SOAL BIOLOGI UN 2017 HARUS SESUAI KISI KISI INI
Friday, 20 January 2017
Edit
Saya Postingkan Kisi kisi soal UN 2017 dari negara yang harus dan perlu mendapatkan penekanan sehingga nilai nya Biologi semakin membaik
SOAL UN BIOLOGI 2017
PREDIKSI 2
PREDIKSI 3
PREDIKSI 4
PREDIKSI 5
HASIL BEDAH
AGAIN
BEDAH UN 2017
SOAL UN BIOLOGI 2017
- Siswa mampu memahami dan menguasai: - ciri- ciri mahluk hidup dan perannya dalam kehidupan
- Siswa mampu memahami dan menguasai tingkat keanekaragaman hayati (Keaneka ragaman gen, jenis, ekosistem)
- Siswa mampu memahami dan menguasai Ciri ekosistem khususnya Bioma baik parameter abiotik maupun biotiknya
- Siswa mampu memahami dan menguasai struktur dan fungsi pada tumbuhan tingkat tinggi misalnya jaringanya meliputi apa saja dan bagaimana deskripsinya
- Siswa mampu memahami dan menguasai - struktur dan fungsi pada manusia dan hewan vertebrata khususnya deskripsi pada takson kelasnya Pisces, Amphibia, Reptilia, Aves maupun Mamalia
- Siswa mampu memahami dan menguasai - bagian-bagian sistem organ Pencernaan pada manusia dan fungsinya
- Siswa mampu memahami dan menguasai - gangguan-gangguan pada sistem tubuh manusia
- Siswa mampu memahami dan menguasai: struktur dan fungsi sel dengan gambarnya membedakan organela selnya tentu dengan fungsinya
- Siswa mampu memahami dan menguasai - susunan RNA, DNA, dan kromosom dengan membedakan DNA dan RNA nya maupun karakter jenis kromosom
- Siswa mampu memahami dan menguasai - metabolisme sel mekanisme respirasi maupun fermentasi , fotosintesis maupu khemosintesis
- Siswa mampu memahami dan menguasai – bioteknologi baik yang dasar yang dipakai untuk menyebut Bioteknologi Konvensional maupun yang modern
- Siswa mampu memahami dan menguasai: -hukum-hukum Mendeldengan penerapan perkawinan dihibridnya
- Siswa mampu memahami dan menguasai -asal-usul kehidupan dengan kesimpulan dan langkah operasional percobaan redi spalanzani , pasteur maupun stanley miller dan oparin
- Siswa mampu memahami dan menguasai -teori evolusi baik teori dan pokok pikiran darwin dengan seleksi alamnya maupun lamark dengan use and dis use nya
- Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- dasar-dasar pengelompokan makhluk hidupmisalnya kenapa ia dimasukkan phyllum arthropoda, kelas crustacea, divisio bryophyta
- Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang perubahan lingkungan baik dampaknya akibat polutan CO2, CO, CFC , SO2 dan NOx maupun , nitrat diair yang menyebabkan Eutrofikasi dengan dampaknya
- Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang - daur biogeokimia baik Daur Carbon , H pada siklus air , O2, N2, Sulphur maupun Phospor (denitrifikasi)
- Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: -mekanisme kerja sistem organ Reproduksi, Ekskresi , Respirasi maupun Immun
- Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang -pengaruh gangguan/serangan penyakit pada mekanisme kerja organ Koordinasi baik saraf maupun indra dan Hormon
- Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: -transpor membran dengan Proses osmose maupun difusinya
- Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang-enzimcirinya , cara kerja dan percobaan nya dilab pada katalase dengan H2O2 nya
- Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang -mekanisme reaksi katabolisme khususnya deskripsi Glikolisis, Dekarboksilasi Oksidatif , Siklus krebs dan STE
- Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang anabolisme, meliputi Reaksi terang maupun reaksi gelap atau Calvin Benson
- Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang -reproduksi sel baik melalui gambar maupun deskripsi fasenya baik mitosis maupun miosis
- Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang -sintesis protein baik urutannya maupun pengubahan kode genetiknya
- Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang -dampak bioteknologi baik di mahkluk hidup , lingkungannya
- Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang - penyimpangan semu hukum Mendelpada peristiwa atavisme , Kriptomeri, epistasi , polymeri maupun gen Complementer
- Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang - pembentukan gamet baik proses Spermatogenesis / Oogenesis maupun pencarian gamet pada genetika yang terjadi Lingkage maupun Crossing over
- Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang hereditas manusia pada penurunan sifat buta warna, albino , imbisil maupun bisu tuli dan hemophily , kasus lethal maupun lewat diagram pedigree nya
- Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang - petunjuk/bukti-bukti evolusidijelaskan 6 bukti evolusi misalnya homologi , perbandingan embryo maupun dengan fosil
- Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang · Merancang percobaanbisa menentuka Variable control; bebas dan terikatnya, baca tabel hasl dtanya maupun urutan methode ilmiahnya
- Siswa mampu menggunakan nalar dalam:- percobaan pengelompokan makhluk hidupbaik tumbuhan dan hewan
- Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang perubahan lingkungan dan dampaknya
- Siswa mampu menggunakan nalar dalam: -gangguan/penyakit berdasarkan uji laboratorium
- Siswa mampu menggunakan nalar dalam-percobaan tentang faktor eksternal pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
- Siswa mampu menggunakan nalar dalam:-percobaan tentang transpor membran
- Siswa mampu menggunakan nalar dalam -percobaan metabolisme sel
- Siswa mampu menggunakan nalar dalam -percobaan bioteknologi
- Siswa mampu menggunakan nalar dalam:- hereditas manusia dalam peta silsilah
- Siswa mampu menggunakan nalar dalam - hubungan antara teori dan prinsip berdasarkan kasus evolusi - mekanisme evolusi
PREDIKSI 2
PREDIKSI 3
PREDIKSI 4
PREDIKSI 5
HASIL BEDAH
- Dapat menunjukkan tahapan proses yang terjadi pada siklus litik/lisogenik
- Dapat menjelaskan fungsi dari bagian dari struktur bakteri
- Dapat menjelaskan peranan Alga yang dimanfaatkan dalam manusia
- Dapat menunjukkan contoh keanekaragaman gen/jenis tumbuhan/hewan Indonesia
- Dapat menjelaskan keterkaitan macam jaringan dan fungsinya pada organ (akar/batang/daun)tumbuhan
- Dapat menunjukkan keterkaitan antara ragam jaringan, struktur, dan fungsinya pada manusia
- Dapat menjelaskan fungsi bagian Organ mata/telinga tertentu
- Dapat menjelaskan fungsi bagian organ reproduksi laki-laki/wanita tertentu
- Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada sistem pencernaan manusia, siswa dapat menentukan jenis penyakitnya
- Dapat menunjukkan senyawa kimia/sifat kimia membran sel bagian tertentu
- Dapat menjelaskan fungsi organel sel hewan/tumbuhan tertentu
- Dapat menunjukkan struktur DNA/RNA yang tepat
- Dapat menentukan cara kerja enzim menurut teori lock and key/induced fit
- Dapat menjelaskan salah satu contoh bioproses produk bioteknologi konvensional
- Dapat menunjukkan jumlah/macam gamet yang terbentuk dari individu diploid (minimal 3 sifat beda) yang mengalami pautan kromosom.
- Dapat menjelaskan konsep dasar/hipotesis/simpulan percobaan yang dilakukan oleh para ahli pencetus teori biogenesis
- Dapat menunjukkan peristiwa mutasi gen
- Dapat menunjukkan peristiwa mutasi kromosom yang mengakibatkan kelainan pada manusia
- Dapat menjelaskan perbedaan/persamaan teori evolusi Darwin, Lamarck, dan August Weismann
- Dapat menentukan peran cabang keilmuan biologi yang diterapkan dalam membantu pemecahan permasalahan kehidupan
- Dapat menentukan ciri khas yang menjadi penentu perbedaan penggolongan bakteri dan protista
- Dapat menunjukkan perbedaan ciri dan/atau cara hidup setiap kelas golongan Alga
- Dapat menunjukkan golongan jamur dari jamur yang dicontohkan
- Dapat menentukan dalam menggolongkan tumbuhan lumut dan paku hasil menganalisis perbedaan ciri dan cara hidupnya
- Dapat menentukan dasar klasifikasi penggolongan tumbuhan berbiji berdasarkan ciri-ciri hasil pengamatan
- Dapat menentukan ciri-ciri yang menjadi dasar penggolongan kelas dari filum Arthropoda atau Molluska
- Dapat menentukan ciri yang menjadi dasar penggolongan dalam kelas tertentu dari hewan Vertebrata
- Dapat menentukan proses siklus hidup jenis cacing Platyhelminyhes/Nemathelmynthes atau jenis Coelenterata
- Dapat menentukan peran komponen ekosistem dalam jejaring makanan pada satu contoh ekosistem
- Dapat menentukan proses suatu komponen pada aliran energi/daur biogeokimia N, O,C, S, atau P
- Dapat meramalkan dampak adanya gangguan pada pelestarian hewan/tumbuhan Indonesia tertentu. Hutan sawit mengganti hutan bagaimana dampaknya
- Dapat meramalkan dampak perubahan lingkungan akibat bencana alam atau kegiatan manusia terhadap lingkungan . Eutrofikasi apa dampaknya , CO2 banyak aa dampaknya
- Dapat menentukan proses mekanisme kontraksi/relaksasi otot dari kerja sinergis-antagonis pada manusia misal Fleksor ekstensor dengan gambar
- Dapat menentukan hubungan antara enzim yang dihasilkan oleh kelenjar pada organ pencernaan dan fungsinyamisal di lambung , Usus 12 jari
- Dapat menghitung kapasitas udara dalam paru-paru saat proses bernapas (ekspirasi/inspirasi) menghitung Kapasitas Vital Paru
- Dapat menentukan proses yang terjadi pada nefron dalam pembentukan urin pada bagian tertentu misal di Glomerulus ada apa
- Dapat mengurutkan mekanisme penghantaran rangsang refleks pada sistem saraf pada kejadian gerak refleks mis ada gambar atau narasi
- Dapat menentukan proses mekanisme menstruasi pada fase tertentu siklus Hormonalnya FSH LH Estrogen Progesteron
- Dapat menentukan tujuan salah satu proses imunisasi buatanmisal tujuan imunisasi BCG , Poliomyletus
- Disajikan deskripsi gangguan/penyakit pada sistem pencernaan manusia, siswa dapat menentukan jenis penyakitnya misal sembelit, kolik , ulkus
- Disajikan proses yang menyebabkan gangguan sistem pernafasan, siswa dapat menentukan gangguan yang terjadi misal hypoksia , emphisema
- Dapat menentukan proses yang terjadi dari percobaan difusi/osmosis berkaitan dengan isotonis/hipotonis/hipertonis misal mekanisme transport difusi atau osmosis dengan gambar
- Dapat menentukan perubahan yang terjadi berdasarkan grafik percobaan tentang pengaruh faktor tertentu terhadap kerja enzimmisal ada grafik yang bisa diintreprestasi entah itu suhu atau pH
- Dapat melengkapi data yang berkaitan dengan tahap reaksi katabolisme tahu tahapan Glikolisis, atau Siklus krebs atau DO
- Dapat menentukan senyawa kimia yang berkaitan dengan fotosintesis pada tahapan tertentu Diagram siklus Reaksi Gelap.
- Dapat menentukan proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh dikaitkan dengan aktifitas yang dilakukan dengan respirasi anaerob misal Ada laktat sehingga capek karena dalam kontraksi kurang O2
- Dapat menentukan proses yang terjadi pada fase pembelahan mitosis/meiosis.misal Proses tahapan Anafase itu deskripsinya bagaimana
- Dapat menentukan proses yang terjadi pada fase gametogenesis (pada manusia/tumbuhan)misalnya dimana diploid dan dimana haploid
- Dapat menentukan peristiwa yang terjadi pada tahapan proses sintesis proteinada bagan tahapan yang terjadi dimana proses transkripsi , dimana translasinya deskripsi nya. Atau perubahan pasangan basa nitrogen
- Dapat menentukan prinsip dasar dari proses pengembangan bioteknologi modernmisal dampak hibridoma, transgenik
- Dapat menghitung kemungkinan rasio/jumlah/persentase dari fenotip/genotip yang muncul pada kasus persilangan monohibrid hukum Mendel maupun dihibrid
- Dapat menghitung kemungkinan rasio/jumlah/persentase dari fenotip/genotip yang muncul pada kasus persilangan dihirida hukum Mendelmisal ditanya F2 nya
- Dapat menghitung kemungkinan fenotip yang muncul dari persilangan penyimpangan hukum Mendel dari kasus atavisme/hipostasis-epistasis/polimeri/kriptomeri/interaksi antar gen/gen komplemnter misal perkawinan F2 nya bagaimana
- Dapat meramalkan kemungkinan persentase pewarisan sifat tertentu pada manusia(hemofili, butawarna, albino, gol. Darah)misal dengan peta silsilah
- Dapat menjelaskan bukti/fakta yang mendukung gagasan teori evolusi Darwin
- Dapat menemukan kunci dikotom dari makhluk hidup yang diidentifikasi menentukan kelompoknya
- Dapat menyimpulkan tindakan perbaikan/pelestarian yang tepat atas kasus kerusakan/perubahan lingkungan. misal ada masalah bagaimana menyimpulkan tindakan perbaikan bagaimana
- Dapat menyimpulkan jenis penyakitnya berdasarkan hasil tes laboratorium klinis dari sistem peredaran darah manusia
- Dapat menyimpulkan bagian organ ginjal/nefron yang terganggu dari hasil pemeriksaan klinis urin ada tabel hasil test urine protein banyak dimana kerusakan
- Dapat mengintepretasikan data/grafik percobaan pengaruh faktor tertentu terhadap pertumbuhan tumbuhan berdasarkan hasil percobaan misal bisa membaca grafik hasil percobaan pertumbuhan
- Dapat menemukan parameter (kuantitatif/kalitatif) dari rencana percobaan pertumbuhan/perkembangan tumbuhan karena pengaruh faktor luarmisal dapat menemukan data kwalitatif dan kwantitatif
- Dapat menyimpulkan hasil percobaan mekanisme transpor lewat membran: difusi/osmosis misal percobaan kantung semipermeable
- Dapat menyimpulkan hasil percobaan enzim katalase karena pengaruh faktor suhu/pH/konsentrasi enzim-substrat
- Dapat mengintepretsikan proses percobaan fotosintesis (Ingenhouze/Engelmann/Sach)pada tahapan tertentu membaca dalam percobaan bakteri menuju cahaya , apa guna CaOH2 dalam percobaan ingenhouse
- Dapat menginterpretasikan proses percobaan fermentasi pada tahapan tertentu misal ragi dengan kapur atau Phenil mengapa muncul gelembung, berbeda warnanya
- Disajikan peta silsilah persilangan hereditas manusia siswa dapat Dapat menemukan kemungkinan genotip/persentase individu tertentu dari petasilsilah pewarisan sifat manusia pakai peta silsilah
- Dapat menemukan satu contoh peristiwa pembentukan spesies baru (isolasi reproduksi/isolasi gamet, dsb)misal proses speciasi berdasarkan hasil isolasi misal isolasi reproduksi , isolasi gamet
- Dapat menemukan rasio fenotip/jumlah keturunan dari kasus perkawinan dalam populasi yang stabil (Hk. Hardy-weinberg) bertanya jumlah populasi yang carier
AGAIN
BEDAH UN 2017