PROFIL
PROFIL SEKOLAH
A. Identitas Sekolah:
a. Nama Sekolah : SMA NEGERI 2 MENGGALA
Status Sekolah : NEGERI
Tahun berdiri : 2004
Akreditasi : B (Tahun 2008)
b. Alamat Sekolah : Jl. Lintas Timur Tiuh Tohou, Menggala
Provinsi : Lampung
Kabupaten : Tulang Bawang
Kecamatan : Menggala
Desa : Tiuh Tohou
Jalan : Jl. Lintas Timur No 2, Tiuh Tohou
Kode Pos : 34614
Telepon/Fax. : Telp.082880415389 Fax.: (belum ada)
E – Mail/Website : E – Mail:sman2menggala @ymail.com
Facebook : Smandagala Community
- Nomor Rekening Bank :
Nama Bank :
Alamat Bank :
Nomor Telepon Bank :
Nama Pemegang Rekening:
B. Identitas Kepala Sekolah
Nama Kepala SMA : Febriansah,S.Pd
NIP : 196702071994121002
Ijazah terakhir : Sarjana Pendidikan
SK Pengangkatan Kepala Sekolah:
Nomor :
Tanggal :
TMT :
C. Letak Geografis dan Kondisi Lingkungan
Secara geografis SMAN 2 Menggala yang beralamat di Jl. Lintas Timur No.3 Tiuh Toho, berada dekat dengan pusat Pemda Tulang Bawang. Selain lateknya yang strategis, mudah dijangkau dan transportasi lancar juga berdekatan dengan beberapa fasilitas umum lainya. Hal ini memudahkan para siswa dan guru yang berasal dari segala penjuru Kab. Tulang Bawang.
Kondisi lingkungan di sekitar SMAN 2 Menggala sangat mendukung untuk terciptanya suasana pembelajaran yang nyaman, walaupun berada di jalan raya trans sumatera namun telah disediakan jalur alternatif dan bangunan sekolah yang terdekat berjarak 20 m dari jalan raya sehigga tingkat kebisingannya relatif rendah. Mengingat letak sekolah berdekatan dengan beberapa fasilitas pemerintah cukup lengkap dan saling mendukung juga masyarakat setempat sangat mendukung adanya kegiatan pendidikan hal ini merupakan salah satu penunjang untuk keberhasilan belajar siswa.
D. Keadaan Sekolah
1) Program Khusus
SMA Negeri 2 Menggala berdiri sejak T.P. 2004/2005 sementara menumpang gedung milik Dinas Pendidikan Kab. Tulang Bawang, pada awalnya hanya menampung siswa lulusan SMP dan MTs di Kecamatan Menggala dan sekiitarnya. Pada tahun pertama berdiri memiliki siswa berjumlah 80 siswa (2 rombongan belajar) dan T.P. 2005/2006 menerima siswa berjumlah 80 siswa (2 rombongan belajar) pada kedua tahun pelajaran tersebut siswa dibebani biaya sekolah (SOP dan dana Ektrakurikuler).
Pada T.P. 2006/2007 menerima siswa 120 (3 rombongan belajar) yang berasal dari lulusan SMP/MTs Negeri/swasta seluruh Kab. Tulang Bawang yang memiliki peringkat 10 besar di sekolahnya dan siswa-siswinya tidak dibebani biaya sekolah, yaitu seluruh biaya pendidikan di SMAN 2 Menggala disubsidi oleh Pemda Tulang Bawang termasuk seragam, makan 3 kali, asrama dan transportasi dibebankan pada APBD Kab. Tulang Bawang. Kini program tersebut telah memasuki tahun yang kedua yaitu pada tahun pelajaran 2007/2008 menerima 90 siswa, sehingga jumlah total siswa yang dibiayai oleh Pemkab. Tulang Bawang 207 orang yaitu kelas X = 90 orang diasramakan di Tiuh Toho, dan kelas XI = 117 di Islamic Center Menggala. Sedangkan untuk kelas XII = 72 orang program biasa biaya pendidikan dan fasilitas lainya dibebankan pada orang tua masing-masing.
Dengan demikian SMA Negeri 2 Menggala oleh Bupati Tulang Bawang Drs. Abdurrahman Sarbini, SH, MM, T.P. 2006/2007 direkomendasikan untuk menjadi sekolah unggulan di Kab. Tulang Bawang dengan harapan dapat mengangkat harkat dan martabat Kab. Tulang Bawang khususnya di bidang pendidikan.
2) Kurikulum yang digunakan
NO
|
TAHUN PELAJARAN
|
KELAS
|
KURIKULUM
|
1.
|
2004/2005
|
X
|
KBK/KUR. TH 2004
|
2.
|
2005/2006
|
X, XI
|
KBK/KUR. TH 2004
|
3.
|
2006/2007
|
X
XI, XII
|
KTSP
KBK/KUR. TH 2004
|
4.
|
2007/2008
|
X, XI
XII
|
KTSP
KBK/KUR. TH 2004
|
5
|
2008/2009
|
X, XI
XII
|
KTSP
KTSP
|
3) Keadaan siswa
TAHUN PELAJARAN
|
JUMLAH SISWA
|
JUMLAH SISWA BARU
| ||||
Kelas X
|
Kelas XI
|
Kelas XII
|
Jumlah
|
Pendaftar
|
Diterima
| |
2004/2005
|
80
(2 Rombel)
|
-
|
-
|
80
(2 Rombel)
|
90
|
80
|
2005/2006
|
80
(2 Rombel)
|
70
(2 Rombel)
|
-
|
150
(4 Rombel)
|
100
|
80
|
2006/2007
|
120
(3 Rombel)
|
80
(2 Rombel)
|
60
(2 Rombel)
|
260
(7 Rombel)
|
145
|
120
|
2007/2008
|
90
(3 Rombel)
|
117
(3 Rombel)
|
72
(2 Rombel)
|
279
(8 Rombel)
|
146
|
90
|
2008/2009
|
96
(3 Rombel)
|
90
(3 Rombel)
|
108
(3 Rombel)
|
279
(9 Rombel)
|
146
|
96
|
2009/2010
|
89
(4 Rombel)
|
88
(4 Rombel)
|
90
(4 Rombel)
|
267
(12 Rombel)
|
114
|
96
|
4) Keadaan Input dan Output
TAHUN PELAJARN
|
JML
SISWA
IN PUT
|
NILAI RATA-RATA U N INPUT
|
JML
SISWA
OUT PUT
|
NILAI RATA-RATA U N OUTPUT
|
MELANJUT KAN
| |||||||||||
BHS IND
|
BHS ING
|
MTK
|
BHSIND
|
BHS ING
|
MTK
|
FIS
|
KIM
|
BIO
|
EKO
|
GEO
|
SOS
|
PTN
|
PTS
| |||
2004/2005
|
50
|
6,60
|
6,20
|
6,33
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2005/2006
|
80
|
7,78
|
6,99
|
6,33
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2006/2007
|
120
|
7,61
|
7,63
|
7,35
|
56
|
7,30
|
7,70
|
7,35
|
-
|
-
|
-
|
5,90
|
-
|
-
|
1
|
15
|
2007/2008
|
90
|
8,53
|
7,50
|
8,32
|
72
|
6,20
|
7,08
|
7,22
|
6,39
|
6,68
|
7,98
|
7,39
|
7,28
|
7,24
|
2
|
30
|
2008/2009
|
96
|
8,26
|
7,65
|
8,19
|
6.85
|
8.05
|
6.29
|
8.41
|
8.23
|
7.83
|
6.89
|
7.26
|
6.23
|
18
|
20
| |
2009/2010
|
6) Keadaaan Sarana dan Prasarana
Luas tanah yang dimiliki SMAN 2 Menggala 20.000 M² merupakan hibah dari Pemda Kab. Tulang Bawang tahun 2006. Prasana gedung yang ada merupakan USB APBN tahun 2006 sebanyak 3 unit dan dana shaering dari APBD sebanyak 5 unit. Adapun jenis dan jumlah prasarana yang dimiliki SMAN 2 Menggala sampai T.P. 2008/2009 tampak pada gambar berikut ini.
a) Keadaan Prasarana
NO
|
JENIS
|
JML
(Unit)
|
UKURAN
(m²)
|
KETERANGAN
|
1.
|
Ruang kelas
|
12
|
@ 72
|
Baik
|
2.
|
Ruang perpustakaan
|
1
|
72
|
Baik
|
3.
|
Laboratorium Biologi
|
-
|
-
|
Belum ada
|
4.
|
Laboratorium Fisika
|
-
|
-
|
Belum ada
|
5.
|
Laboratorium Kimia
|
1
|
88
|
Lab. IPA Terpadu
|
6.
|
Laboratorium Komputer
|
-
|
-
|
Belum ada
|
7.
|
Laboratorium Bahasa
|
-
|
-
|
Belum ada
|
8.
|
Ruang pimpinan
|
1
|
12
|
Baik
|
9.
|
Ruang guru
|
1
|
150
|
Baik
|
10.
|
Ruang tata usaha
|
1
|
120
|
Baik
|
11.
|
Tempat beribadah (Musholla)
|
1
|
1
|
Baik
|
12.
|
Ruang konseling
|
1
|
24
|
Baik
|
13.
|
Ruang UKS
|
1
|
24
|
Baik
|
14.
|
Ruang organisasi kesiswaan
|
1
|
24
|
Baik
|
15.
|
Jamban
|
8
|
36
|
Baik
|
16.
|
Gudang
|
1
|
12
|
Baik
|
17.
|
Ruang bermain/ berolahraga
|
1
|
500
|
Baik
|
18.
|
Asrama Siswa
|
46 kamar
|
1240
|
Baik utk 186 siswa
|
b) Keadaan Sarana Penunjang
NO
|
JENIS
|
SARANA
|
JUMLAH
|
KETERANGAN
|
1.
|
Ruang kelas
|
- Meja siswa
- Kursi siswa
- Meja guru
- Kursi guru
- Whiteboard
- Tempat sampah
- Soket liastrik
- Jam dinding
|
325
325
10
10
10
9
9
9
|
25 rusak
25 rusak
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
|
2.
|
Ruang perpustakaan
|
- Buku pelajaran
- Buku pegangan guru
- Buku Fiksi/non fiksi
- Buku referensi (Kamus, UUD, Silabus dll)
- Sumber belajar (CD, Globe, peta)
- Lemari buku
- Meja baca (besar)
- Kursi baca
- Meja dan kursi petugas
|
1473
33
43
26
50
6
8
40
1 set
|
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
|
3.
|
Laboratorium Biologi
|
- Ruang dan Perabot
- Alat peraga (Model dan Gbr)
- Alat dan Bahan Perc.
- Bahan habis pakai
- Perlengkapan lain
|
-
50%
50 %
50 %
10 %
|
Belum ada
dari kebutuhan
dari kebutuhan
dari kebutuhan
dari kebutuhan
|
4.
|
Laboratorium Fisika
|
- Ruang dan Perabot
- Bahan dan alat ukur dasar
- Alat percobaan
- Bahan habis pakai
- Perlengkapan lain
|
-
50 %
50 %
50 %
10 %
|
Belum ada
dari kebutuhan
dari kebutuhan
dari kebutuhan
dari kebutuhan
|
5.
|
Laboratorium Kimia
|
Ruang
- Meja kerja siwa (besar)
- Kursi siswa
- Lemari alat
- Meja demontrasi
- Meja persiapan
- Bak cuci
- Lemari asam
Peralatan Pendidikan
Bahan habis pakai
|
1
6
10
3
1
1
4
-
50 %
50 %
|
Ada
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Belum ada
dari kebutuhan
dari kebutuhan
|
6.
|
Laboratorium Komputer
|
Ruang
- Perabot
- Komputer
- Printer
- LAN
- Scaner
- Jaringan Internet
|
-
11
11
1
16
-
-
|
Belum ada
Untuk siswa + 1 guru
Untuk siswa + 1 guru
Rusak
Baik
Belum ada
Belum ada
|
7.
|
Laboratorium Bahasa
|
-
|
-
|
Belum ada
|
8.
|
Ruang pimpinan
|
- Meja dan kursi pimpinan
- Lemari
- Kursi tamu
- Papan
|
1 set
1
1 set
1
|
Baik
Baik
Baik
Baik
|
9.
|
Ruang guru
|
- Meja dan Kursi guru
- Lamari
- Kursi tamu
- Papan pengumuman
- Jam dinding
- Tempat cuci
|
40 set
4
1 set
1
1
1
|
Baik
Digunakan bersama
Baik
Baik
Baik
Baik
|
10.
|
Ruang tata usaha
|
- Meja dan kursi staf TU
- Lemari Arsip
- Mesin Tik
- Komputer dan printer
- Filing kabinet
- Brankas
- Telepon
|
5
3
1
1
-
-
1
|
Baik
Baik
Baik
Baik
Belum ada
Belum ada
Baik
|
11.
|
Tempat beribadah (Musholla)
|
-
|
-
|
Belum ada
|
12.
|
Ruang konseling
|
Perabot
|
-
|
Belum lengkap
|
13.
|
Ruang UKS
|
Perabot
|
-
|
Belum lengkap
|
14.
|
Ruang organisasi kesiswaan
|
Perabot
|
50 %
|
Dari kebutuhan
|
15.
|
Jamban Siswa
|
Kloset dan bak
|
6
|
Baik
|
16.
|
Gudang
|
Lemari
|
2
|
Baik
|
17.
|
Sarana berolahraga/ bermain
|
- Lapangan Voly
- Lapangan Futsal
- Peralatan sepak Bola
- Peralatan Voly
- Peralatan Altetik
- Peralatan senam (matras)
|
2
1
2
2
-
2
|
Baik
Belum lengkap
Baik
Baik
Belum lengkap
Belum lengkap
|
18.
|
Asrama Siswa
|
Kamar
|
48
|
Pemeliharaan
|
19.
|
Media Pembelajaran
|
- Tape recorder
- VCD Player
- TV 21” dan 29”
- Speaker aktiv
- Lap Top
- LCD proyektor + layar
|
1
2
@ 1
1 set
1
1 set
|
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
|
7) Keunggulan dan Prestasi Sekolah
a. Kunggulan Sekolah
Pada T.P. 2006/2007 menerima siswa 120 (3 rombongan belajar) yang berasal dari lulusan SMP/MTs Negeri/swasta seluruh Kab. Tulang Bawang yang memiliki peringkat 10 besar di sekolahnya dan siswa-siswinya tidak dibebani biaya sekolah, yaitu seluruh biaya pendidikan di SMAN 2 Menggala disubsidi oleh Pemda Tulang Bawang termasuk seragam, makan 3 kali, asrama dan transportasi dibebankan pada APBD Kab. Tulang Bawang. Kini program tersebut telah memasuki tahun yang kedua yaitu pada tahun pelajaran 2007/2008 menerima 90 siswa, sehingga jumlah total siswa yang dibiayai oleh Pemkab. Tulang Bawang 207 orang yaitu kelas X = 90 orang diasramakan di Tiuh Toho, dan kelas XI = 117 di Islamic Center Menggala. Sedangkan untuk kelas XII = 72 orang program biasa biaya pendidikan dan fasilitas lainya dibebankan pada orang tua masing-masing.
Dengan demikian SMA Negeri 2 Menggala oleh Bupati Tulang Bawang Drs. Abdurrahman Sarbini, SH, MM, T.P. 2006/2007 direkomendasikan untuk menjadi sekolah unggulan di Kab. Tulang Bawang dengan harapan dapat mengangkat harkat dan martabat Kab. Tulang Bawang khususnya di bidang pendidikan.
b. Prestasi Sekolah
1. Perestasi Akademik
NO
|
PRESTASI
|
JUARA
|
TINGKAT
|
TAHUN
|
1.
|
Wakil Paskibra = 3 Orang
|
-
|
Kabupaten
|
2005
|
2.
|
Olimpiade Astronomi
|
I
|
Kabupaten
|
2006
|
3.
|
Olimpiade Biologi
|
III
|
Kabupaten
|
2006
|
4.
|
Lukis Poster Hari Kesehatan
|
I
|
Kabupaten
|
2006
|
5.
|
Wakil Paskibra = 3 Orang
|
-
|
Kabupaten
|
2006
|
6.
|
Olimpiade TIK
|
I
|
Kabupaten
|
2007
|
7.
|
Wakil Paskibra = 1 Orang
|
-
|
Provinsi
|
2007
|
8.
|
Mengarang HUT Radar Tuba
|
I, II
|
Kabupaten
|
2007
|
9.
|
LCT MIPA
|
I
|
Kabupaten
|
2007
|
10.
|
LCT UUD 1945
|
I
|
Kabupaten
|
2007
|
11.
|
Olimpiade Matematika
|
III
|
Kabupaten
|
2008
|
12.
|
Olimpiade Fisika
|
I
|
Kabupaten
|
2008
|
13.
|
Olimpiade TIK
|
I
|
Kabupaten
|
2008
|
14.
|
Olimpiade Geologi/Kebumian
|
I
|
Privinsi
|
2008
|
15.
|
I,II,III,IV
|
Kabupaten
|
2008
| |
16.
|
Pidato Bahasa Indonesia
|
I dan IV
|
Kabupaten
|
2008
|
17.
|
Karya Ilmiah
|
III
|
Kabupaten
|
2008
|
18.
|
Pidato Bahasa Inggris
|
III
|
Kabupaten
|
2009
|
19.
|
Pidato Bahasa Inggris
|
I
|
Kabupaten
|
2009
|
20.
|
Olimpiade Kebumian
|
I
|
Kabupaten
|
2009
|
21.
|
Olimpiade Astronomi
|
I
|
Kabupaten
|
2009
|
22.
|
Olimpiade Fisika
|
II
|
Kabupaten
|
2009
|
23.
|
Olimpiade TIK
|
II
|
Kabupaten
|
2009
|
24.
|
Olimpiade Ekonomi
|
II
|
Kabupaten
|
2009
|
25.
|
Olimpiade Biologi
|
III
|
Kabupaten
|
2009
|
2. Prestasi Non Akademik
NO
|
PRESTASI
|
JUARA
|
TINGKAT
|
TAHUN
|
1.
|
Lari 100 M Putra POPDA
|
I
|
Kabupaten
|
2006
|
2.
|
Gerak Jalan Putri HUT RI
|
I
|
Kabupaten
|
2006
|
3.
|
Lompat Jauh Putri POPDA
|
I
|
Kabupaten
|
2006
|
4.
|
Pencak Silat Putra POPDA
|
I
|
Kabupaten
|
2007
|
5.
|
Pencak Silat Putri POPDA
|
II
|
Kabupaten
|
2007
|
6.
|
Karate Putra POPDA
|
II
|
Kabupaten
|
2007
|
7.
|
Tenis Meja Beregu Putri POPDA
|
I
|
Kabupaten
|
2007
|
8.
|
Lari 200 m Putri POPDA
|
III
|
Kabupaten
|
2007
|
9.
|
Lompat Jauh Putri POPDA
|
III
|
Kabupaten
|
2007
|
10.
|
Gerak Jalan Putri HUT RI
|
II
|
Kabupaten
|
2007
|
11.
|
Muli Meghanei HUT TUBA
|
III
|
Kabupaten
|
2007
|
12.
|
Tari Kreasi Nusantara HUT TUBA
|
II
|
Kabupaten
|
2008
|
13.
|
Pop Lampung HUT TUBA
|
III
|
Kabupaten
|
2008
|
14.
|
Festival Band
|
III
|
Kabupaten
|
2008
|
15.
|
Tendanisasi PMR Wira
|
I
|
Nasional
|
2008
|
16.
|
Pertolongan Pertama PMR Wira
|
II
|
Nasional
|
2008
|
17.
|
Perawatan Keluarga PMR Wira
|
III
|
Nasional
|
2008
|
18.
|
Lukis Poster PMR Wira
|
I
|
Nasional
|
2008
|
19.
|
Invitasi PMR Wira/Madya KSR PMI Unila
|
Juara Umum
|
Nasional
|
2008
|
20.
|
Tendanisasi PMR Wira
|
I
|
Sumbagsel
|
2009
|
21.
|
Peragaan Tandu Darurat Putra Wira
|
I
|
Sumbagsel
|
2009
|
22.
|
Parodi PMR Wira
|
I
|
Sumbagsel
|
2009
|
23.
|
Lukis Poster PMR Wira
|
II
|
Sumbagsel
|
2009
|
24.
|
Penyuluhan B. Inggris
|
III
|
Sumbagsel
|
2009
|
25
|
Invitasi PMR Wira/Madya KSR Al-Kautsar
|
Juara Favorit
|
Sumbagsel
|
2009
|
26.
|
Gerak Jalan Putri HUT TUBA
|
II
|
Kabupaten
|
2009
|
27.
|
Volly Ball HUT TUBA
|
II
|
Kabupaten
|
2009
|
28.
|
POP Daerah Putri
|
I
|
Kabupaten
|
2009
|
29.
|
POP Daerah Putra
|
III
|
Kabupaten
|
2009
|
30.
|
Pencak Silat Putra POPDA
|
III
|
Propinsi
|
2009
|
31.
| ||||
32.
|
BAB III
RENCANA STRATEGI SEKOLAH
A. Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah:
1. Visi
Unggul dalam prestasi dan karya serta berahlak mulia yang bertumpu pada agama dan budaya Lampung.
2. Misi
1. Menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dalam upaya meningkatkan prestasi dan karya
2. Menumbuh kembangkan semangat keunggulan dan berahlak mulia kepada para peserta didik, guru dan karyawan sehingga berkemauan kuat untuk berprestasi dan berkarya
3. Meningkatkan profesionalime dan kesejahteraan seluruh tenaga pendidik dan kependidikan.
4. Mengembangkan dan melestarikan budaya Lampung dalam pergaulan di lingkungan sekolah dan sekitarnya.
B. Tujuan Sekolah
1. Mempersiapkan peserta didik agar menjadi manusia yang berahlak mulia, dapat berprestasi dan berkarya dalam bidang akademik, seni dan budaya.
2. Meningkatkan mutu pembelajaran sehingga prestasi belajar siswa semakin baik dan lulusannya yang melanjutkan ke perguruan tinggi semakin banyak
3. Melengkapi dan mengembangkan sarana dan prasarana pembelajaran di sekolah untuk mendukung peningkatan mutu pembelajaran
4. Membekali peserta didik agar memiliki kebanggaan terhadap budaya Lampung serta mampu mengembangkan diri secara mandiri.
C. Tujuan Jangka Menengah (2006– 2010)
1. Seluruh pendidik dan tenaga kependidikan yang ada dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara optimal, berdisiplin tinggi dan profesional serta menjujung tinggi nilai-nilai agama dan budaya yang berlaku.
2. Melaksanakan pembelajaran berbasis ICT
3. Menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam pembelajaran.
4. Target pencapaian rata-rata nilai Ujian Nasional minimal 7,00
5. 75 % lulusan mampu berkomunikasi degan bahasa Inggris dengan baik
6. 40 % lulusan dapat diterima di PTN melalui jalur SPMB, PMDK dan PTS yang terakreditasi.
7. Lulusan memilki kompetensi kecakapan hidup dan ketrampilan yang bermanfaat bagi masyarakat.
8. Meningkatnya kerjasama dengan dunia pendidikan dan instansi terkait.
9. Meningkatnya dukungan komite sekolah dan Pemda Kab. Tulang Bawang.
10. Dapat mengembangkan potensi dan budaya Lampung.
D. Tujuan Situasional/Sasaran
1. Tujuan Tahun Pelajaran 2006/2007
1) Mengidentifikasi budaya yang positif melalui pemotretan budaya Lampung
2) Meningkatkan jaringan kerjasama antar sekolah
3) Meningkatkan kompetensi guru melalui Diklat, IHT, Workshop
4) Menambah ruang belajar dan prasarana lainya
5) Mengupayakan bantuan Blok Grant
6) Meningkatkan partisipasi komite sekolah dan Pemkab Tulang Bawang
7) Monitoring dan evaluasi guna penyempurnaan KTSP
8) Kelulusan UN minimal 90 % dan nilai rata-ratanya minimal 65
9) Memotivasi lulusan berminat melanjutkan ke perguruan tinggi
10) Mengaktifkan seluruh kegiatan ekstrakurikuler
2. Tujuan Tahun Pelajaran 2007/2008
1) Mengembangkan budaya Lampung di sekolah.
2) Menetapkan sekolah-sekolah rujukan
3) Melaksanakan pelatihan komputer dan bahasa inggris untuk guru dan TU
4) Mengupayakan bantuan Blok Grant untuk pelaksanaan KTSP
5) Meningkatkan motovasi belajar siswa agar memamfaatkan sumber belajar yang ada (perpustakaan dan Laboratorium)
6) Menambah 1 Laboratorium Bahasa dan 1 unit Asrama
7) Menambah perangkat Komputer untuk praktik siswa
8) Nilai rata-rata UN minimal 67
9) 20 % lulusan dapat diterima di PTN dan PTS terakreditasi.
10) Menjadi sekolah rintisan SKM/SSN
3. Tujuan Tahun Pelajaran 2008/2009
1) Peningkatkan pengembangan budaya Lampung di sekolah
2) Menjalin kerjasama dengan sekolah-sekolah rujukan
3) 75 % guru dan TU mampu mengoperasikan komputer
4) Mengusulkan bantuan Blok Grant untuk pelaksanaan SKM/SSN
5) Meningkatkan kompetensi siswa di bidang komputer dan bahasa Inggris
6) Menambah dan memperbaiki sarana dan prasarana penunjang pendidikan
7) Nilai rata-rata UN minimal 68
8) 25 % lulusan dapat diterima di PTN dan PTS terakreditasi.
9) Meningkatkan dukungan komite sekolah dan Pemda kab. Tulang Bawang
10) Memantapkan sekolah rintisan SKM/SSN
4. Tujuan Tahun Pelajaran 2009/2010
1) Memantapkan pengembangan budaya Lampung di sekolah
2) Meningkatkan kerjasama dengan sekolah-sekolah rujukan
3) 100% guru dan TU mampu mengoperasikan komputer
4) Mengusulkan peningkatkan bantuan Blok Grant untuk pelaksanaan SKM/SSN
5) 65 % siswa kompeten di bidang komputer dan bahasa Inggris
6) Menambah 1 laboratorium Biologi
7) Nilai rata-rata UN minimal 69
8) 30 % lulusan dapat diterima di PTN dan PTS terakreditasi.
9) Meningkatkan dukungan komite sekolah dan Pemda kab. Tulang Bawang
10) Menjadi sekolah dalam katagori SKM/SSN
5. Tujuan Tahun Pelajaran 2010/2011
1) Seluruh pendidik dan tenaga kependidikan yang ada dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara optimal, berdisiplin tinggi dan profesional serta menjujung tinggi nilai-nilai agama dan budaya yang berlaku.
2) Melaksanakan pembelajaran berbasis ICT
3) Menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam pembelajaran.
4) Target pencapaian rata-rata nilai Ujian Nasional minimal 7,00
5) 75 % lulusan mampu berkomunikasi degan bahasa Inggris dengan baik
6) 40 % lulusan dapat diterima di PTN melalui jalur SPMB, PMDK dan PTS yang terakreditasi.
7) Lulusan memilki kompetensi kecakapan hidup dan ketrampilan yang bermanfaat bagi masyarakat.
8) Meningkatnya kerjasama dengan dunia pendidikan dan instansi terkait.
9) Meningkatnya dukungan komite sekolah dan Pemda Kab. Tulang Bawang.
10) Dapat mengembangkan potensi dan budaya Lampung.
BAB IV
PROGRAM BANTUAN RINTISAN SEKOLAH KATAGORI MANDIRI (SKM)/
SEKOLAH STANDAR NASIONAL (SSN)
1. Pendahuluan
Pemerintah melalui Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan telah menetapkan kebijakan tentang pengkategorian sekolah berdasarkan tingkat keterlaksanaan standar nasional pendidikan ke dalam kategori standar, mandiri dan bertaraf internasional. Pemerintah telah menetapkan bahwa satuan pendidikan wajib menyesuaikan diri dengan ketentuan tersebut paling lambat 7 (tujuh) tahun sejak diterbitkannya Peraturan Pemerintah tersebut. Sekolah Kategori Mandiri/Sekolah Standar Nasional (SKM/SSN) adalah sekolah yang telah memenuhi atau hampir memenuhi standar nasional pendidikan.
Menindaklanjuti kebijakan tersebut, Direktorat Pembinaan SMA sejak tahun 2007 memprogramkan kegiatan rintisan SKM/SSN. Secara umum tujuan dari program rintisan SKM/SSN adalah: 1) mendorong sekolah untuk dapat menyelenggarakan pendidikan agar mencapai kondisi memenuhi/hampir memenuhi standar nasional pendidikan, 2) memberikan arahan upaya-upaya yang harus dilakukan sekolah untuk dapat memenuhi/ hampir memenuhi standar nasional pendidikan, 3) memberikan pendampingan kepada sekolah untuk mewujudkan SKM/SSN dalam kurun waktu tertentu, 4) menjalin kerjasama dan meningkatkan peran serta stakeholder pendidikan di SMA baik ditingkat pusat dan daerah dalam mengembangkan SKM/SSN, dan 5) mendapatkan model/rujukan SKM/SSN. Program rintisan SKM/SSN terdiri dari beberapa kegiatan yaitu identifikasi profil sekolah berdasarkan data yang dijaring melalui inventarisasi kondisi sekolah; penyusunan program kerja rintisan SKM/SSN oleh sekolah; penilaian, penyempurnaan dan penyepakatan program kerja melalui asistensi dan sinkronisasi program; dan supervisi dan evaluasi hasil pelaksanan program rintisan SKM/SSN.
Mendukung pelaksanaan program rintisan sekolah kategori mandiri dimaksud, Direktorat Pembinaan SMA pada tahun 2007 telah mengalokasikan dana bagi sejumlah sekolah dalam bentuk block grant melalui dana dekonsentrasi di masing-masing provinsi. Model penyaluran dana melalui block grant tersebut sesuai dengan prinsip dan tujuan yang terkandung dalam program Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) yaitu memandirikan dan memberdayakan sekolah melalui pemberian kewenangan (otonomi) kepada sekolah dan mendorong sekolah untuk melakukan pengambilan keputusan secara partisipatif. Secara umum tujuan pemberian dana bantuan block grant adalah untuk : 1) mewujudkan perluasan dan pemerataan pendidikan melalui kesempatan memperoleh pendidikan di sekolah, 2) meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan melalui penyelenggaraan pembelajaran yang bermutu, 3) mendorong sekolah untuk melaksanakan school-based management (SBM) dalam rangka meningkatkan dan efisiensi penyelenggaraan pendidikan di sekolah, dan 4) mendorong dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan di SMA menuju SKM/SSN.
Pada tahun anggaran 2008 telah dianggarkan dana bantuan block grant rintisan SKM/SSN untuk 2.465 SMA yang tersebar di 33 Provinsi dan 465 Kabupaten/Kota masing-masing sebesar Rp. 100 Juta/sekolah. Pemilihan dan penetapan rintisan SKM/SSN penerima dana bantuan block grant dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi mengacu pada rambu-rambu yang telah ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan SMA. Bantuan dana block grant program rintisan SKM/SSN merupakan dana rangsangan yang pemanfaatannya langsung dikelola oleh sekolah penerima bantuan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan mengacu pada program kerja yang telah disepakati antara pihak sekolah, Direktorat Pembinaan SMA dan Dinas Pendidikan Provinsi. Dana bantuan/block grant tersebut tidak diarahkan untuk memenuhi seluruh kebutuhan sekolah terkait dengan program rintisan SKM/SSN sehingga kekurangannya dipenuhi secara mandiri oleh sekolah dan Dinas Pendidikan setempat.
Berkaitan dengan program rintisan SKM/SSN yang didukung dengan pemberian dana bantuan block grant, sekolah yang ditetapkan sebagai rintisan SKM/SSN diwajibkan menyusun program kerja. Sebagai acuan bagi sekolah dalam menyusun program kerja sekolah maka disusun Panduan Penyusunan Program Kerja Rintisan SKM/SSN.
2. Prinsip-Prinsip Penyusunan Program Kerja
Prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam menyusun program kerja rintisan SKM/SSN adalah sebagai berikut:
1. Disusun secara sistematik, realistis dan operasional
2. Mudah dibaca dan dipahami
3. Disusun bersama oleh warga sekolah yang mencakup kepala sekolah, guru, karyawan, komite sekolah dan pengurus yayasan (sekolah swasta)
4. Memuat semua informasi yang dibutuhkan terkait dengan pencapaian SKM/SSN dengan mengacu pada hasil inventarisasi kondisi yang dilakukan Dinas Pendidikan Provinsi
5. Memuat rencana kegiatan dan tahapan pelaksanaan semua program
6. Mencantumkan kebutuhan dana, sumber dana dan penggunaannya
7. Mencantumkan identitas sekolah
8. Menyertakan lampiran yang berisi detail data yang diperlukan, termasuk hasil inventarisasi kondisi yang dilakukan Dinas Pendidikan Provinsi
Dari ciri tersebut Sekolah Kategori Mandiri/Sekolah Standar Nasional memiliki profil sebagai persyaratan minimal yang meliputi :
a. Dukungan Internal, yang meliputi :
1) Kinerja Sekolah indikator terakreditasi A, rerata nilai UN tiga tahun terakhir minimum 7,00, persentase kelulusan UN ≥ 90 % untuk tiga tahun terakhir, animo tiga tahun terakhir > daya tampung, prestasi akademik dan non akademik yang diraih, melaksanakan manajemen berbasis sekolah, jumlah siswa per kelas maksimal 32 orang, ada pertemuan rutin pimpinan dengan guru, ada pertemuan rutin sekolah dengan orang tua.
2) Kurikulum, dengan indikator memiliki kurikulum Sekolah Kategori Mandiri, beban studi dinyatakan dengan satuan kredit semester, mata pelajaran yang ditawarkan ada yang wajib dan pilihan, panduan/dokumen penyelenggaraan, memiliki pedoman pembelajaran, memiliki pedoman pemilihan mata pelajaran sesuai dengan potensi dan minat, memiliki panduan menjajagi potensi peserta didik dan memiliki pedoman penilaian.
3) Kesiapan sekolah, dengan indikator Sekolah menyatakan bersedia melaksanakan Sistem Kredit Semester, Persentase guru yang menyatakan ingin melaksanakan SKS ≥ 90%, Pernyataan staf administrasi akademik bersedia melaksanakan SKS, Kemampuan staf administrasi akademik dalam menggunakan komputer.
4) Sumber Daya Manusia, dengan indikator persentase guru memenuhi kualifikasi akademik ≥ 75%, relevansi guru setiap mata pelajaran dengan latar belakang pendidikan (90 %), rasio guru dan siswa, jumlah tenaga administrasi akademik memadai, tersedia guru bimbingan konseling/ karir.
5) Fasilitas di sekolah, dengan indiktor memiliki ruang kepala Sekolah, ruang wakil kepala sekolah, ruang guru, ruang bimbingan, ruang Unit Kesehatan, tempat Olah Raga, tempat ibadah, lapangan bermain, komputer untuk administrasi, memiliki laboratorium: Bahasa, Teknologi informasi/komputer, Fisika, Kimia, Biologi, Multimedia, IPS, Perpustakaan yang memiliki koleksi buku setiap mata pelajaran, memberikan Layananan bimbingan karir
b. Dukungan Eksternal untuk menyelenggarakan SKM/SSN berasal dari dukungan komite sekolah, orang tua peserta didik, dukungan dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dukungan dari tenaga pendamping pelaksanaan SKS.