-->

Pengertian Temu Balik Informasi (INFORMATION RETRIEVAL)





1. Pengertian Information Retrieval

Infromation retrieval adalah seni dalam ilmu yang mencari informasi yang di harapkan atau yang di inginkan oleh pengguna atau user dalam mencari informasi dari kumpulan dokumen yang ada. Dan dengan adanya teknologi informasi dunia semakin canggih, informasi dapat mengubah pengetahuan yang dimiliki seseorang, bisa mengganti pengetahan yang dimilikinya atau justru memperkuat dan menamban pengetahuan yang dimiliki seseorang,dengan perubahan tersebut maka seseorang dapat mengubah pola hidupnya baik ke arah yang positif maupun kearah yang negatif, tergantung informasi yang diperolahnya dan imformasi tersebut dapat di cari dalam data base yang berderi sendiri atau data base jaringan seperti internet atau intranet, suara, gambar, atau data-data wikipedia.

2. Information Retrieval di Perpustakaan

Perpustakaan adalah salah satu institusi pertama yang mengadopsi sistem untuk mendapatkan informasi. Pada umumnya sistem yang di gunakan di perpustakaan untuk menyediakan berbagai informasi yang meliputi bahan cetak, terekam, maupun koleksi lainnya agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat pengguna.

Perpustakaan merupakan satu unit kerja dari suatu badan atau lembaga tertentu yang mengola bahan-bahan pustaka baik berupa buku-buku maupun bukan berupa buku yang di atur secara sistematis menurut aturan tertentu sehingga digunakan sebagai sumber informasi oleh setiap pemakainya.

Tugas utama perpustakaan adalah mengumpulkan informasi, mengolah, menyajikan dan melayani kebutuhan informasi bagi pemakai perpustakaan, jadi perpustakaan berkewajiban mengelola informasi yang dibutuhkan pemakai. Informasi tersebut berupa koleksi terwujud benda tercetak seperti buku dan majalah, atau juga terekam seperti kaset, CD, film dan sebagainya.

3. Information Retrieval 

Dalam pernyataan yang sederhana, untuk mendapatkn informasi yang akurat, dan dapat diakses secara cepat adalah sangat sulit. Efek dari hal ini adalah mengabaikan penemuan informasi yang relevan, yang akhirnya mengarah pada duplikasi pekerjaan dan usaha. Dengan adanya komputer, banyak pemikiran dalam penggunaan komputer. Contohnya dengan adanya internet, maka pertukaran informasi jarak jauh sangat efektif efisien. internet juga mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan sekarang yaitu pengaksesan informasi berbagai bidang, melakukan surat menyurat melalui email, dan aktifitas transaksi perdagangan melalui sarana internet. 

Internet akan bermanfat jika terdapat aplikasi yang sesuai. Internet telah menyediakan beragam aplikasi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, dimana setiap aplikasi tersebut berjalan diatas sebuah protokol tertentu. Istilah protokol internet adalah mengacu pada suatu aturan yang mengatur bagaimana sebuah apliksi berkomunikasi dalam suatu jaringan. 

4. Information Retrieval System 

Information Retrieval System dimulai dengan hal-hal pada sisi input. Masalah yang diutamakan disini adalah untuk mendapatkan suatu penyajian dari setiap dokumen dan queri yang sesuai untuk menggunakan suatu komputer. Dengan adanya perubahan sosial yang terjadi pada saat ini disebabkan oleh kemajuan tenologi yang semakin berkembang. Mau tidak mau masyarakat informasi harus menyesuaikan diri dengan perkembangan tersebut. Begitu juga dengan perpustakaan, perpustakaan juga sudah semakin berubah dan berkembang dari perustakaan konfensional keperpustakaan digital.

5. Perspektif terhadap Information Retieval

Bagian ini tidak dimaksudkan untuk membuat sebuah usaha pada suatu jumlah yang menyeluruh dan lengkap dari pengembangan information historis. Information retrieval dapat dibagi dalam beberapa cara area yaitu area isi analisa, struktur informasi, dan evaluasi. Isi analisa mempunyai kaitan dengan gambaran isi dokumen dalam suatu bentuk yang cocok untuk proses komputer.

Struktur informasi mempunyai kaitan dengan kemanfaatan hubungan antar dokemen untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas strategi retrieval. Evaluasi mempunyai kaitan dengan pengukuran dari efektifitas retrieval. 

6. Efisiensi dan Efektifitas

Efisiensi bisanyanya diukur dalam kaitan dengan sumber daya komputer digunakan seperti core, backing, store, dan CPU time. Untuk mengukur efisiensi suatu mesin yang berjalan sendiri merupakan suatu kesulitan. Efektifitas biasanya diukur dalam kaitan dengan ketepatan dan daya ingat. Ketepatan itu sendiri menjadi perbandingan dari jumlah dokumen retrieval yang relevan.

7. Indexing

Suatu bahasa yang digunakan untuk menguraikan dokumen dan permintaan. Unsur-unsur dari bahasa index adalah terminologi, yang mungkin diperoleh dari teks dokumen untuk diuraikan, atau mungkin bisa di bebaskan. Secara lebih rinci, dalam indeks suatu kombinasi logis tentang segala terminologi, indeks mungkin digunakan sebagai suatu label untuk mengidentifikasi suatu kelas dokumen. Ada banyak kontroversi tentang macam bahasa indeks yang mana yang terbaik untuk pencarian kembali dokumen. 

1. Motivasi

Information retrieva{ IR} adalah kegiatan yang berhubungan dengan pengajian, penyimpanan, pengorganisasian, dan pengaksesan ke materi informasi. Pengorganisasian dan penyajian dari materi informasi perlu menyediakan akses yang gampang kepada pengguna informasi yang di pilihnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel