-->

Pengertian Nilai Sosial Menurut Para Ahli Sosiologi

Pengertian Nilai Sosial Menurut Para Ahli Sosiologi | Para pembaca yang budiman, anda tentu pernah mendengar orang berkata “Orang itu baik, barang itu berharga, barang itu bernilai” atau yang semisal. Sesuatu dikatakan berharga, bernilai atau baik jika hal itu berguna bagi orang lain. Jika kita akan membahas mengemengenai nilai, kita awali dengan pertanyaan-pertanyaan mengapa dan bagaimana suatu kondisi itu bisa terjadi. Misalnya, mengapa orang rela mengorbankan segenapp harta dan nyawanya hanya untuk membela sukunya atau memperjuangkan tanah airnya? Jawabannya merujuk pada hakikat keinginan luhur yang dicita-citakan oleh orang atau masyarakat tersebut.

Nilai sosial dalam sosiologi bersifat abstrak karena nilai tidak dapat dikenali dengan pancaindra. Nilai hanya dapat ditangkap melalui benda atau tingkah laku yang mengandung nilai itu sendiri. Nilai (value) mengacu pada pertimbangan terhadapsuatu tindakan, benda, cara untuk mengambil keputusan apakah sesuatu yang bernilai itu benar (mempunyai nilai kebenaran), indah (nilai keindahan/estetik), dan religius (nilai ketuhanan).

Pengertian Nilai Sosial adalah penghargaan yang diberikan masyarakat terhadap sesuatu yang dianggap baik, luhur, pantas dan mempunyai daya guna fungsional bagi masyarakat. Kegiatan menolong orang lain dianggap pantas dan berguna, maka kegiatan tersebut diterima sebagai sesuatu yang bernilai atau berharga.

Berikut ini pendapat beberapa ahli sosiologi tentang nilai sosial :

pengertian nilai sosial

A.Pengertian Nilai Menurut Prof. Dr. Notonegoro

Prof. Dr. Notonegoro, membagi nilai menjadi tiga macam sebagai berikut:
1. Nilai material, Nilai material adalah segala sesuatu yang berguna bagi jasmani/unsur fisik manusia.
2. Nilai vital, Nilai vital adalah segala sesuatu yang berguna bagi manusia untuk melakukan suatu kegiatan dan aktivitas.
3. Nilai kerohanian, Nilai kerohanian adalah segala sesuatu yang berguna bagi batin (rohani) manusia. Nilai kerohanian manusia dibedakan menjadi empat macam, yaitu:
  • nilai kebenaran adalah nilai yang bersum-ber pada unsur akal manusia;
  • nilai keindahan adalah nilai yang bersumber pada perasaan manusia (nilai estetika);
  •  nilai moral (kebaikan) adalah nilai yang bersumber pada unsur kehendak atau kemauan (karsa dan etika);
  •  nilai religius adalah nilai ketuhanan yang tertinggi, yang sifatnya mutlak dan abadi.

B. Pengertian Nilai Menurut Robert M. Z. Lawang

Menurut M. Z. Lawang, nilai adalah gambaran mengenai apa yang diinginkan, pantas, berharga dan memengaruhi perilaku sosial dari orang yang memiliki nilai itu.

C. Pengertian Nilai Menurut Woods, 

Menurut Woods, nilai sosial merupakan petunjuk umum yang telah berlangsung lama, yang mengarahkan tingkah laku dan kepuasan dalam kehidupan sehari-hari.

D. Pengertian Nilai Menurut C. Kluckhohn

, Menurut Kluckhohn berpendapa bahwa semua nilai kebudayaan pada dasarnya mencakup:
  1.   nilai mengenai hakikat hidup manusia
  2.   nilai mengenai hakikat karya manusia
  3.   nilai mengenai hakikat kedudukan manusia dalam ruang dan waktu
  4.   nilai mengenai hakikat hubungan manusia dengan alam
  5.   nilai mengenai hakikat hubungan manusia dengan sesamanya.
    Itulah tadi sedikit pemaparan taentang Nilai Sosial menurut para ahli sosiologi, semoga artikel singkat ini dapat membantu dalam proses belajar dan mengajar.
   

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel