-->

Yang Harus Dipersiapkan Untuk Belajar Pemrograman Web

Sebelum mempelajari pemrograman web ada beberapa tools yang harus dipersiapkan, guna menunjang pembelajaran, antara lain dibawah ini :

Tools Yang Harus Dipersiapkan Untuk Belajar Web

1. Web Browser

Mozilla Firefox
Mozilla Firefox
Hal yang harus disediakan adalah Web Browser, web browser digunakan untuk melakukan pengetesan terhadap halaman web yang telah dibuat. Sebenarnya di windows sendiri sudah ada web browser bawaan yaitu Internet Explorer. Tetapi penulis tidak menganjurkan teman-teman untuk menggunakan Internet Explorer, karena web browser ini kurang lengkap. Beberapa web browser yang penulis rekomendasikan antara lain :
- Mozilla Firefox
- Chrome
- Safari

2. Text Editor

Notepad ++
Notepad ++
Sebenarnya ada cara mudah untuk membuat website yaitu menggunakan aplikasi yang sudah didesain untuk membuat desain, seperti Dreamwaver. Tetapi untuk lebih memahami script yang ditulis, penulis menyarankan untuk menggunakan text editor terlebih dahulu. Text editor sangat penting untuk membantu dalam memahami script. Karena jika menggunakan text editor setiap tag atau perintah diketikan, jadi secara tidak langsung ini akan membantu dalam pemahaman dan penyelesian masalah. Beberapa text edito yang penulis sarankan adalah :
- Notepad ++
- Sublime Text

3. Localhost

XAMPP
XAMPP
Localhost digunakan untuk menjalankan server didalam komputer kita. Localhost berguna untuk menguji bahasa pemrograman yang berjalan disisi server serperti PHP. Sebenarnya, untuk belajar HTML dan CSS, kita belum membutuhkan ini. Kita akan memakai Localhost ketika mulai mempelajari bahasa pemrograman PHP. Localhost yang penulis sarankan adalah XAMPP. Penulis sendiri belum pernah menggunakan localhost selain XAMPP. Alasan penulis menggunakanya adalah karena tools yang satu ini sudah sangat lengkap, bahkan sudah mendukung MySQL. Paket yang disediakan XAMPP sudah lebih dari cukup untuk belajar pemrograman web.

Itulah Tools Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Belajar Pemrograman Web. Untuk teman-teman yang akan belajar website, silahkan dipersiapkan tools-tools diatas. Jika tidak ada halangan, penulis juga akan membuat artikel tentang Tutorial Belajar Website Dari Nol. Sekian dan terima kasih.


Baca Juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel