-->

Pengertian Cloud Computing (komputasi awan)

Pengertian, Manfaat, Prinsip Kerja dan contoh Cloud computing

  • Pengertian Cloud computing
Bagi orang awam mungkin kata "Cloud computing" mungkin masih terdengar samar. Tetapi keberadaan cloud computing di era digital kini sebenarnya telah terasa di tengah masyarakat dalam kehidupan sehari hari seperti penggunaan email dan juga media sosial.

Secara umum, definisi cloud computing (komputasi awan) merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing.
Teknologi komputer berbasis sistem Cloud ini merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Teknologi ini mengizinkan para pengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengizinkan pengguna untuk mengakses data pribadi mereka melalui komputer dengan akses internet.
  • Manfaat Cloud Computing
Setelah penjabaran definisi singkat diatas tentu penggunaan teknologi dengan sistem cloud cukup memudahkan pengguna selain dalam hal efisiensi data, juga penghematan biaya.
Berikut manfaat manfaat yang dapat dipetik lewat teknologi berbasis sistem cloud :
1.    Semua Data Tersimpan di Server Secara Terpusat
2.    Keamanan Data
3.    Fleksibilitas dan Skalabilitas yang Tinggi
4.    Investasi Jangka Panjang
  • Prinsip Kerja
Dengan Cloud Computing komputer lokal tidak lagi harus menjalankan pekerjaan komputasi berat untuk menjalankan aplikasi yang dibutuhkan, tidak perlu menginstal sebuah paket perangkat lunak untuk setiap komputer, kita hanya melakukan installasi operating system pada satu aplikasi. Jaringan komputer yang membentuk awan (internet) menangani mereka sebagai gantinya.
Server ini yang akan menjalankan semuanya aplikasi mulai dari e-mail, pengolah kata, sampai program analisis data yang kompleks. Ketika pengguna mengakses awan (internet) untuk sebuah website populer, banyak hal yang bisa terjadi. Pengguna Internet Protokol (IP) misalnya dapat digunakan untuk menetapkan dimana pengguna berada (geolocation). Domain Name System (DNS) jasa kemudian dapat mengarahkan pengguna ke sebuah cluster server yang dekat dengan pengguna sehingga situs bisa diakses dengan cepat dan dalam bahasa lokal mereka. Pengguna tidak login ke server, tetapi mereka login ke layanan mereka menggunakan id sesi atau cookie yang telah didapatkan yang disimpan dalam browser mereka. Apa yang user lihat pada browser biasanya datang dari web server. Webservers menjalankan perangkat lunak dan menyajikan pengguna dengan cara interface yang digunakan untuk mengumpulkan perintah atau instruksi dari pengguna (klik, mengetik, upload dan lain-lain) Perintah-perintah ini kemudian diinterpretasikan oleh webservers atau diproses oleh server aplikasi. Informasi kemudian disimpan pada atau diambil dari database server atau file server dan pengguna kemudian disajikan dengan halaman yang telah diperbarui. Data di beberapa server disinkronisasikan di seluruh dunia untuk akses global cepat dan juga untuk mencegah kehilangan data.

  • Klasifikasi Layanan Dari Cloud computing
  1. SaaS (Software as a Service) suatu penyampaian aplikasi yang berbentuk software yang digunakan melalui internet. Dengan layanan ini pelangggan (client) dapat berlangganan sesuai dengan kebutuhan. SaaS merupakan layanan yang paling populer saat dulu. SaaS juga merupakan konsep evolusi lanjutan dari ASP.
  2. PaaS (Platorm as a Service) didefinisikan sebagai serangkaian perangkat lunak dan alat-alat pengembangan produk dalam infrastruktur provider. API digunakan sebagai provider PaaS, API itu sendiri ialah suatu portal website atau perangkat lunak gateway yang terpasang dalam komputer pelanggan.
  3. IaaS (Infrastruckture as a Software) contoh seperti Amazon web service menyediakan beberapa virtual server dengan alamat IP yang unik. Pelanggan yang menggunakan layanan API kepunyaan provider digunakan untuk mengakses serta mengkonfigurasi virtual server. IaaS sebuah layanan yang menyewakan sumber daya informasi dasar seperti Media penyimpanan, Memory, dan Procesing power. Jangkauan layanan IaaS terbagi menjadi 3 yaitu : Public Cloud, Private Cloud, dan Hybird Cloud.

  • Contoh perusahaan dari tiap klasifikasi Komputer Awan (Cloud Computing)
  •  SaaS (Software as a Service) :
  1. * Salesforce.com  : CRM Online
  1. * Zoho.com             : Goole Docs
  
PaaS (Platform as a Service) :
  1. * Force Web           : Force.com
  1. * Google                   : Google Apps
   
IaaS (Infrastructure as a Service :
  1. * Amazon.com      : Amazon EC2 (Elastic Computing Cloud)
  1. * Microsoft              : Windows Server HyperV


sumber :  http://bhe-tha.blogspot.com/2011/05/cloud-computing-komputasi-awan.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel