-->

Cara Backup Aplikasi PMP Versi 2.1 Terbaru 2017

Cara backup aplikasi PMP terbaru 2017 versi 2.1 - Sahabat operator sekolah yang lagi sibuk menjalankan tugas. Saya tidak tahu lagi harus menulis apa untuk menyapa kalian yang senasip dan seperjuangan dengan saya. Khususnya bagi para operator baru yang mulai dibingungkan dengan pengisian data PMP. Pengisian data PMP terbaru 2017 memang sangat mepelahkan. Entahlah, yang jelas semoga kita tetap semangat menjalankan tugas yang sudah menjadi tanggung jawab kita.

Pada postingan sebelumnya saya telah berbagi beberapa pengalaman seputar aplikasi PMP tahun 2017 / 2018. Diantaranya yakni tentang cara update aplikasi PMP yang terbaru, jumlah responden yang harus mengisi kuesioner PMP, dan yang terakhir adalah postingan tentang betapa pentingnya kita harus melakukan backup data yang sudah kita kerjakan di aplikasi PMP. Jika sahabat membutuhkan penjelasan tentang isi artikel tersebut maka Alhamdulillah tulisan saya bermanfaat. hehehe

Seperti halnya pada postingan-postingan sebelumnya, isi dari artikel yang saya tulis akan selalu berisi curhatan dan pengalaman yang telah saya alami, tulisan ini juga termasuk bentuk curahan pengalaman pribadi selama menjadi operator sekolah yang ingin saya bagikan ke sahabat operator di sana. Karena saya yakin dari sekian banyak OPS ada satu atau dua yang masih butuh penjelasan tentang cara backup aplikasi PMP.

Cara Backup Aplikasi PMP Tahun 2017


Sahabat operator yang saya cintai. Seperti yang saya singgung di atas, saya adalah operator baru di sekolah tempat saya bertugas. Kebayang kan bagaimana rasanya menjadi OPS baru yang tertinggal jauh pengalamannya dari OPS senior? Harus cepat bertindak jika tidak ingin ketinggalan informasi, salah satunya yakni bertanya atau langsung browsing di internet seperti yang sahabat lakukan saat ini.

Ya, seperti itulah saya. Lebih aktif di sosmed supaya tidak kalah pengalaman, mau tanya ke teman sesama operator mereka sudah sibuk dengan pekerjaannya masing-masing. Entah memang benar-benar sibuk, tidak mau menjawab, atau memang tidak bisa menjawab. hehe

Oke, kembali ke pokok bahasan yakni tentang cara backup isian data PMP. Bagi operator lama pembahasan ini mungkin dianggap basi, jadi silahkan pergi jangan di sini, hehe. Namun bagi operator baru tentu sangat membutuhkan penjelasan lengkap supaya bisa backup data PMP dengan benar dan sempurna.

Mungkin sabahat pernah bertanya bagaimana sih cara backup data PMP? Ada di menu apa tombol backup data PMP? Dan dalam bentuk format apa file hasil backup? Serta mengapa backup data PMP itu harus kita lakunkan? Dan alasannya sudah saya bahas pada postingan sebelumnya di sini.

Supaya tidak bingung lagi dan tidak panjang lebar curhatnya, mari kita simak langkah-langkah backup data PMP di bawah ini:

Langkah backup data PMP versi 2.1

  1. Silahkan login aplikasi PMP dengan user dan password yang sahabat gunakan
  2. Lihat menu beranda dan pastikan PMP yang terinstal adalah versi 2.1
  3. Kemudian pilih menu "Kirim Data". Pada menu ini sahabat akan menemukan tombol backup data yang berada di antara tombol kirim data dan restore data.
  4. Silahkan klik tombol "Backup Data"
  5. Tunggu hingga proses selesai, kecepatan proses backup data tergantung spesifikasi dan respon perangkat (laptop/komputer) yang sahabat gunakan.
  6. Jika proses backup berhasil, silahkan cari filenya di menu unduhan/download pada browser yang sahabat gunakan. Menu unduhan/download mungkin berbeda letaknya dari masing-masing browser. Atau sahabat juga bisa langsung mencarinya dalam folder penyimpanan. Secara deafult ada pada folder download di PC sahabat.
  7. Pindah file backup data pada folder yang aman
  8. Selesai
Backup Data PMP Versi 2.1
Gambar 1 : Cara Backup Data PMP Versi 2.1

Ada beberapa yang yang mungkin perlu sahabat perhatikan selama proses backup data PMP versi 2.1 yakni:
  1. Apa bentuk file hasil backup data PMP? Menurut pengalaman saya, format file hasil backup PMP berbeda dari masing-masing versi. Pada versi 2.0 ke bawah file bisa dibuka dengan rar sedangkan pada versi 2.1 tidak bisa. Format file hasil backup data PMP versi 2.1 berextensi .pmp sebagaimana gambar 2 di bawah.
  2. Bisakah backup data PMP tanpa online? Berdasarkan percobaan saya, backup data PMP bisa dilakukan dengan online maupun offline. Asalkan PC yang digunakan adalah PC server (yang terinstal aplikasi PMP) bukan PC client yang dihubungkan ke server. Perhatikan gambar 1 di atas.
  3. Bolehkah saya mengganti/rename file hasil backup PMP? Ini adalah hal yang sangat perlu sahabat perhatikan. Jangan pernah mengganti nama file hasil backup data PMP. Biarkan apa adanya, karena jika sewaktu-waktu kita butuh restore data, file backup tidak akan terbaca jika nama file diganti. Lebih baik membuat folder dengan nama yang mudah diingat.
Format File Backup Data PMP 2017
Gambar 2 : Format File Backup Data PMP 2017

Demikian cara dan langkah-langkah backup data PMP versi 2.1 terbaru yang rislis di tahun 2017 ini. Semoga penjelasan di atas bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi sahabat operator yang sangat membutuhkannya. Salam semangat bertugas dari saya. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel