-->

Kelebihan dan Kekurangan PT (Perseroan Terbatas)

Kelebihan dan Kekurangan PT (Perseroan Terbatas) - Perseroan terbatas (PT) adalah badan hukum yang merupakan persekutuan modal,didirikan berdasarkan perjanjian,melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas serta peraturan pelaksanaanya.

Perseroan Terbatas memiliki kelebihan,antara lain sebagai berikut.

  • Modal mudah diperoleh karena saham mudah diperjualbelikan
  • Kelangsungan usaha lebih terjamin karena pengelola perusahaan dipilih dari kalangan profesional
  • Dapat dicapai efisiensi dalam pimpinan perusahaan karena menempatkan orang yang tepat
  • Terjadi pemisahan antara pemilik dan pengelola usaha sehingga terlihat tugas pokok dan fungsi masing-masing
  • Pemilik perusahaan mempunyai tanggung jawab terbatas
  • Pemilik perusahaan mudah berganti tanpa membubarkan perusahaan
  • Kemudahan memperoleh tambahan modal,yaitu dengna cara menjual obligasi dan memperoleh pinjaman dari lembaga keuangan
  • Manajemen dan spesialisasi memngkinkan pengelolaan modal secara efisien sehingga dapat melakukan perluasan usaha (ekspansi)
Perseoran Terbatas juga memiliki Kekurangan/Kelemahan,antara lain sebagai berikut.
  • Biaya organisasi besar dan pengorganisasian lebih rumit
  • Biaya pembentukan badan usaha relatif besar
  • Cara pendirian lebih sulit dan agak berbelit,sebab memerlukan akta notaris dan izin khusus untuk usaha tertentu
  • PT merupakan subyek pajak tersendiri sehingga harus membuat laporan pajak kepada pemerintah
  • Rahasia perusahaan kurang terjaga karena segala aktivitas perusahaan harus dilaporkan kepada pemegang saham
  • Jumlah laba yang dibagikan sebagai dividen jumlahnya kecil karena harus dipotong pajak,baik pajak perusahaan maupun pajak penghasilan
  • Bidang usaha perusahana sulit diubah karena selain harus mengubah akta pendirian juga sulit mengubah investasi yang telah dilakukan
  • Hubungan antarpersonal cenderung formal


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel