-->

QUIZ Pengantar Teknologi Informasi

Hasil gambar untuk pengantar ti

   I.            Jelaskan apa yang anda ketahui tentang teknologi Input/Output
1.      DVORAK, QWERTY
2.      OCR, DMR, OpScan
3.      OMR
4.      MICR
5.      RFID
6.      ASR
7.      CCD
8.      CGA, EGA, VGA, XGA, SXGA, UXGA
9.      Omnidirecional, Unidirectional, Noise Canceling, Echo Canceling
10.  THX, DDS, Dts
11.  Pasive Matrix dan Active Matrix
12.  Dotmatrix, bubblejet, deskjet, impact, ink-jet, laser
13.  LCD, EL, Plasma, CRT

  
JAWABAN :
1. DVORAK DAN QWERTY 

- DVORAK : Merupakan sebuah tata letak papan ketik yang di patenkan tahun 1936 oleh Agust   Dvorak ( seorang propesor dan psikolog pendidikan di University of Washingtin di Seatte ) dan William Dealy.

- QWERTY : Merupakan jenis tataletak pada tombol-tombol keyboard yang digunakan pertama kali pada sebuah mesin tik buatan E. Remington pada tahun 1874. Penamaan qwerty itu sendiri karena tombol-tombol huruf Q,W,E,R,T,Y berada secara berurutan seperti terlihat dalam baris paling atas dari papan ketik .

2. OCR,DMR,OpScan 

- OCR : Singkatan dari Optical Charakter Recognition, merupakan alat mekanis atau elektronika yang di gunakan untuk menterjemahkan tulisan tangan ataupun naskah ketika berupa image/gambar yang biasanya dipindai menggunakan Scanner menjadi teks yang dapat di edit dengan suatu aplikasi komputer. 
- DMR : singkatan dari Digital Mark Reader, merupkan aplikasi yang memungkinkan pengguna scanner dokumen untuk melakukan suatu suatu pemerikasaan form , kuisioner, dan entri data dengan teknologi pengenalan data. 
- OpCan : merupakan Scenner khusus yang menggunakan teknologi OMR. Alat ini membaca tanda-tanda yang terdapat pada lembar jawaban komputer yang biasanya menggunaka pensil 2B yang menandai jawaban.

3. OMR 

-OMR: singkatan dari Optikal Mark Recignition, adalah sebuah perangkat lunak (software) yang memproses data melalui pantulan cahaya dengan menggunakan alat pemindai (scanner). 

4. MICR

-MICR : Magnetik Ink Charakter Recognition merupakan alat pembaca magnetis yang banyak digunakan untuk mengecek berbagai dokumen berharga agar sukar di palsukan. Pemakaiannya banyak digunakan di Bank-Bank. Alat ini mampu membaca huruf-huruf yang ditulis pada kertas yang dibuat dengan tinta megnetis, baik tulisan tangan ataupu magnetis. 

5. RFID

- RFID : Singkatan dari Radio Frequenci Idenrification, adalah sebuah metode identifikasi dengan sarana yang di buat label FRID atau Traspoder untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh. Label FRID terdiri dari chop silikon dan antena, fungsinya untuk dipasangkan pada objek agar dapat diidentifikasikan menggunakan gelombang radio dari jarak jauh. 

6. ASR

- ASR : Automatic Speed Recognition merupakan teknologi pengenalan suara otomatis atau sebuah teknologi yang memungkinkan sebuah input dapat diwakilkan dengan menggunakan suara saja. 

7. CCD

- CCD : Charger Coupled Davice merupakan sebuah sensor untuk merekam gambar. Terdiri dari sirkuit terintegrasi berisi larikan kondesator yang terhubung atau berpasangan. CDD banyak digunakan dalam fotografi digital dan astronomi (terutama dalam fotometri) optikal dan spektroskopi UV. 

8. CGA, EGA, VGA, XGA, SXGA, UXGA

- CGA : Color Graphik adapter. Merupakan minitr yang diluncurkan IBM pada tahun 1981 dan baru memiliki 4 warna dengan resolusi 320 x 200 pixel. 
- EGA : Enhanced Graphics Adapter. Merupakan kelanjutan dari teknologi CGA, dimana kemampuanya mengalami peningkatan yang cukup pesat menjadi 16 warna dengan resolusi 640x350 pixel.
- VGA (Video Graphic Accelerator) berfungsi untuk mengolah data graphic yang akan ditampilkan pada layar monitor. VGA juga membutuhkan memory dan memiliki processor yang disebut dengan GPU (Graphic Processing Unit). jadi VGA menghubungkan sistem komputer dengan monitor.
- XGA : Extented Graphics Array. Merupakan standar tampilan komputer yang diluncurkan IBM pada tahun 1990 dengan resolusi 1024 x 768 pixel
- SXGA : Super Extented Graphics Array. Merupakan teknologi computer yang keberadaanya setingkat lebih tinggi dari XGA dengan resolusi standar 1280 x 1024 pixel, dan merupakan teknologi yang paling banyak digunakan pada monitor LCD dan 19 inchi.
- UXGA : Ultra Extented Graphics Array, Mengacu pada resolusi dafault SVGA (800 x 600 ) sebesar 480.000 pixel.

9. Omnidirecional, Unidirectional, Noise Canceling, Echo Canceling 

- Omnidirectional adalah antena yang meradiasikan daya gelombang radio secara seragam dalam satu pesawat. biasanya digunakan untuk antena radio penyiaran dan perangkat mobile yang menggunakan radio.
- Unidirectional adalah antena yang pola radiasi pancarannya terarah sehingga efektifitas pancaran frekuensi hanya satu arah secara efektif.
- Noise Canceling adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengurangi,meredam dan meminimaliskan suara yang bising pada saat pengoprasian.
- Echo Canceling adalah Gema pembatalan yang digunakan untuk proses menghilangkan gema dan meningkatkan kualitas suara pada panggilan telepon. 

10. THX, DDS, & Dts

- THX adalah nama produksi audio/visual untuk reproduksi standar biosok kamar skiring teater rumah,dll.
- DDS (Digital Data Storage) adalah Format untuk menyimpan data komputer pada Digital Audio Tape (DAT).
- Dts (Digital Theater Sound) adalah sebuah teknologi audio, untuk memformat suara digunakan dikedua aplikasi komersial dan konsumen. 

11. Pasive Matrix & Active Matrix

- Pasive Matrix adalah skema pengalamatan yang digunakan dalam display LCD sebelumnya dan dapat digunakan dalam display LCD masa depan.
- Active Matrix adalah skema pengalamatan yang digunakan dalam display panel datar. 

12. Dotmatrix, Bubblejet, Deskjet, Impact, Ink-jet, & Laser

- Dotmatrix adalah jenis printer yang menggunakan jenis pita sebagai media pemberian warna pada karakter. printer ini resolusi cetaknya masih sangat rendah.
- Bubblejet adalah jenis printer yang menggunkan tinta dengan kualitas cetak yang lumayan bagus.
- Deskjet adalah Nama merek untuk printer ink-jet diproduksi kan oleh Hewlett-Packard Company.
- mpact adalah mengacu kepada kelas printer yang bekerja dengan jarum pada pita tinta untuk membuat tanda di atas kertas.
- Ink-jet adalah Jenis printer nonimpact yang bekerja dengan menyemprotkan tinta pada kertas, menghasilkan kualitas cetak tinggi mendekati hasil printer laser.
- Laser adalah Jenis printer nonimpact yang bekerja menggunakan sinar laser untuk menghasilkan gambar. 

13. LCD,EL,Plasma, & CRT

- LCD (Liquid Crystal Display) adalah Suatu jenis media tampilan yang menggunakan cairan kristal sebagai penampil utama, membutuhkan daya listrik yang rendah, bentuknya tipis, mengeluarkan sedikit panas dan memiliki resolusi tinggi.
- EL adalah Suatu fenomenal optik dan listrik dimana material memancarkan cahaya dalam menanggapi bagian dari sebuah arus atau medan listrik yang kuat.
- Plasma adalah Jenis tampilan layar tipis bekerja dengan mengapit gas neon antara dua pelat.
- CRT (Cathode Ray Tube) adalah teknologi yang digunakan pada televisi layar komputer, bekerja dengan berkas elektron bergerak bolak-balik dibelakang layar.
   II.            Jelaskan apa yang anda pahami tentang teknologi prossesor :
 
                               1.      SSE, SSE2, SSE3
                               2.      3DNow!
                               3.      NXbit
                              4.      PowerNow!
                              5.      Cool’n’Quiet
                              6.      Hyper-Threading
                              7.      Dual-Core
                              8.      SpeedStep
                              9.      Hyper Transport
                              10.  MMX 

             JAWABAN :
     
 1. SSE, SSE2, SSE3


- SSE (Streaming SIMD Extension) yaitu pengembangan dan penyempurnaan dari teknologi MMX merupakan set pengembangan yang lebih besar dari instruksi SIMD (Single Intruction Multiple Data) ,dengan dukungan floating point 32 bit dan penambahan set register vektor 128 bit , yang memudahkan operasi SIMD dan Fpu dalam waktu yang bersamaann.

- SSE2 (Steraming SIMD Extension 2) yaitu suatu teknologi intel yangpengembangan lanjut dari SSE yang memiliki single Instruction Multiple Data 144 intruksi baru , dimana SSe hanya memilki 70 intruksi dan teknologi SSE ini pertama kali diterapkan pada prosessor intel pentium 3 yang bernama sandi katmai , sehingga teknologi sering di sebut Katmai New Instructions ( KNI ) dan teknologi ini mempunyai keuntungan yaitu:

1.Pencapaian resolusi yang lebih tinggi dan tampilan gambar kualitasnya lebih bagus softwere yang grafis.
2.aplikasi multimedia yang kualitasnya tinggi seperti encoding dan decoding audio dan video MPEG2.
3. mengurangi kerja CPU untuk keperluan speech recognition.
4. meningkatkan akurasi serta respon lebih cepat ketika menjalankan speech recognition.

- SSE3 (Streaming SIMD Extension 3) yaitu teknologi yang berhasil di ciptakan intel yang merupakan dari SSE2, SSE3, memilki I3 yaitu tambahan intruksi baru, atas dengan kata lain SSE3 memilki I3 intruksi yang lebih banyak darp pada SSE2 , dan teknolgi ini di beri nama dengan Prescott New Intruction ( PNI ) dan pertama kali di terapkan dan di kenalkanpada revisi prosessor prescott dengan golongan pentium 4.

2. 3DNow 

- 3DNow yaitu nama sebuah teknologi yang di buat oleh AMD yang berfungsi untuk memperbaiki aspek multimedia, yang akan dipakai pada prosesor produksinya, teknologi ini didesain untuk meningkatkan kemampuan CPU dalam pemrosesan vektor yang diperlukan untuk aplikasi grapich secara intensif.


3. Nxbit 

- Nxbit adalah teknologi yang di gunakan oleh prosessor yang memisahkan sebagian area memori untuk tempat penyimpanan lain contohnya penyimpanan data dan bagian memori ini di tandai ( atribut NX ) yaitu hanya dapat di gunakan untuk penyimpanan file atau data.


4. Power Now 

- Power Now yaitu teknologi yang di gunakan prosessor AMD untuk mengurangi kecepatan kerja prosessor dalam upaya menghemat energi dan teknologi ini biasanya di pakai pada prosessor yang di gunakan biasanya pada sebuah laptop


5. Cool’n’Quiet 

- Cool’n’Quiet yaitu peningkatan kerja prosessor sering meningkatkan power dan kebisingan dengan menggunakan teknologi ini yaitu memungkinkan user atau pengguna power yang efektif dan hening pada saat sedang menggunakan kinerja dengan sesuai kebuthanya.


6. Hyper-Threading 

- Hyper-Threading yaitu secara fisiknya ada satu prosecor akan tetapi sistem operasi mendeteksi 2 prosessor di dalamnya, sehingga masing - masing prosessor yang terdeteksi memungkinkan bekerja yang berbeda dalam waktu yang bersamaan.

7. Dual Core 


- Dual Core Sama halnya dengan intel, AMD ini dipasangkan dua buah core pada satu processor. dan setiap core ini tidak lebih cepat di banding CPU biasa dengan clock speed yang sama akan tetapi semua prosessor perhitunganya di bagi dua inti prosessor.

8.Speed Step 

- SpeedStep merupakan teknologi yang memungkinkan sebuah prosesor dapat diubahclock speed-nya menjadi lebih rendah dari clock speed aslinya. Pengubahan besarnyaclock speed ini bisa dilakukan dengan menggunakan software.

9. Hyper Transpot

- Hyper Transpot teknologi ini adalah penggandaan . Artinya data yang dikirimkan dalam satu waktu bisa lebih banyak dan datanya pun lebih cepat.dan Teknologi penggandaan bus pada jalur sistem sehingga data yang dapat diantar dalam satu waktu lebih banyak karena lalulintas data yang lebih cepat.

10. MMX 

- MMX yaitu sekumpulan intruksi SIMD dengan penerapan memungkinkan chip prosessor mengeksekusi perintah yang berulang - ulang atau secara pararel dan MMX merupakan sebuah perluasan intruksi mikroprosessor yang membantu proses perhitungan pada beberapa aplikasi.




III.            Jelaskan type BUS pada Personal Computer  di bawah ini :

1.      ISA
2.      EISA
3.      VL-BUS
4.      PCI
5.      AGP
6.      FireWire
7.      USB
8.      PCI- Express

              JAWABAN :
        
1. ISA 

- ISA Adalah sebuah teknologi antar muka yang menghubungkan perangkat komputer yang sudah ditinggalkan dan komputer yang menggunakan ISA yaitu modem dan sound card , teknologi ini lebih lambat dari PCI dan motherboad yang sekarang dalam waktu dekat ini memiliki dua atau satu apa tidak sama sekali slot ISA.

2. EISA 

-  Extended Industry Standard Architecthur yaitu arsitektur yang standar yang di kembangkan oleh perusahaan terbesar yaitu compac, ASt, Zenith dan lain- lain buat standarisasi operasi 32 bit.

3. VL-BUS 

- Vesa Local BUS Merupakan jalur yang dibuat untuk menyesuaikan kecepatan mikroprosesor di dalam komputer.

4. PCI 

-  Peripheral Compenent Interconnect yaitu untuk di desain mengenai beberapa perangkat keras dan teknologi ini adalah suatu bandwidth tinggi yang populer.

5. AGP 

-  Accelerated Grapich Port sebuah bus di khususkan sebagai bus pendukung kartu grafis yang kinerjanya tinggi, yang menggantikan bus isa,vesa,atau bus pci yang sebelumnya di pakai.

6. FIRE WIRE 


- FIRE WIRE  sebuah merek dagang apple sekaligus nama yang populer untuk standar kabel data antar muka.dan fire wire di klaim sebagai saluran penghantar data yang paling cepat dan stabil diantara saluran lain seperti USB.

7.USB 

-  Universial Serial Bus yaitu standar bus serial untuk perangkat penghubung , dan biasanya pada komputer namun juda di gunakan pada peralatan lainnya seperti konsol permainan, ponsel dan PDA.

8.PCI-Express 


- PCI-Express yaitu sebua slot ekspensi module, dan didesain untuk menggantikan PCI bus yang lama dan banyak motherboad yang mengadopsi teknologi ini karena teknologi ini mempunyai transfer data yang lebih cepat dan terutama untuk keperluan grafis 3D dan slot ini mempunyai kecepatan 1X,2X,4X,8X,16X dan 32X dan teknologi ini menggunakan sistem serial dan mampu berkomunikasi 2 kali ( tulis/baca ) dalam satu rute clock.
 
 
IV.            Jelaskan teknologi Komputer :

1.         Komputasi awan
2.         Computer Hijau
3.         Komputasi Kuantum
4.         Komputasi Optik
5.         Komputasi DNA
6.         Komputasi pararel
7.         Komputasi Vektor

JAWABAN :
 
1.Komputasi awan (Cloud Cumputing) : Dapat di artikan sebuah mekanisme yg memungkinkan kita "menyewa" sumber daya teknologi informasi (software, processing power, storage, dan lainnya) melalui internet dan memanfaatkannyasesuai kebutuhan kita dan membayar yang digunakan oleh kita saja tanpa perlu mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya atau memiliki kendali terhadap infrasttuktur yang membantunya.

2.Komputasi Hijau (Green Computing) : Merupakan implementasi penggunaan sumber daya computer secara efisien.sasarannya antara lain adalah untuk mengurangi penggunaan bahan-bahan berbahaya,memaksimalkan efisieni energy selama umur produk,dan meningkatkan daur ulang serta biodegradasi bagi produk gagal dan limbah pabrik.

3. Komputasi Kuantum : merupakan system atau alat hitung yang menerapkan teorema mekanik kuantum,misalnya superposisi dan keterkaitan untuk melakukan oprasi data.dalam komputasi klasik jumlah data di hitung dengan bit sedangkan dalam komputasi kuantum hal ini di lakukan dengan QUBIT.

4.Komputasi Optik : komputasi optik merupakan salah satu teknologi komunikasi antara computer dengan menggunakan cahaya dan serta optic untuk penghantarnya.dalam bahasa teknik di namakan Optic Elektronik.jadi komunikasi antara computer dalam jaringan local maupun internet tidak menggunakan kabel dan arus listrik lagi seperti jaringan konvensional yang masih banyak di pakai sekarang ini. Cahaya jauh lebih cepat di bandingkan listrik,jaringan serta optic yang menggunakan fiber glass setipis rambut bukan kawat tembaga,dapat memindahkan informasi 3.000 kali lebih cepat dibandingkan jaringan konvensional juga bandwith yang besar.meski demikian sinyal optic kini menjadi lemah saat harus dip roses oleh chip silicon. Penanggulangannya yaitu menggunakan chip optic yang dapat beroprasi pada bandwith tinggi sehingga mampu memindahkan film,game dan file multimedia.

5.Komputasi DNA : arus listrik dapat dihasilkan melalui bioteknologi potensial.bioteknologi bermanfaat untuk menumbuhkan kultur bakteri yang mampu menghasilkan arus listrik kecil ketika terkena cahaya. Oleh karena itu teknologi ini dapat di gunakan untuk mempresentasikan sinyal digital on/of dalam dunia computer dan di sebut biochip.secara sederhana sebuah rantai DNA sintetis yang dapat mempresentasikan informasi pada molekuldapat di manipulasi empat asam (adenine,sytosine,guanine,timin)untuk memproses angka dalam jumlah besar dan hal ini bersifat non-digital.

6. Komputasi Pararel : merupakan system komputasi yang di lakukan secara bersama dengan memanfaatkan beberapa computer independen secara bersama-sama.umumnya hal ini dilakukan pada saat kapasitas system komputasi yang di perlukan sangat besar,baik karena harus mengulah data dalam jumlah besar ataupun karena tuntutan proses komputsi yang banyak.untuk melakukan aneka jenis komputsipararel ini di perlukan instruktur mesin parallel yang terdiri dari banyak computer yang di hubungkan dengan jaringan dan maupun bekerja scara pararel untuk menyelesaikan suatu masalah.system ini juga harus di dukung dengan software yang mendukung agar computer dapat bekerja secara pararel.

7. Komputasi Vektor : merupakan system komputasi yang menerapkan teorema vector untuk melakukan pemerosesan data.


V.            Jelaskan teknologi port I/O dibawah ini
1.            COM
2.            Pararel
3.            USB
4.            SCSI
5.            Infrared
6.            Serial
7.            HDMI
8.            1394
JAWABAN :
1. COM > Comunication Port sebuah alat yang dapat di gunakan untuk menghubngkan atau mentransfer data secara serial.

2.PARAREL > sebuah teknik melakukan komputer secara bersamaan yang memanfaatkan beberapa komputer independent secara bersamaan dan umumnya di perlukan saat kapasitas yangdi perlukan sangat besar, karena harus mengolah data dalam jumlah besar.

3. USB > Universa Serial Bus yaitu standar bus serial untuk perangkat penghubung biasanya pada komputer namun bisa di pakai juga atau di gunakan juga oleh hp dan lainya.

4. SCSI > Small Computer System Interface sebuah antar muka yang berkinerja tinggi dan didefinisikan oleh panitia ANSI X3T9.2 (American National Standards Institute).antar muka ini untuk digunakan menangani perangkat input/output atau perangkat penyimpanan media. dan perangkat yang umum di gunakan SCSI yaitu HARD DISK, SCANNER, PRINTER dan lainnya.

5. INFRARED > ialah sinar elektromagnet yang panjang gelombangnya lebih dari pada cahaya nampak yaitu di antara 700 nm dan 1 mm. Sinar infra merahmerupakan cahaya yang tidak tampak. Jika dilihat dengan spektroskop cahaya maka radiasi cahaya infra merah akan nampak pada spectrum elektromagnet dengan panjang gelombang di atas panjang gelombang cahaya merah.

6. SERIAL > Komunikasi serial merupakan komunikasi data dengan pengiriman data secara satu per satu dengan menggunakan satu jalur kabel data. Sehingga komunikasi serial hanya menggunakan 2 kabel data yaitu kabel data untuk pengiriman yang disebut transmit dan kabel data untuk penerimaan yang disebut receive.

7. HDMI  > adalah sebuah interface yang membundle input video dan audio sekaligus.Kalo dilihat secara fisik, ia hanya memiliki satu “colokan” yang didalamnya terdapat banyak koneksi.Fungsinya adalah untuk menyampaikan data dari mesin penghasil video atau audio ke media lain yang didesain untuk menerimanya.

8. 1394 > adalah standar koneksi internasional, yakni ‘interface digital’ antara komputer dan barang elektronik rumah tangga digital. Misalnya, teknologi itumembuat memungkinkan transmisi data video, dari kamera video digital ke komputer secara cepat.

VI.         Apa yang anda pahami tentang teknologi slot expansion
1.                           -  VGA Card
2.                           -  Sound Card
3.                           -   Lan Card
4.                           -   Multimedia Card
5.                           - TV Card
6.                           -    FM Card
7.                           - Game Card
8.                            -   Modem Card

          JAWABAN :

1. VGA Card : Merupakan kartu grafis tambahan pada PC yang di pasang pada slot expansi di mainboard,yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital computer untuk di tamplikan ke monitor,biasanya di gunakan apabila user menginginkan tampilan grafis yang lebih baik daripada VGA bawaan mainboard,semisal untuk kebutuhan desain grafis atau games.·
 

2.Sound Card : Merupakan kartu suara tambahan pada PC yang di pasang pada slot expansi dimana mainboard yang berfungsi merubah sinyal digital dari computer menjadi sinyal suara untuk di keluarkan ke speaker,biasanya di gunakan jika user menginginkan output suara yang lebih baik daripada souncard onboard bawaan mainboard,misalnya untuk kebutuhan soud editing,multimedia dsb,dan tentu saja untuk menghasilkan kualitas suara prima harus di dukung perangkat speaker yang baik pula.


3.Lan Card : Merupakan kartu jaringan tambahan yang di pasang pada slot expansi di mainboard,yang berfungsi untuk port I/O jaringan agar computer dapat berkomunikasi dengan computer lain.dapat di katakana hamper semua mainboard sekarang sudah ter-include port Ethernet sebagai port jaringan,tapi adakalanya user ingin menambahkan lagi port untuk jaringan yang baru,entah Karen port onboard yang lama rusak atau untuk kebutuhan lain, missal PC akan di gunakan sebagai server proxy,router dll.


4.Multimedia Card : Biasanya di singkat MMC, Merupakan jenis kartu memory yang banyak di gunakan sebagai media penyimpanan external/tambahan pada perangkat elektronik seperti kamera digital,handphone PDA dll.


5.TV Card : biasa di sebut TV Tuner Card adalah sebuah perangkat tambahan yang di pasang pada slot expansi di mainboard yang berfungsi untuk memproses sinyal televise agar dapat di olah dan di tampilkan oleh computer ke layar monitor,atau juga bisa di gunakan untuk merekam acara-acara TV untuk kemudian di simpan kedalam Hard disk sehingga user bisa menonton acara tersebut kapan saja mereka mau tanpa terkait untuk siaran di TV.·
 

6.FM Card : Merupakan kartu tambahan yang dipasang ke slot expansi dimainboard, fungsinya untuk mengolah /atau memproses sinyal-sinyal radio FM agar dapat di baca/di olah oleh computer kemudian dapat di gunakan oleh user dapat mendengarkan radio sambil bermain computer,atau untuk merekam acara-acara radio kedalam hard disk.

 

7.Game Card : Merupakan kartu tambahan yang di pasngkan pada slot expansi di main board sebagai pendukung perangkat gamers.
 

8.Modem Card : Merupakan kartu tambahan pada PC yang di gunakan untuk melakukan koneksi dial up ke internet.pada dasarnya kartu modem ini terdiri dari 2 bagian yaitu modulator dan demodulator.modulator berfungsi untuk mengubah sinyol informasi ke bentuk sinyal pembawa (carrier)untuk di kirimkan,sedangkan demodulator,berfungsi sebaliknya,yakni untuk memisahkan sinyal informasi dengan sinyal pembawa yang dating agar sinyal informasi yang di terima dapat di gunakan dan di olah oleh computer.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel