-->

Pengertian dan 30 Contoh Kalimat Majemuk dan Kalimat Tunggal Bahasa Indonesia

Apa itu kalimat majemuk ? Kalimat majemuk adalah kalimat yang memiliki satu klausa atau lebih. Klausa tersebut disebut sebagai konjungsi atau penghubung. Sementara yang dimaksud dengan kalimat tunggal adalah kalimat yang hanya terdiri dari unsur subjek dan predikat saja.


Dalam keseharian, sadar ataupun tidak kita pasti pernah menggunakan kalimat majemuk maupun kalimat tunggal. Namun terkadang secara teori dan ilmiyah kita belum dapat membedakan antara keduanya. Nah berikut ini kami sajikan beberapa contoh untuk membantu pembaca membedakan kalimat majemuk dan tunggal.
 Contoh Kalimat Majemuk dan Kalimat Tunggal Bahasa Indonesia

Contoh Kalimat Majemuk:

Contoh 1:
Ayah sedang membaca buku dan ibu sedang nonton film.
Contoh 2:
Aku berangkat kerja sedangkan adikku berada di kelas.
Temanku adalah anak yang cerdas, tapi kakaknya lebih cerdas.
Contoh 3:
Doni tidak lulus dalam ujian karena dia tidak belajar.
Doni anak yang cerdas, bahkan gurunya juga mengakuinya.
Contoh 4:
Setelah selesai menyapu rumah, kemudian dia membuang sampah.
Contoh 5:
Para petani pulang dari sawah sebelum matahari mulai tenggelam.
Contoh 6:
Aku sudah makan, ketika ibuku datang.
Contoh 7:
Jika aku menang dalam lomba menulis, ayah akan memberi hadiah.
Contoh 8:
Walaupun aku sangat kaya, tapi hidupku sederhana.
Contoh 9:
Seseorang yang memakai tas adalah temanku waktu masih kecil.
Sikapnya menunjukan bahwa dia merupakan orang yang cerdas.
Contoh 10:
Aku selesai mengerjakan PR ketika ayah datang dan ibu selesai nyuci baju.
Contoh 11:
Indonesia adalah salah satu negara maritim tapi indonesia mengalami kendala dalam hal teknologi sehingga pemanfaatannya tidak maksimal.
Contoh 12:
Seluruh kawan kelasku sudah pulang ketika aku datang padahal hari masih siang.
Contoh 13:
Ayahku memberi kabar bahwa dia akan datang dan aku sangat senang.
Contoh 14:
Aku masih makan ketika teman-teman datang ke rumahku dan ibu menyuruh mereka masuk.
Aku masih ingin main ketika kawanku mengajak pulang padahal hari masih sore.

Contoh kalimat tunggal

Contoh 1:
Ayahnya seorang guru di SMP.
Contoh 2:
Aku tidur di kantor.
Contoh 3:
Kawanku menangis tadi malam.
Contoh 4:
Mobilnya sangat bagus.
Contoh 5:
Yang makan hanyalah 20 orang.
Contoh 6:
Bukunya hanya 3 buah.
Contoh 7:
Ayahnya berasal dari Jogja.
Contoh 8:
Rita berada di kamarnya.
Contoh 9:
Pemburu menangkap ikan tadi sore.
Contoh 10:
Kakeku yang tinggal di jakarta akan datang.
Contoh 11:
Ayahku yang sedang berada di london akan segera tiba.
Contoh 12:
Ani makan di kamarnya.
Contoh 13:
Temanku yang kerja di Jawa Timur akan datang ke Kalimantan.
Contoh 14:
Buah yang di keranjang boleh dimakan.
Contoh 15:
Sayuran itu berwarna hijau.
Baca Juga:
Itulah pembahasan tentang pengertian kalimat majemuk dan kalimat tunggal yang bisa sobat cuntorio.com pelajari. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel