-->

Pendaftaran Online PMDK Poltek Negeri 2016/2017

pmdk.politeknik.or.id 2016 -- PMB PMDK-PN, Penerimaan Mahasiswa Baru jalur PMDK-PN / Politeknik Negeri / Poltek Negeri, Informasi PMDK-PN, Jalur Seleksi Nasional PMDK-PN / PMDK-PN / Politeknik Negeri / Poltek Negeri, Jalur Undangan (PMDK-PN), Panduan Pendaftaran Online PMDK-PN / PMDK Poltek Negeri / PMDK Politeknik Negeri Se-Indonesia, Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK)

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan menjelaskan tentang Pendaftaran Online PMDK Politeknik Negeri 2016/2017 yaitu tentang Tata Cara Mengikuti PMDK Poltek Negeri, Ketentuan Umum dan Persyaratan, Jadwal PMDK Poltek Negeri, Prosedur Pendaftaran PMDK Poltek Negeri, Prinsip dan Mekanisme Seleksi, Program Studi dan Jumlah Pilihan, Daftar Politeknik Negeri se-Indonesia, dan hal-hal terkait lainnya. Informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/2015/03/pendaftaran-online-pmdk-poltek-negeri.html

Ada orang yang menyebut jalur nasional masuk ke Politeknik Negeri dengan sebutan PMDK-PN atau PMDK Poltek Negeri, atau PMDK Politeknik Negeri. Itu semua memiliki makna yang sama, jadi silahkan menggunakan kata yang mana saja karena memiliki makna yang sama.

Jalur PMDK-PN adalah Jalur seleksi yang diperuntukkan bagi calon siswa-siswi berpretasi dari suatu sekolah yang memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Bidang Vokasi atau Politeknik Negeri di seluruh Indonesia. Sekolah yang bisa mendaftarkan siswanya adalah sekolah yang mendapatkan Undangan dari Panitia PMDK-PN.

Seleksi PMDK-PN diadakan secara serentak yang didasarkan pada prestasi akademik siswa dengan melihat nilai raport dan prestasi-prestasi lainnya selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA).

Siswa yang memiliki prestasi unggul dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa baru melalui jalur PMDK-PN.

Biaya pendaftaran jalur PMDK-PN ini adalah gratis karena telah ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dikenakan biaya pendaftaran.

Jalur PMDK-PN ini juga memberi kesempatan kepada calon peserta yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi tetapi memiliki prestasi akademik unggul untuk mendaftarkan diri mengikuti seleksi Program Bidikmisi jalur PMDK-PN atas dasar usulan Kepala Sekolah.

Selanjutnya kita akan memulai pembahasan utama kita yaitu tentang Pendaftaran Online PMDK Poltek Negeri (PMDK-PN). Simak informasinya berikut ini.

Persyaratan PMDK-PN

Untuk bisa mengikuti PMDK-PN, maka harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditentukan oleh panitia PMDK-PN, baik persyaratan untuk sekolah maupun untuk siswa. Berikut ini selengkapnya.

Persyaratan PMDK-PN untuk Sekolah
  • SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta, termasuk sekolah RI di luar negeri.
  • Terdaftar sebagai peserta Ujian Nasional (UN) 2016.
Persyaratan PMDK-PN untuk Siswa
  • Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir yang mengikuti UN pada tahun 2016.
  • Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  • Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah
  • Memiliki prestasi akademik di sekolah pada semua semester
Jumlah Pilihan Politeknik dan Program Studi pada PMDK-PN

Setiap peserta diperbolehkan memilih maksimal 3 program studi pada 2 Politeknik dengan program studi yang berbeda-beda. Program studi dan Politeknik pilihan pertama menunjutkkan prioritas. Untuk itu, letakkan pada posisi pertama Program studi dan Politeknik yang sangat anda minati.

Tata Cara Mengikuti PMDK-PN
Agar alur pendaftaran PMDK-PN bisa berjalan lancar, admin akan memberikan panduan kepada anda untuk melakukan pendaftaran PMDK-PN, baik untuk sekolah maupun untuk siswa. 
Tata cara mengikuti PMDK-PN untuk Sekolah
  1. Sekolah mendaftarkan diri sebagai pemberi rekomendasi.
  2. Sekolah membuka alamat website : https://pmdk.politeknik.or.id/daftar/sekolah
  3. Selanjutnya akan muncul halaman untuk login sekolah.
  4. Masukkan data sekolah dan data siswa yang akan direkomendasikan.
  5. Kemudian sekolah akan mendapat username dan password untuk masing-masing siswa.
  6. Berikan username dan password tersebut kepada masing-massing siswa
  7. Selanjutnya siswa melakukan pendaftaran online secara mandiri.
Tata cara mengikuti PMDK-PN untuk Siswa
  1. Siswa pendaftar membuka website dengan alamat : https://pmdk.politeknik.or.id/daftar/siswa 
  2. Login mengunakan Username dan Password yang telah diberikan oleh kepala sekolah.
  3. Kemudian melakukan pengisian data diri dengan lengkap dan benar.
  4. Jika telah selesai, cetaklah tanda bukti pendaftaran online PMDK-PN. 
Pendaftaran Bidikmisi jalur PMDK-PN

Perlu anda ketahui bahwa jalur penyaluran Bidikmisi terdiri dari jalur SNMPTN, SBMPTN, PMDK-PN, jalur mandiri PTN, dan jalur mandiri PTS.
  • Buka website resmi pendaftaran Bidikmisi, yaitu bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
  • Selanjutnya anda pilih menu "siswa"
  • Login menggunakan nomor pendaftaran dan kode akses yang didapatkan dari sekolah.
  • Kemudian isi data diri anda dengan lengkap dan benar.
  • Jika telah selesai, cetak tanda bukti pendaftaran Bidikmisi.
Setelah mendaftar Bidikmisi, selanjutnya anda mendaftarkan diri menjadi peserta PMDK-PN. Informasi selengkapnya mengenai Pendaftaran Online Bidikmisi klik DISINI.
Mekanisme Seleksi PMDK-PN
  • Tahap pertama, siswa pelamar akan diseleksi di Politeknik Negeri pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi.
  • Apabila siswa pelamar tidak terpilih pada Politeknik Negeri pilihan pertama, maka akan diikutkan pada seleksi tahap kedua di Politeknik Negeri pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan program studi dan ketersediaan daya tampung
Kriteria Penerimaan PMDK-PN

Siswa yang akan diterima di Politeknik Negeri melalui jalur PMDK-PN harus memenuhi kriteria berikut :
  • Lulus dari Ujian Nasional dan Satuan Pendidikan
  • Lulus PMDK-PN 2016
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing Politeknik penerima.
Jadwal Pelaksanaan PMDK-PN 2016/2017
  • Penyebaran dan request undangan dilakukan pada 9 Februari s.d 15 April
  • Pengisian data oleh sekolah dilakukan pada 10 Februari s.d 29 April
  • Pengisian data oleh siswa dilakukan pada 10 Februari s.d 2 Mei
  • Penerimaan berkas pada 10 Februari s.d 9 Mei (cap pos terakhir)
  • Pengumuman PMDK-PN diumumkan pada 30 Mei 2016. Cara melihat pengumumannya silahkan lihat disini atau disini.
Daftar Nama-nama Politeknik pada PMDK Poltek Negeri se-Indonesia

Agar Anda tidak bingung Politeknik Negeri mana saja yang tergabung dalam PMDK-PN, sebaiknya anda mengetahui Daftar Nama-nama Perguruan Tinggi PMDK Politeknik Negeri di Indonesia, selengkapnya di bawah ini.
Selanjutnya anda silahkan menunggu kelulusan PMDK Poltek Negeri, nantikan artikel selanjutnya tentang Cara Melihat Pengumuman PMDK-Poltek Negeri di website ini.

Demikianlah Informasi yang bisa admin berikan kali ini tentang Pendaftaran Online PMDK Politeknik Negeri. Semoga artikel ini bisa membantu anda mendapatkan informasi yang anda butuhkan.

Silahkan bagikan artikel ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan dengan cara klik tombl G+1 yang tersedia. Admin turut mendoakan semoga anda lulus seleksi PMDK-PN. Terima kasih admin ucapkan atas waktu yang anda luangkan untuk membaca artikel ini. Salam sukses untuk kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel