-->

MENPAN-RB ASMAN ABNUR AKAN LARANG GURU PINDAH MENGAJAR KE KOTA

SUARA PGRI.COMMenteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Asman Abnur menjelaskan, pemerintah akan segera melakukan pemerataan pendistribusian para pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) ‎di daerah-daerah terpencil di Indonesia.
"Pada tahun 2017 diarahkan kepada Bapak Presiden agar kabupaten yang kelebihan guru, contohnya satu kabupaten lebih nanti kita distribusikan ke kabupaten lain. Itu aja," kata Menteri Asman di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Rabu (18/1/2017).


Menteri Asman menmabahkan, nantinya pemerintah akan memfokuskan pada pemerataan guru-guru yang akan ditempatkan di lokasi tersebut. ‎Pasalnya, selama ini banyak tenaga pendidik yang memanfaatkan mutasi kerja ke pusat kota usai diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).
"Sebenarnya kita tadi fokus ke masalah guru. Kalau guru ini kan banyak menumpuk di kota. Jadi bagaimana nanti ke depan, di desa-desa di wilayah-wilayah perbatasan nanti jangan sampai diangkat gurunya, hanya beberapa bulan nanti pindah lagi ke kota. Jadi tahun ke tahun hal ini terjadi berulang-ulang. Ini yang kita diskusikan tadi," ujar Menteri Asman.

Politisi PAN itu juga menerangkan, bahwa pemerintah pusat melalui Kemenpan-RB dan Kemendikbud akan bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam melakukan perekrutan ASN pada tahun 2017. Sehingga, dalam melakukan seleksi perekrutan akan mencantumkan aturan yang melarang PNS yang di tempatkan di daerah terpencil untuk pindah ke pusat kota.
"Jangan hanya dari daerah. Kalau daerah nanti walikota-nya bisa memindahkan langsung. Tapi nanti kita atur supaya jika ditempatkan di satu daerah perbatasan dia tidak dengan mudah pindah ke daerah lain," pungkasnya.

Lebih lanjut Menteri Asman menuturkan, bahwa pemerintah akan memproyeksikan tenaga pengajar di daerah perbatasan Indonesia untuk tinggal dan menetap di sana. Karena itu, diharapkan para guru yang telah berkomitemen mengajar di perbatasan dapat mengabdi sebagai pendidik generasi penerus bangsa yang ada di perbatasan.‎
"Kalau memang diproyeksikan untuk guru garda depan, terutama daerah perbatasan, dia harus jadi guru di situ selamanya. Jadi tidak boleh pindah ke pusat kotanya. Kan sekarang terjadi begitu diangkat 3 bulan kemudian gurunya berusaha dengan cara macam-macam pindah ke kota. Nanti kurang lagi guru kita. Nah pendistribusian ini diharapkan oleh Bapak Presiden jangan sampai terjadi lagi," tuturnya.

SILAHKAN DOWNLOAD APLIKASI SUARA PGRI LANGSUNG DI HP ANDA MELALUI PLAYSTORE DAN DAPATKAN INFORMASI TERBARU DARI KAMI SEPUTAR BERITA GURU, PNS, TENAGA HONORER, DAN CPNS DISINI play.google.com/SUARAGURUINDONESIA


Demikian berita dan informasi terbaru yang kami bagikan. Semoga informasi ini bermanfaat. 
SUARA PGRI.com senantiasa akan selalu memberikan berita dan informasi terbaru, terhangat, terpopuler, dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber.
Terima kasih telah setia bersama SUARA PGRI.com, situs berita pendidikan terupdate.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel