-->

perbedaan Hub, Switch, Repeater, Bridge dan Router pada jaringan komputer

a. Hub
Hub atau konsentrator adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel jaringan dari tiap-tiap workstation, server, atau perangkat lain. Keuntungan mengunakan hub adalah fleksibelitas yang dimiliki, sehingga setiap client dapat ditambahkan setiap waktu tanpa menganggu jaringan yang sedang beroperasi.Akan tetapi hub tidak mampu membaca data dan tidak mengetahui sumber dari tujuan paket-paket yang dilepaskan melalui Hub tersebut. HUB tidak mempunyai kemampuan untuk mengenal dan membedakan host dalam jaringan.(semakin banyak HUB, semakin banyak tumbukan (colision).

b. Bridge
Bridge menghubungkan segmen jaringan. Bridge mempunyai kemampuan untuk memutuskan apakah sebuah paket dilewatkan ke segmen jaringan berikutnya atau tidak. Bridge digunakan pada jaringan untuk memisahkan sebuah jaringan yang luas menjadi segment yang lebih kecil.

c. Swicth
          Switch mempunyai kemampuan yang lebih baik dari pada Bridge, karena mampu meneruskan paket dari host asal hanya ke host tujuan saja. Switch menjadi populer karena meningkatkan performansi jaringan. Swicth juga berpungsi sebagai jembatan dan bisa menggabungkan komputer dengan router pada area terbatas.

d. Repeater
       Repeater merupakan sebuah jaringan yang menerima sinyal dan dikirimkan kembali dengan frekuensi yang berbeda. Selain itu berpungsi sebagai berikut;
- Membantu alat komunikasi darurat
- Dapat mengatkan sinyal hand phone
- Dapat menciptakan sinyal jaringan yang luas

e. Router
Router merupakan sebuah perangkat yang digunakan bersama jaringan data paket. Bisa juga berfungsi sebagai penghubung antara dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan kejaringan yang lainnya.

2. Sebutkan 10 perangkat jaringan wireless dan jelaskan fungsi dari perangkat tersebut ?

- Wireless Card Sebagai hardware eksternal untuk menghidupkan fungsi wireless pada PC yang tidak memiliki wireless on board.
- Wireless Router Untuk menghubungkan dua jaringan wireless yang berbeda kelas.
- AP selain jadi penghubung jaringan internet dengan jaringan lokal, juga berfungsi sebagai Filtering, Firewall, dan roeter, dan punya Covering yang berbeda. Covering adalah Luas area yang dapat dijangkau AP.
- NIC Wireless berfungsi untuk menghubungkan PC dengan AP. bIasanya perangkat ini berformat PCI, sedangkan untuk Laptop berformat PCMCIa dan USB (Tidak menutup kemungkinanakan berformat lain sesuai perkembangan teknologi).
- USB Wireless Sebagai perangkat ‘Plug and Play’ untuk menghidupkan fungsi Wireless pada PC yang tidak memiliki wireless.
- Antena berfungsi untuk memperluas jangkauan jaringan. Biasanya sudah terintegrasi dengan AP, sehingga bisa mengirim dan menerima sinyal.
- Bridge Wireless : NIC Wireless berfungsi untuk menggabungkan 2 atau lebih jaringan yang berbeda topologi fisik.
- Modem (Modulator-Demodulator) : modem berfungsi untuk mengubah sinyal analog ke sinyal digital, ataupun sinyal digital ke sinyal analog, dan dibutuhkan untuk mempersiapkan data untuk transmisi melalui local loop.
- RJ45 sebagai koneksi port.
- Laptop sebagai client.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel