrograman secara otodidak.

Nah dari banyak situs tersebut, penulis memiliki rekomendasi untuk teman-teman yang akan belajar pemrograman khususnya pemrograman web untuk belajar dari situs berikut ini :

3 Situs Belajar Bahasa Pemrograman Yang Wajib Dikunjungi

1. Codecademy

Codecademy

Codecademy adalah situs untuk belajar website yang sangat menarik. Disamping tampilanya yang sangat interaktif, situs ini juga memiliki sistem seperti game RPG. Jadi kita akan memiliki level, dan level itu akan meningkat seiring dengan meningkatnya kemampuan kita. Kita akan disuguhkan materi untuk dipelajari, setelah selesai mempelajari materi kita akan dihadapkan pada ujian yang akan menaikan level kita. Tidak hanya itu, situs tersebut juga dapat mengoreksi kode yang kita tuliskan, apabila kita tidak menuliskan kode sesuai dengan yang diperintahkan, maka situs akan menunjukan jika terjadi kesalahan pada program yang ditulis.
Pada level awal, kita akan diajarkan tentang elemen-elemen website, kemudian pada level selanjutnya kita akan mulai mempelajari tentang dasar-dasar pemrograman web, kemudian berlanjut lagi hingga tahap akhir. Jika mengikuti dengan seksama, setelah lulus dari level akhir kita akan bisa membuat sebuah halaman website yang menarik.
Bahasa pemrograman yang diajarkan di situs ini diantaranya adalah HTML, HTML5, CSS, JavaScritp, JQuery, PHP, Ruby, Phyton. Dengan banyaknya bahasa pemrograman yang didukung, serta kemudahanya, penulis menempatkan Codecademy di urutan pertama dalam daftar ini. Bagi teman-teman yang ingin langsung mencoba silahkan langsung kunjungi situs Codecademy.

2. W3Schools

W3Schools
W3Schools merupakan daftar situs lainya yang wajib dikunjungi oleh para calon web programer. Situs ini menyediakan materi bahasa pemrograman yang cukup lengkap, diantaranya HTML, HTML5, CSS, JavaScritp, JQuery, PHP, SQL, ADO, XML, ASP, ASP.Net dan Ajax. Selain menyediakan materi pemrograman yang sangat lengkap, situs ini juga memiliki tampilan yang sangat interaktif, hampir sama dengan Codecademy, bahkan hasil dari kode program yang ditulis dapat langsung ditampilkan sehingga kita dapat mengetahui kesalahan yang terjadi. Situs ini juga memiliki dukungan yang sangat baik seperti forum tanya jawab. Bagi teman-teman yang ingin mencoba bisa mengunjugi situs W3Schools.

3. CodeSchool

CodeSchool
Hampir sama dengan situs Codecademy, memiliki tampilan yang interaktif. Sistem pembelajaran di CodeSchool juga mirip dengan Codecademy, hanya saja dukungan bahasa pemrograman yang disediakan lebih sedikit. Bahasa pemrograman yang disediakan antara lain HTML, CSS, Ruby JavaScript dan Objective C. Bagi yang ingin mencoba silahkan kunjungi langsung CodeSchool.

Itulah 3 situs Belajar Pemrograman Web yang penulis rekomendasikan. Apabila dipelajari dengan baik, dijamin setelah menyelesaikan materi teman-teman dapat menjadi web programer yang hebat. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat.


Baca Juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel