Proposal Gedung dan Buku Perpustakaan
Tuesday, 16 January 2018
Edit
Download Proposal Gedung dan Buku Perpustakaan | Kurikulumpedia
Hallo sahat kurikulumpedia, kali ini saya share contoh proposal pengadaan Gedung Perpustakaan dan Buku. semoga dapat sedikit membantu dalam proses pengajuan kedinas instansi terkait yang sedang mengadakan bantuan kepada sekolah baik itu SD/SMP/SMA Sederajat. Baiklah Berikut ini contoh nya :
NB: Proposal ini juga dapat anda download pada link berikut ini:Proposal Pengadaan Perpustakaan dan Buku.doc
|
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 GEDUNG AJI
Email. NPSN
: 10809287 NSS : 302120502002
SURAT PENGANTAR
Nomor : 422/
/II.5- SMAN1GDAJI/TB/I/2018
Kepada Yth.
Direktur Pembinaan SMA
u.p.Kasubdit Sarana dan Prasarana
Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah
Kementrian Pendidikan Nasional
Gedung B Lantai 3 Kompleks Kementrian Pendidikan Nasional
Jl.RS. Fatmawati Cipete
Jakarta Selatan.12410
NO
|
ISI
|
LAMPIRAN
|
KETERANGAN
|
1
|
Pengiriman
Proposal Pengadaan Ruang dan Buku Perpustakaan SMA
Negeri 1 gedung Aji Tahun Pelajaran 2017/ 2018
|
1 berkas
|
Disampaikan
dengan hormat agar dapat dikabulakan.
Atas perhatian
Bapak kami ucapkan terima kasaih.
|
Gedung Aji, Januari 2018
Komite
Sekolah Kepala sekolah
…. Sukeri, S.Pd
NIP. 19710403 200604 1 008
Mengetahui,
a.n. Kepala Dinas Pendidikan dan
Kebudayaan Prov. Lampung
Kepala Bidang Pembinaan SMA
DIONA KATHARINA, S.Sos.,M.Pd.
Pembina
NIP. 197110201991032004
PEMERINTAH PROVINSI LAMPUNG
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 GEDUNG AJI
Email. NPSN
: 10809287 NSS : 302120502002
Nomor : 422/ /II.5-SMAN1GDAJI/TB/I/2018
Lampiran : 1 (satu) Eksemplar
Perihal :
Proposal Pengadaan Ruang dan Buku Perpustakaan
Kepada Yth.
Direktur Pembinaan SMA
u.p.Kasubdit Sarana dan Prasarana
Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah
Kementrian Pendidikan Nasional
Gedung B Lantai 3 Kompleks Kementrian Pendidikan Nasional
Jl.RS. Fatmawati Cipete
Jakarta Selatan.12410
Dengan Hormat,
Salah satu upaya memberikan pelayanan yang bermutu
perlu didukung oleh ketersediaan sarana dan prasarana yang representatif
terutama yang menyangkut kelengkapan sarana penunjang kegiatan pembelajaran berupa
Ruang dan Buku Perpustakaan. Untuk itu bantuan menjadi sangat penting dan kami harapkan. Sehingga tujuan
sekolah untuk menciptakan pelayanan yang
prima dapat segera terwujud.
Demikian permohonan
ini dibuat, mengingat pentingnya
pengadaan sarana tersebut, besar harapan kami untuk dapat dikabulkan. Atas perhatian dan bantuannya kami ucapkan
terima kasih.
Menggala, Januari 2018
Kepala
SMAN 1
Gedung Aji
Sukeri, S.Pd.
NIP 19710403 200604 1 008
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 GEDUNG AJI
Email. NPSN
: 10809287 NSS : 302120502002
LEMBAR PENGESAHAN
PROPOSAL
PENGADAAN
RUANG DAN BUKU PERPUSTAKAAN
Gedung Aji, Januari 2018
Komite
Sekolah Kepala sekolah
…..................... Sukeri,
S.Pd
NIP. 19710403 200604 1 008
Mengetahui,
a.n. Kepala Dinas Pendidikan dan
Kebudayaan Prov. Lampung
Kepala Bidang Pembinaan SMA
DIONA KATHARINA, S.Sos.,M.Pd.
Pembina
NIP. 197110201991032004
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan syukur kepada Allah SWT, atas
rahmat dan karuni-Nya, Tim Penyusun Proposal Pengadaan Ruang dan Buku Perpustakaan
SMA Negeri 1 Gedung Aji Tulang Bawang telah menyelesaikanpenyusunan
proposal tersebut.
Proposal ini berisi latar belakang, dasar, maksud dan
tujuan, saran, hasil yang diharapkan, profil sekolah serta lampiran-lampiran
yang berkaitan dengan Rencana Pengadaan Ruang dan Buku Perpustakaandi SMA
Negeri 1 Gedung Aji.
Proposal ini kami buat dengan segala keterbatasan yang
ada sehingga masih banyak kekurangan.Besar harapan kami dapat diterima dan dipertimbangkan untuk dikabulkan.
D. VISI MISI SMA NEGERI 1 GEDUNG AJI
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Pendidikan bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan
manusia Indonesia seutuhnya, yaitu
manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti
luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani,
kepribadian yang mantap dan mandiri serta tanggung jawab kemasyarakatan dan
kebangsaan. Oleh karna itu pendidikan berfungsi mengembangkan kemampuan serta
meningkatkan mutu pendidikan dan martabat manusia Indonesia dalam rangka mewujudkan
tujuan nasional.
Seiring dengan arah dan tujuan pendidikan sebagai mana dirumuskan
dalam GBHN yang antara lain untuk mengembangkan kualitas sumberdaya manusia
yang terarah, terpadu dan menyeluruh, maka diperlukan upaya peningkatan mutu
pendidikan disegala jenjang pendidikan, untuk selanjutnya berkaitan dengan
upaya tersebut, sekolah perlu merumuskan satu program yang dapat mewujudkan
peningkatan mutu tersebut.
SMA Negeri 1 Gedung Aji sebagai salah satu lembaga yang warganya merupakan masyarakat mini
(mini society) mengemban amanat serta tugas pendidikan sebagai pelayanan dari
peserta didik (klien) yang datang kesekolah untuk mendapatkan pelayanan secara
optimal oleh komponen tenaga kependidikan di sekolah yang terdiri dari tenaga
kependidikan lainnya yang profesional dan terus menerus berinovasi untuk
pengembangan serta kemajuan sekolah.
Konsep sekolah seperti diatas akan menuju kepada sekolah yang efektif,
yaitu sekolah memiliki profil yang kuat, mandiri inovatif dan beriklim kondusif
bagi warganya untuk mengembangkan sikap kritis, kreativitas, dan motivasi
dengan mengikutsertakan orang tua dan masyarakat untuk berpartisipasi secara
aktif.
Untuk mewujudkan sekolah yang bermutu dan efektif diperlukan upaya
sadar dan sistematis oleh semua pihak yang berkepentingan terhadap sekolah
(school stake holders), yang memiliki komitmen yang kuat untuk mewujudkannya.
Upaya sadar yang diperlukan meliputi:
1.
Meningkatkan
mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif sekolah dalam mengelola dan
memperdayakan sumber daya yang tersedia.
2.
Meningkatkan
kepedulian warga sekolah masyarakat dalam menyelenggarakan pendidikan melalui
pengambilan keputusan bersama.
3.
Meningkatkan
tanggungjawab sekolah terhadap orang tua, masyarakat dan pemerintah tentang
mutu sekolah.
4.
Meningkatkan
kompetisi yang sehat antar sekolah tentang mutu pendidikan yang akan dicapai.
Untuk merespon kondisi pendidikan dewasa ini,
diperlukan pembaharuan program sekolah yang mengarah kepada peningkatan
partisipasi berbagai pihak, sehingga sekolah baru seperti SMA Negaeri 1 Gedung
Aji yang sangat minim
fasilitas, sarana dan prasarana dapat menjadi sekolah yang tidak tertinggal
dengan sekolah-sekolah yang sederajat, dan apabila tidak diambil langkah maka
akan berdampak kesenjangan yang mencolok antara sekolah perintis dengan
sekolah-sekolah yang sudah lama berdidri.
Untuk mendukung program pelaksanaan pembangunan di
SMA Negeri 1 Gedung Aji membutuhkan sarana dan prasana. Mengingat
fasilitas yang dimiliki oleh SMA Negeri 1 Gedung Aji sangat serba
kekurangan, untuk itu kami mengajukan permohonan bantuan untuk melaksanakan Pengadaan Ruang dan Buku Perpustakaandi
SMA Negeri 1 Gedung Aji melalui proposal ini.
Proposal ini berisi latar belakang, dasar
pemikiran, maksud dan tujuan, sasaran, hasil yang diharapkan, profil sekolah,
program sekolah serta lampiran-lampiran .
Dengan pelaksanaan Pengadaan Ruang dan Buku Perpustakaandi
SMA Negeri 1 Gedung Aji diharapkan terjadi peningkatan mutu
pendidikan dan tahun ajaran yang akan datang SMA Negeri 1 Gedung Aji sudah dapat di wujudkan dan tercapai apa yang menjadi tujuan
pendidikan berbasis luas.
B.
Tujuan
- Meningkatkan
mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif sekolah dalam mengelola
dan memberdayakan sumberdaya yang tersedia.
- Meningkatkan
kepedulian warga sekolah dan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan
melalui pengambilan keputusan bersama.
- Meningkatkan
tanggung jawab sekolah kepada orang tua, masyarakat dan pemerintah tentang
mutu sekolah.
- Meningkatkan
kompetisi yang sehat antar sekoalah tentang mutu pendidikan.
- Meningkatkan
pengetahuan siswa dalam berbagai bidang.
C.
Sasaran
Pembinaan Olimpiade di SMA Negeri 1 Gedung Aji dengan sasaran antara lain:
- Menambah wawasan siswa dan guru
dalam ilmu pengetahuan.
- Meningkatkan
mutu/kualitas lulusan SMA Negeri 1 Gedung Aji.
- Memenuhi tuntutan kemajuan Iptek.
D.
Hasil Yang Diharapkan
- Peningkatan
manajemen sekolah dengan pelaksana KSPBK dan PBK.
- Peningkatan
kinerja tenaga kependidikan sesuai dengan kualifikasi setiap bidang studi
atau mata pembelajaran.
- Terciptanya proses pembelajaran
dan administrasi pembelajaran yang professional dan kondusif.
- Meningkatkan hasil evaluasi yang
signifikan setiap tahun pembelajaran dari tahun sebelumnya.
E.
Sistematika Proposal
Proposal ini disusun dengan sistematika sebagai berikut :
BAB. I. Pendahuluan
BAB. II. Profil Sekolah
BAB. III. Rencana Induk
Pengembangan Sekolah (RIPS)
BAB IV Program Pengadaan
Buku Pembelajaran dan Pengetahuan Umum
BAB. V. Penutup
Lampiran-lampiran
BAB II
PROFIL
SEKOLAH
A.
Latar Belakang
SMA Negeri 1 GEDUNG AJI, berlokasi
di jalan Kecubung Jaya Kecamatan Gedung Aji, Kabupaten Tulang Bawang, Propinsi
Lampung. Memiliki nomor statistik sekolah : 30.1.12.05.02.001
Berdasarkan
SK Bupati Tulang bawang No: B/185/II.04/HK/TB/2011 Tanggal 13 Juli 2011
Pada saat
Itu dipimpin oleh Jumadi, S.Pd. dan saat ini SMA Negeri 1 GEDUNG AJI di pimpin
oleh :
Sukeri,
S.Pd.
Upaya
peningkatan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 GEDUNG AJI telah dilakukan. Untuk
mencapai peningkatan mutu, disusun visi,
misi dan tujuan sekolah serta strategi peningkatan kualitas proses dan hasil
belajar.
Salah satu
upaya peningkatan mutu yang dimaksud adalah sebagai sekolah pelaksana terbatas
kurikulum KTSP tahun pelajaran 2006.
Dalam
pencapaian mutu diatas tidak terlepas dari pembiayaan. Untuk itu
warga sekolah terus mengupayakan terpenuhi anggaran yang diperlukan.
B. Pejabat SMA
1.
Kepala
SMA
1.1. Jumadi, S.Pd. : Priode 2011 - 2015
1.2. Drs. Bambang Suryadi, M.Pd.I. : Priode
2015 - 2017
1.3. Sukeri, S.Pd. : Priode 2017
- Sekarang
2.
Kepala Tata Usaha
2.1. Yeni Cahayati :
Periode 2011- 2014
2.2. Ida Fitriyanti : Periode 2014 - 2015
2.3. Masdri Siswo :
Periode 2015 – sekarang
C. IDENTITAS
1. Identitas SMA
1. Identitas SMA
a.
Nama Sekolah
: SMA Negeri 1 Gedung Aji
Alamat : Jl.
Kecubung Jaya Gedung Aji Kabupaten Tulang Bawang
No. HP : 081369089493
Kampung :
Kecubung Jaya
Kecamatan : Gedung Aji
Kabupaten/Kota : Tulang
Bawang
Provinsi : Lampung
NSS : 302120502002
NPSN
: 10809287
NIS : 300020
b.
Tahun Pendirian
: 2011
c.
Tahun penegerian : 2011
d.
No/Tgl SK : B/185/II.04/HK/TB/2011
e.
Kurikulum
: 2013
f.
Email : semansagedungaji@yahoo.co.id
g.
Waktu belajar : pagi 07.15
s.d. 14.15 WIB
h.
Akriditasi
: C
i.
Status tanah
: Sertifikat menjadi hak milik
PEMDA/Dinas Pendidikan
j.
Luas tanah
: 19780 m2
2.
Identitas
Kepala SMA
a.
Nama
:
Sukeri, S.Pd.
b.
Nip. : 19710403
200604 1 008
c.
Pendidikan terakhir : S-1
d.
Jurusan/Ijazah : Pendidikan Bahasa Indonesia
e.
Tempat, Tanggal Lahir :
Banjar Masin, 03 April 1971
f.
Alamat :
Kecubung Jaya
D. VISI MISI SMA NEGERI 1 GEDUNG AJI
1.
Visi Sekolah
UNGGUL DALAM PENGUASAAN ILMU PENGETAHUAN
DAN TEKNOLOGI (IPTEK) BERDASARKAN KEIMANAN DAN KETAKWAAN TERHADAP TUHAN YANG
MAHA ESA.
2.
Misi Sekolah
·
MENINGKATKAN KEIMANAN
DAN KETAKWAAN TERHADAP TUHAN YANG MAHA ESA.
·
MENINGKATKAN PRESTASI
AKADEMIK DAN NON AKADEMIK SISWA.
·
MENINGKATKAN PENERAPAN
ICT DALAM PEMBELAJARAN.
·
MENINGKATKAN MUTU
LULUSAN.
·
MENINGKATKAN DAYA SERAP
PENERIMAAN LULUSAN DI PERGURUAN TINGGI.
·
MENINGKATKAN DISIPLIN
WARGA SEKOLAH.
·
MEMBERIKAN LAYANAN
PRIMA KEPADA WARGA SEKOLAH DAN MASYARAKAT.
·
BEKERJA SAMA DENGAN
MASYARAKAT DALAM RANGKA MENINGKATKAN KEAMANAN, KETERTIBAN, DAN KEBERSIHAN.
E. KETENAGAAN
1.
Wakil Kepala
SMA NEGERI 1 GEDUNG AJI T.P 2017/2018
1.1.Waka Kurikulum : Romy Desmara Fendi, S.Pd.
1.2.Waka Kesiswaan : Novi Usna, S.Pd.
2.
Pembina T.P
2017/2018
2.1.Pembina OSIS : Fetri Bertha Diana,
S.Pd.
2.2.Pembina Pramuka : Novi Usna, S.Pd.
2.3.Pembina Seni : Masyeni, S.S
2.4.Pembina Olahraga : Sutikno,S.Pd
3.
Wali kelas T.P 2017/2018
3.1. Fetri Bertha Diana,S.Pd. Kelas X IPA
3.2. Maryatul Kiptiyah. S.Pd.I Kelas XI. IPS
3.3. Elia Hastuti,S.Pd Kelas XII. IPS
3.3. Hani
Suryaningrum, S.Pd Kelas XII.IPA
4.
Dewan Guru
T.P 2017/2018
4.1.
SUKERI, S.Pd
4.2.
NOVI USNA, S.Pd.
4.3.
FEBRI MARDIANSYA, S.Pd.
4.4.
ROMY DESMARA FENDI, S.Pd.
4.5.
KUSNADI, S.Mn.
4.6.
DEDI IRAWAN, S.Pd.
4.7.
SUTIKNO, S.Pd.
4.8.
USWAH FADILAH, S.Pd., M.Pd.I.
4.9.
ELIA HASTUTI, S.Pd.
4.10. NURDAYATI,
S.Pd.
4.11. DESI AMRINA
SARI, S.Pd.
4.12. MARYATUL
KIPTIYAH, S.Pd.I.
4.13. NURROHMA,
S.Pd.
4.14. AYI AMALIA,
S.Pd.I .
4.15. YANTI
AKSUSILAYANI, S.Pd.
4.16. SRI WAHYUNI,
S.E.
4.17. MASYENI, S.S.
4.18. HANI
SURYANINGRUM, S.Pd.
4.19. FETRI BERTHA
DIANA, S.Pd
4.20. YUNITA
SOPHIA, S.Pd.
4.21. ROMYATI,
M.Pd.I
5.
Staf Tata
Usaha T.P 2017/2018
5.1.MASDRI SISWO, S. Pd.I K.TU
5.2.IDA FITRIYANI, S.Pd. Staff TU
5.3.AHMAD SUPRIYADI Penjaga Sekolah
6.
Kepala Labor
dan Perpustakaan T.P 2017/2018
6.1.IDA FITRIYANI, S.Pd. Kep. Perpustakaan
6.2. ROMY DESMARA FENDI, S.Pd. Kep. Lab. Fisika
6.3. FETRI BERTHA DIANA, S.Pd. Kep. Lab. Kimia & Biologi
Keadaan Guru dan Tata Usaha berdasarkan Jenjang Pendidikan T.P 2017/2018
No
|
Guru/TU
|
Jenjang Pendidikan
|
|||||
SD
|
SMP
|
SMA
|
D3
|
S1
|
S2
|
||
1
|
Guru Tetap
|
-
|
-
|
-
|
-
|
3
|
-
|
2
|
Guru Tidak
Tetap
|
-
|
-
|
-
|
-
|
16
|
2
|
3
|
Staff TU
Tetap
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
4
|
Staff TU
Tidak Tetap
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2
|
-
|
5
|
Staff
Perpustakaan
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
6
|
Satpam
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
7
|
Kbrsihn
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
8
|
Penjsek
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Jumlah
|
-
|
1
|
-
|
21
|
2
|
F.
Jumlah Siswa
No
|
Kelas
|
Tahun
|
|||||
1
|
X IPA
|
XI IPA
|
XI IPS
|
XII IPA
|
XII IPS
|
||
2
|
41
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2011/2012
|
|
3
|
19
|
41
|
-
|
-
|
-
|
2012/2013
|
|
4
|
23
|
18
|
-
|
19
|
22
|
2013/2014
|
|
5
|
21
|
21
|
-
|
17
|
21
|
2014/2015
|
|
6
|
35
|
28
|
-
|
23
|
-
|
2017/2018
|
|
7
|
15
|
16
|
17
|
18
|
-
|
2016-2017
|
|
8
|
24
|
-
|
11
|
15
|
15
|
2017-2018
|
G.
Kelulusan
Tahun
Pelajaran
|
Jumlah
Peserta UN
|
Prosentase
Kelulusan
|
||
Peserta
|
Lulus
|
Tdk.Lulus
|
||
2013/2014
|
41
|
41
|
-
|
100 %
|
2014/2015
|
38
|
38
|
-
|
100 %
|
2015/2016
|
23
|
23
|
-
|
100 %
|
2016/2017
|
17
|
17
|
-
|
100 %
|
H.
Bangunan
No
|
Nama Prasarana
|
Panjang
|
Lebar
|
Persentase Tingkat
Kerusakan (%) |
Keterangan
|
|
1
|
Kamar Mandi Siswa
Laki laki
|
3
|
2
|
32,65
|
Rusak Sedang
|
|
2
|
Kamar Mandi Siswa
Perempuan
|
3
|
2
|
32,65
|
Rusak Sedang
|
|
3
|
KANTOR
|
18
|
8
|
6,14
|
Baik
|
|
4
|
PERPUS
|
10
|
8
|
4,75
|
Baik
|
|
5
|
X.IPA
|
8
|
6
|
31,62
|
Rusak Sedang
|
|
6
|
XI IPA
|
8
|
6
|
36,06
|
Rusak Sedang
|
|
7
|
XI IPS
|
8
|
6
|
39,48
|
Rusak Sedang
|
|
8
|
XII IPA
|
8
|
6
|
37,36
|
Rusak Sedang
|
|
9
|
XII IPS
|
8
|
6
|
32,15
|
Rusak Sedang
|
|
10
|
X.IPS
|
8
|
6
|
37,36
|
Rusak Sedang
|
STRUKTUR ORGANISASI
SMA NEGERI 1 GEDUNG AJI
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Keterangan:
: Garis Komando
: Garis Kordinasi
|
KEPALA SEKOLAH
SUKERI, S.Pd.
|
KETUA KOMITE
HANDRI YUSUF
|
KEPALA TU
MASDRI SISWO,
S. Pd
|
WAKA KURIKULUM
ROMY DESMRA
FENDI, S. Pd.
|
KEPALA PERPUSTAKAAN
IDA FTRIYANTI,
S.Pd.
|
GURU
|
BP/BK
|
WAKA KESISWAAN
NOVI USNA, S.
Pd.
|
SISWA
|
BENDAHARA
NURROHMA, S.
Pd
|
BAB
III
PROGRAM KERJA
RENCANA INDUK PENGEMBANGAN SEKOLAH
(RIPS)
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Gedung Aji
Provinsi : Lampung
Kabupaten : Tulang Bawang
3.
Visi Sekolah
Unggul dalam penguasaan ilmu pengetahuan
dan teknologi (iptek) berdasarkan keimanan dan ketakwaan terhadap tuhan yang
maha esa.
4.
Misi Sekolah
·
Meningkatkan keimanan
dan ketakwaan terhadap tuhan yang maha esa.
·
Meningkatkan prestasi
akademik dan non akademik siswa.
·
Meningkatkan penerapan
ict dalam pembelajaran.
·
Meningkatkan mutu
lulusan.
·
Meningkatkan daya serap
penerimaan lulusan di perguruan tinggi.
·
Meningkatkan disiplin
warga sekolah.
·
Memberikan layanan
prima kepada warga sekolah dan masyarakat.
·
Bekerja sama dengan
masyarakat dalam rangka meningkatkan keamanan, ketertiban, dan kebersihan.
2.Tujuan
Sekolah
a.Tujuan
jangka pendek (2018)
1.
Meningkatkan kegiatan pelaksanaan peringatan hari-hari
besar keAgamaan
2.
Meningkatkan system seleksi penerimaan sisiwa baru dari
jumlah NUAN rata-rata terendah 7,50 menjadi 8,00.
3.
Memiliki
nilai tambah di bandingkan dengan sekolah yang sejenis lainnya.
b.
Tujuan jangka menengah (2020)
1.
Meningkatkan partisipasi peserta didik untuk mengikuti event lomba dibidang
keagamaan tingkat kecamatan hingga kabupaten.
2. Meningatkan sistem seleksi penerimaan murid
baru dari jumlah NUAN rata-rata 7,50 menjadi 8,50.
3. Membekali
siswa dengan kemampuan ketrampilan akademik serta non akademik sehingga
a.
Prosentase melanjutkan kejenjang pendidikan tinggi mencapai 20% - 25%.
b. Prosentase diterima di dunia
kerja dengan penguasaan operasional komputer hingga 30%.
c. Tujuan
jangka panjang (2022)
1. Menumbuhkembangkan situasi lingkungan sekolah yang kondusif untuk
pembelajaran yang bernuansa keagamaan dan kekeluargaan.
2. Meningkatkan pembinaan terhadap siswa baik yang bersifat akademik
maupun non akademik sehingga jumlah lulusan memasuki jenjang pendidikan tinggi
dan memasuki dunia kerja meningkat.
3. Memiliki kelompok rohani (Islam, Katholik, Kristen, dan Hindu)
yang handal yang selalu aktif melaksanakan kegiatan di hari-hari besar
keagamaan dan memperoleh predikat juara dalam lomba tingkat kabupaten dan
propinsi.
4. Mengembangkan seleksi penerimaan siswa baru yang transparan dan
terpecaya dari terendah 7,50 menjadi 8,00.
5. Mengupayakan perluasan dan pengembangan sarana prasarana dengan
meningkatkan pemanfaatan ruang praktikum komputer, laboratorium IPA dan
perpustakaan.
6. Melibatkan orang tua siswa dan masyarakat untuk berperan serta
aktif dalam usaha mengembangkan pendidikan yang mengarah kepada kecakapan hidup
dengan sumbang saran, tenaga, dan dana.
7. Mengupayakan pengelolaan administrasi yang rapi, lengkap dan
terpercaya.
8. Membudayakan kedisiplinan terhadap seluruh warga sekolah dengan
ciri tepat waktu dan tingkat prestasi yang tinggi hingga 90%.
9. Meningkatkan kesejahteraan dan hubungan kekeluargaan antar warga
sekolah yang harmonis dan saling hormat menghormati.
3. Sarana/ Kebutuhan Sekolah
a. Aspek
Peningkatan Managemen Sekolah
1. Meningkatkan kemampuan tenaga kependidikan
melalui pelatihan.
2. Meningkatkan kualitas kinerjatenaga tata
laksana/ tata usaha.
3. Kelengkapan dan keteraturan arsip sekolah.
4. Kerjasama yang positif antar tenaga
kependidikan.
5. Menjalin kemitraan dengan lembaga, instansi,
dan masyarakat untuk kemajuan kependidikan.
b.
Aspek Pengembangan Kurikulum dan Sistem Pengujian
1. Menyusun silabus pembelajaran, mempersiapkan pelaksanaan KBK.
2. Meningkatkan kemampuan guru melalui MGMP serumpun.
3. Meningkatkan kegiatan praktikum menuju life skill.
4. Pengembangan perangkat dan instrumen evaluasi mata pelajaran.
c.
Aspek Pembinaan Kesiswaan
1. Peningkatan
kedisiplinan dan ketaqwaan.
2. Pembinaan
dan peningkatan prestasi olah raga.
3. Peningkatan tertib upacara bendera dengan membentuk tim paskibra
inti putra dan putri.
4. Membekali ketrampilan dan kemampuan
mengoperasikan media pendidikan/ komputer.
d. Aspek
Pengembangan Fasilitas/ Sarana Prasarana
1. Pembangunan/pemenuhansarana KBM dan
perkantoran.
2. Peningkatan
daya saing melalui pengadaan sarana berbasis ICT.
3. Pemagaran
komplek sekolah.
e. Aspek Lainnya
1. Mendukung pelaksanaan program pembelajaran
yang mengacu kepada pendidikan berbasis Budi Pekerti.
2. Mengikutsertakan peserta didik dalam setiap
kesempatan (event) melalui :
a. Lomba
MTQ dan bidang keagamaan lainnya.
b. Turnamen
berbagai bidang olah raga.
c. Lomba KIR, Karya Tulis dan Olimpiade.
d. Lomba
kesenian daerah dan nasional.
3. Meningkatkan kesejahtraan tenaga pendidikan.
4. Analisis SWOT
Kekuatan/
keunggulan sekolah (S = Strengh), Kalemahan / kekurangan sekolah (W=Weakness),
Peluang / kesempatan sekolah (O = Oppotuniti) dan
Ancaman terhadap sekolah (T = Threat).
No
|
Level
|
Kekuatan
|
Kelemahan
|
Peluang
|
ancaman
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1
|
Kelas
|
-Penjaringan Siswa baru melalui NUAN
- Kesadaransiswa
untuk hadir di Sekolah
- Jumlah siswa
setiap siswa sangat
memadai
- Dukungan moral dari
orang tua
cukup tinggi
|
- domosili siswa
jauh
sedangkan sarana
transportasi
sangat kurang
- motivasi belajar siswa rendah
- Minat melanjutkan
pendidikan
tinggi rendah
-
|
- Peningkatan
kedisiplinan
- Peningkatan
pelayanan
bimbingan karir
- Peningkatan
pengembangan
minat dan bakat
melalui kegiatan
ekstra kulikuler
|
- Pengaruhtindakan
indisipliner
- Pelanggaran
terhadap disiplin
dan tata tertib
- Kian berkurangnya
siswa yang
melanjutkan ke
jenjangpendidikan
tinggii
|
2
|
Profesi
|
- Kualitas guru78%
memadai
- Kwalitas guru
memadai
- Kerjasama antar tenaga pendidikan
relatif
baik
|
- Profesionallisme
tenaga kependidikan
kurang
- Ada beberapa
mata pelajaran yang diajaroleh guru yang
berbeda disiplin
ilmunya
|
- Peningkatan
kemampuan
profesionalisme
tenaga
- Pelatihan/
piloting KBK
- Peningkatan etos
dan disiplin kerja
|
- Penurunan sikap
professional guru
|
3
|
Manajemen
|
- Pembagian
jam tugas
relatif
merata
- Kerjasama dengan
komite sekolah baik
- Kerja sama dengan
masyarakat dan orang tua baik
- Sikap keterbukaan
mengelola
sekolah
- Partisipasi masyarakat
cukup baik
|
- Efektifita kerjasama
dengan masyarakat
masih kurang
- Kekurangan
sumber
dana
pendukung
guna
peningkatan
mutu pendidikan
- Antara beban
tanggung
jawab dan
kesejahteraan
belum seimbang
|
- Peningkatan
peran
serta
arga
sekolah
- Menggali
sumber
dana yang tidak
mengikat
- Meningkatkan
kesejahteraan
tenaga
pendidikan
|
- Tidak siap melaksanakan tugas
karena kurang
professional
|
4
|
Sarana/
prasarana
|
- Belum
tersedianya
sarana
dan
prasarana
penunjang
KBM
berupa
labolatorium
dan sebagainya.
- Lahan kosong
cukup luas
|
- Sarana
pendukung
ekstrakulikuler
masih
kurang
|
- Pembuatan
sarana KBM
- Pengadaan koleksi
perpustakaan
- Pengadaan
ruang
praktek
komputer
- pengadaan ruang
dan sarana
laboratorium
|
- Pelaksanaan KBM
tidak bervariasi
- Motivasi dan
kreativitas tidak
berkembang
- Prestasi tidak
terpacu
|
5. Alternatif Langkah – langkah Pemecahan
Masalah
a. Untuk
mencapai daya serap materi pelajaran hingga rata-rata kelas65%, peningkatan
pembelajaran melalui :
1.
Pelaksanaan Piloting KBK dipersiapkan
2.
Profesionalisme guru ditingkatkan melalui MGMP
3.
Motivasi belajar ditingkatkan
melalui program remedial dan pengayaan
4.
Layanan BK, perpustakaan, dan
laboratorium ditingkatkan
b. Pengembangan sekolah
dicapai melalui :
1. Kerja sama dengan orang tua dan masyarakat
ditumbuh kembangkan
2. Kerja sama dengan instansi terkait dan Dinas
Pendidikan ditingkatkan
3. Merintis kerja sama dengan pengusaha terdekat
dan dunia kerja
c. Pembinaan kegiatan
ekstrakulikuler
1. Kemampuan dan keterampilan Kesenian Daerah
2. Kemampuan dan keterampilan Tari tarian Daerah
3. Kemampuan dan keterampilan Volli Ball
4. Kemampuan dan keterampilan Sepak bola
5. Kemampuan dan keterampilan Basket Ball
6. Kelompok Paskibra yang handal
7. KIR makin digiatkan
8. Menambah fasilitas sarana dan prasarana
kegiatan keterampilan
9.
Kemampuan dan ketrampilan Palang Merah Remaja
10.
Kemampuan dalam kegiatan Olimpiade
d. Suasana belajar yang
kondusif
1. Pembinaan keimanan dan ketagwaan
2. Meningkatkan lingkungan yang aman dan nyaman
3. Meningkatkan solidaritas, saling menghormati
dan menghargai
BAB
IV
PROGRAM
PENGADAAN RUANG DAN BUKU PERPUSTAKAAN
1. Pendahuluan
SMA
Negeri 1 Gedung Aji dalam meningkatkan
kualitas pendidikan terutama bidang pembelajaran
dan pengetahuan perlu adanya sumber daya
pendukung berupa ketersediaan Ruang
Perpustakaan dan buku, sehingga perlu pengadaan Ruang dan buku perpustakaan
yang diharapkan dapat memotivasi siswa agar dapat meningkatkan kualitas
diri terutama dalam bidang ilmu
pengetahuan. Oleh karena itu untuk mencapai kemampuan siswa dalam bidang pengetahuan
perlu adanya bantuan dari pihak terkait berupa pengadaan buku pembelajaran.
2. Tujuan
a.
Meningkatkan pengetahuan siswa dengan membaca
b.
Meningkatkan mutu dan prestasi dibidang IPTEK
c. Mempasilitasi pengembangan minat dan bakat
peserta didik melalui pembinaan kegiatan IPTEK
d. Meningkatkan pelayanan dan kelengkapan fasilitas pembelajaran
menuju sekolah yang unggul
3. Sasaran
a. Memanfaatkan kemampuan siswa yang
terpendam
b. Aktivitas belajar siswa
dikelas.
c. Peningkatan kualitas dan dedikasi
pembimbing / guru
d. Membentuk siswa berprestasi dalam
bidang ilmu pengetahuan
4. Analisis SWOT
a. Faktor Pendukung
- Kemampuan siswa tersedia
- Tenaga guru memadai
-
Minat belajar siswa cukup tinggi
- Minat baca siswa tinggi
b. Kelemahan
- Dana pendukung dari masyarakat
sangat minim
- Ketersediaan bahan ajar kurang
terpenuhi
- Kegiatan pembelajaran kurang
terfasilitasi
- Siswa sangat minim pengalamandan
pengetahuan berdasarkan eksperimen
c. Peluang
- Meningkatka aktivitas dan variasi
kegiatan pembelajaran.
- Meningkatkan kemampuan dan
keterampilan khususnya bidang pengetahuan.
- Menyikapi secara positif
program unggulan.
- Selalu siap mengikuti event perlombaan
bidang pengetahuan.
d. Ancaman
- Kemampuan siswa sangat terbatas
dalam hal ilmu pengetahuan.
- Kemampuan siswa menurun dalam
prestasi akademik.
- Siswa sangat minim pengalamandan
pengetahuan berdasarkan eksperimen.
e. Rencana kegiatan
- Pendataan dan identifikasi
- Membuat usulan dan perencanaan
- Menyusun jadwal kegiatan
- Menyiapkan
kegiatan
- Melaksanakan kegiatan
- Mengevaluasi dan melaporkan hasil
f.
Pelaksanaan
- Pelaksana : Panitia kegiatan dan pekerja
- Pelaksanaan : Pengadaan Ruang dan Buku
Perpustakaan yang
akan dilaksanakan
oleh pemerintah.
RENCANA
ANGGARAN BELANJA
PENGADAAN
BUKU PEMBELAJARAN
DAN
PENGETAHUAN UMUM
a. Buku
Pembelajaran
No
|
Nama Buku
|
Jumlah Perkelas
|
Jumlah
|
||
X
|
XI
|
XII
|
|||
1
|
Bahasa
Indonesia
|
32
|
32
|
32
|
96
|
2
|
Biologi
|
32
|
32
|
32
|
96
|
3
|
Sosiologi
|
32
|
32
|
32
|
96
|
4
|
Bahasa
Inggris
|
32
|
32
|
32
|
96
|
5
|
Pendidikan
Agama
|
32
|
32
|
32
|
96
|
6
|
Matematika
|
32
|
32
|
32
|
96
|
7
|
PKn
|
32
|
32
|
32
|
96
|
8
|
Fisika
|
32
|
32
|
32
|
96
|
9
|
Geografi
|
32
|
32
|
32
|
96
|
10
|
Kimia
|
32
|
32
|
32
|
96
|
11
|
Penjaskes
|
32
|
32
|
32
|
96
|
12
|
TIK
|
32
|
32
|
32
|
96
|
13
|
Ekonomi
|
32
|
32
|
32
|
96
|
14
|
Akutansi
|
32
|
32
|
32
|
96
|
15
|
b. Buku Pengetahuan
Umum
No
|
Nama Buku
|
Jumlah
|
1
|
Ensiklopedia
|
32
|
2
|
Budaya
dan Humaniora
|
32
|
3
|
Sosial
|
32
|
4
|
Bahasa
|
32
|
5
|
Psikologi
|
32
|
6
|
Sastra
|
32
|
7
|
Filsafat
|
32
|
8
|
Keagamaan
|
32
|
9
|
Hukum
|
32
|
10
|
Iptek
|
32
|
11
|
Ekonomi
Umum
|
32
|
12
|
Kedokteran
|
32
|
13
|
Kamus
|
32
|
*
|
32
|
|
* Inggris
|
32
|
|
* Cina
|
32
|
|
* Mandarin
|
32
|
|
* Jepang
|
32
|
|
* Arab
|
32
|
|
15
|
Keterampilan
|
32
|
16
|
Sejarah
Umum
|
32
|
BAB V
PENUTUP
Dengan
semakin derasnya arus ilmu pengetahuan yang kita rasakan sekarang ini, akan
semakin berdampak yang luar biasa untuk dunia pendidikan.Hal ini tentu saja
tidak dapat kita hindari karena hal ini merupakan suatu kebutuhan.Semakin
terasa oleh kita sebagai lembaga pendidikan betapa pentingnya sarana dan
prasarana pendidikan yang baik dan lengkap pada saat sekarang ini.
Untuk
memenuhi kebutuhan di atas sangat perlu adanya dana bantuan dari Pemerintah Pusat,
Propinsi Lampung maupun Kabupaten serta Steke Holders sekolah guna bersama-sama
berpartisipasi untuk memajukan dunia pendidikan
SMA Negeri
1 Gedung Aji
sebagai salah satu lembaga pendidikan yang sangat tidak mau tertinggal, dalam
hal ini sangat mengharapkan uluran tangan berbagai pihak terutama Pemerintah
untuk dapat membantu ketertinggalan yang dirasakan saat ini, yang mana dalam
proposal ini SMA Negeri 1 Gedung Aji sangat menginginkan untuk dapat melakukan
pengembangan dan pengadaan ruang dan buku pembelajaran dan pengetahuan umumyang
diharapkan dapat membantu siswa berprestasi secara langsung ditingkat kabupaten
hingga nasional dibidang akademik.
Demikian
proposal ini kami buat dan kami sampaikan, atas perhatian san saran demi
terkabulnya proposal ini kami mengucapkan banyak terima kasih
Menggala, Januari 2018
Kepala
SMA Negeri 1 Gedung Aji
Sukeri, S.Pd
NIP.
19710403
200604 1 008
LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
NOMOR 24 TAHUN 2007 TANGGAL 28 JUNI 2007
STANDAR SARANA DAN PRASARANA
UNTUK SEKOLAH DASAR /MADRASAH IBTIDAIYAH (SD/MI)
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH
(SMP/MTs), DAN SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH
(SMA/MA)
III.
STANDAR SARANA DAN
PRASARANA SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH
ALIYAH (SMA/MA)
A.
SATUAN PENDIDIKAN
1.
Satu SMA/MA memiliki minimal 3 rombongan belajar dan
maksimal 27 rombongan belajar
2.
Satu SMA/MA dengan tiga rombongan belajar melayani
maksimal 6000 jiwa.
3.
Ruang Perpustakaan
a.
Ruang perpustakaan berfungsi sebagai tempat kegiatan
peserta didik dan guru memperoleh informasi dari berbagai jenis bahan pustaka
dengan membaca, mengamati, mendengar, dan sekaligus tempat petugas mengelola
perpustakaan.
b.
Luas minimum ruang perpustakaan sama dengan luas satu ruang
kelas. Lebar minimum ruang perpustakaan 5 m.
c.
Ruang perpustakaan dilengkapi jendela untuk memberi
pencahayaan yang memadai untuk membaca buku.
d.
Ruang perpustakaan terletak di bagian sekolah yang mudah
dicapai.
e.
Ruang perpustakaan dilengkapi sarana sebagaimana
tercantum pada tabel 4.6